Tokyo with Kids

Menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di dunia dengan penduduk padat, teknologi serba canggih, fashion yang unik, namun budaya timur nya masih kental, membuat Tokyo menjadi salah satu magnet destinasi wisata familygoers dari seluruh dunia. Dulu berlibur ke Tokyo masih cukup sulit karena semua petunjuk menggunakan bahasa Jepang, namun kini hampir semua petunjuk jalan sudah menggunakan bahasa Inggris dan mulai banyak orang-orang Jepang yang mau berbahasa Inggris dengan orang asing.

Akses transportasi di Tokyo, meskipun terkenal mahal, namun sangat mudah. Dengan stasiun metro dan halte bus yang tersebar di setiap sudut kota, memungkinkan familygoers mencapai tempat wisata di Tokyo tanpa kendala berarti, seperti macet. Pilihan tempat wisata untuk anak pun banyak.

Penduduknya yang terkenal jujur dan ramah membuat familygoers sangat aman berjalan-jalan di Tokyo, bahkan jika sudah kemalaman di jalan pun masih tetap aman. Tingkat kriminalitas sangat rendah di sini. Tokyo disebut sebagai salah satu kota yang ramah anak karena fasilitas seperti nursing room, akses stroller, dan playground untuk anak tersedia di tempat-tempat wisata. Sekali ke Tokyo, biasanya familygoers pasti ketagihan.

Tokyo – Adventure/Theme Park

Menjadi salah satu kota ramah dan anam untuk anak di Jepang, familygoers bisa dengan mudahnya menemukan berbagai area bermain anak yang bisa menghibur si kecil. Tidak hanya si kecil, orang dewasa pun akan senang berada di Tokyo. Terkenal dengan theme park nya yang sudah mendunia, seperti Disneyland dan Disneysear Tokyo, kota ini menjadi tempat menyenangkan untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Tidak hanya theme park, familygoers dapat memilih tempat bermain sesuai keinginan dan usia anak-anak. Taman bermain bergaya carnival atau berbagai permainan elektronik dengan teknologi yang canggih akan memberikan pengalaman yang berbeda. Hampir seluruh pusat perbelanjaan di Tokyo juga dilengkapi dengan area bermain untuk balita dan anak-anak prasekolah sehingga familygoers dapat menghibur anak-anak di saat mereka sudah mulai bosan ikut window shopping bersama familygoers. Biasanya, area bermain itu terletak di lantai paling atas gedung dan dengan mudah dapat ditemukan.

DisneySea Tokyo
Disneyland Tokyo
Kebun Binatang Ueno (Ueno Zoo)
Hanayashiki
Namco Namja Town
Tokyo Dome City Attractions
Legoland Discovery Center
Asobono
Tokyo Dome Roller Skate Arena
Tokyo Dome Bowling Center
Arakawa Yuen
Toshimaen Amusement Park
J-World Tokyo
Sumida Aquarium
Tokyo Joypolis
Sunshine City Aquarium
Toyota Mega Web
Picnic Cafe Wangan-Zoo Adventure
KidZania Tokyo
Tokyo One Piece Tower



Tokyo – Arts & Culture/Museum

Lupakan museum sejarah membosankan yang membuat anak-anak bosan dan mengantuk. Tokyo siap memberikan pengalaman berbeda mengunjungi museum dan banyak tempat bersejarah dengan menyenangkan. Museum sejarah yang ada di sini hadir dengan interaktif sehingga membuat anak-anak tertarik. Gabungan antara seni, sains, dan teknologi, dapat menjadi wisata edukasi tersendiri untuk si kecil. Berkunjung ke galeri yang menyimpan koleksi animasi kartun buatan Jepang yang mendunia juga menjadi salah satu hal bisa dilakukan.

Kagurazaka
Tokyo Skytree
Meiji Jingu
Sensoji
National Museum of Nature and Science
Tokyo Metropolitan Art Museum
Space Museum TeNQ
Tokyo National Museum
Tokyo Fire Museum
National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan)
Tokyo Imperial Palace
Railway Museum
Ghibli Museum
Edo-Tokyo Museum
Tokyo Tower



Tokyo – Nature

Berlibur ke negara dengan ikon bunga sakura indah dan tradisi Hanami yaitu menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura di musim semi dapat dengan mudah familygoers lakukan di banyak pilihan taman kota yang ada di Tokyo. Kota ini memiliki berbagai tempat yang menghadirkan kesejukan udara dan indahnya taman hijau di mana si kecil dapat bermain diarea terbuka dan menikmati alam yang ada. Berkeliling dan menjelajah area taman yang ada di Tokyo juga dapat menjadi pilihan wisata murah yang menyenangkan.

Happoen Garden
Kiyosumi Garden
Ueno Park
Chidorigafuchi
Hama-rikyu Garden
Shinjuku Gyoen
Yoyogi Park
Sumida Park
Inokashira Park
Rinshi No Mori Park
Kiba Park
Kinuta Park
Koganei Park
Showa Kinen Park
Kasai Rinkai Park
Tokyo Imperial Palace



Tokyo – Food

Tokyo memiliki banyak tempat makan dengan tema film dan kartun yang dihiasi dekorasi lucu atau area playground menghibur. Street food lezat atau cafe organik dengan berbagai makanan sehat, semua dapat dipilih sesuai selera. Berikut adalah rumah makan ramah anak yang dapat menjadi pilihan tempat bersantap familygoers bersama si kecil.

Nakamise Street
Chano-ma Cafe
Gotouchi Men Matsuri
Jiyugaoka Sweets Forest
Gundam Cafe
Nemuro Hanamaru
Alice’s Fantasy Dining
Pom Pom Purin Cafe
Organic Cafe Lulu
All Day Home
Shibuya
Kichiri Ebisu
Tsukiji Market
Kiwi Kitchen Gourmet Cafe & Catering
Tokyo Skytree
Namco Namja Town
Picnic Cafe Wangan-Zoo Adventure



Tokyo – Shop

Terkenal dengan fashion unik yang menarik dan tidak biasa, banyak sekali tempat berbelanja di Tokyo yang dapat dijelajahi. Tidak hanya memiliki pusat perbelanjaan yang menyediakan barang high-end dengan merk ternama, barang antik ornamen Jepang dan berbagai kerajinan tradisional yang dapat dibeli untuk souvenir atau menambah koleksi di rumah, dapat dengan mudah ditemukan. Si kecil juga dapat memilih mainan kesukaannya di toko mainan terbaik di Tokyo yang berada di lokasi strategis sekitar Harajuku.

Kiddy Land
Daiso 100 yen
Tokyu Hands Shibuya
Haight & Ashbury
Kagurazaka
Ginza
Akihabara
Isetan Shinjuku Store
Nakamise Street
Shibuya
Tsukiji Market
Tokyo Skytree
Harajuku Tokyo
Tokyo Midtown



Tokyo – Transportasi

Sebagai salah satu kota dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi, Tokyo memiliki kemudahan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, terutama untuk mencapai tempat-tempat wisata yang tersebar di seluruh kota. Halte bus dan stasiun juga tersebar di beberapa titik yang strategis. Familygoers memang dituntut lebih banyak berjalan kaki ketika berada di Tokyo karena itulah fasilitas jalan kaki sangat diperhatikan kenyamanannya, bahkan fasilitas untuk difabel pun tak lupa diperhatikan.

Transportasi umum adalah cara terbaik untuk berkeliling di salah satu kota paling mahal di dunia ini. Meskipun memang ongkos transportasi publik di kota ini tergolong mahal, namun familygoers dapat mensiasati dengan mengambil paket kartu transportasi yang tersedia. Peta rute kereta, dari mulai metro hingga shinkansen pun mudah dipahami. Untuk memastikan agar tidak nyasar, familygoers bisa bertanya langsung di pusat informasi yang tersebar di stasiun-stasiun atau bertanya langsung pada petugas yang dengan mudah dapat dikenal melalui seragam dan id card mereka.

Hidari menggunakan kereta saat jam pergi dan pulang kantor karena stasiun-stasiun kereta di Tokyo termasuk salah satu stasiun tersibuk di dunia. Penumpang bisa sangat berdempet-dempetan hingga tidak ada lagi celah kosong.

  • Kereta dan Subway

Bagi pemula, sistem kereta dan subway di Tokyo bisa terlihat sangat sulit dan complicated. Namun sebenarnya mudah. Terdapat dua perusahaan operator subway (Tokyo Metro dan Toei) dan satu perusahaan kereta api utama JR, juga beberapa operator swasta lainnya, seperti Yurikamone, Rinkai Line, dan sebagainya. Untuk arah peta metro subway dan kereta ini, familygoers bisa menggunakan google map atau hyperdia.com, bisa juga bertanya dan meminta peta di pusat informasi yang biasanya tersedia di setiap stasiun kereta. Ada juga petugas berseragam lalu lalang yang memang bertugas membantu para penumpang, terutama turis dan orang asing.

Familygoers tidak perlu bingung dengan perusahaan operator kereta ini. Semakin sedikit familygoers berpindah menggunakan operator layanan yang berbeda, maka ongkos kereta bisa semakin murah. Misalnya, jika familygoers menggunakan kereta JR (Japan Rail), maka usahakan selalu menggunakan jalur JR supaya lebih murah. JR ini paling banyak lintasannya meskipun ada beberapa area yang tidak ter-cover. Cara untuk mengetahuinya bisa dilihat di map atau signage.

Jenis tiket kereta & subway

  • Prepaid IC cards : Suica (bisa dibeli di stasiun JR) dan Passmo (bisa dibeli di stasiun Non-JR). Kartu prabayar ini paling mudah digunakan karena bisa digunakan untuk jalur kereta mana saja di banyak tempat di Tokyo. Familygoers juga bisa langsung membeli kartu sekaligus pengisian pertama di international airport, seperti di Narita atau Haneda. Untuk top up selanjutnya bisa dilakukan di stasiun manapun. Diperlukan deposit sebesar 500 yen saat pembelian, namun deposit ini akan dikembalikan begitu familygoers sudah selesai menggunakan dan mengembalikan kartu pra bayar ini.
  • Tokyo day pass :
    • Tokyo Free Kippu (Tokyo Tour Ticket) (1590 yen)
      Tiket unlimited untuk semua subway Toei dan Tokyo Metro, juga kereta JR. Tiket ini dihitung per hari mulai dari jadwal kereta pertama hingga kereta terakhir di hari itu, bukan dihitung dari mulai penggunaan. Bisa juga dipakan di bus dan streetcar yang dioperasikan oleh Toei. Tiket ini termasuk jenis yang mahal.
    • Tokyo Subway Ticket (24 hours: 800 yen, 48 hours: 1200 yen, 72 hours: 1500 yen)
      Tiket unlimited untuk semua subway Toei and Tokyo Metro. Tidak berlaku untuk JR Trains. Tiket bisa dibeli di airport Narita dan Haneda, kantor penjualan tiket di beberapa stasiun utama subway dan toko elektronik Bic Camera di central Tokyo.
    • Toei and Tokyo Metro One-Day Economy Pass (900 yen)
      Tiket unlimited untuk semua subway Toei dan Tokyo Metro. Berlaku dihitung satu hari kalender mulai dari jadwal kereta pertama hingga kereta terakhir di hari itu. Tiket ini efisien jika familygoers menggunakan subway cukup sering dalam sehari. Tidak berlaku untuk JR trains.
    • Tokyo Metro 24-Hour Ticket (600 yen)
      Tiket unlimited untuk 9 jalur Tokyo Metro subway. Tidak berlaku untuk jalur Toei subway dan JR Trains. Tiket ini bisa dibeli di ticket machine di stasiun Tokyo Metro.
    • Toei One-Day Economy Pass (700 yen)
      Tiket unlimited untuk empat jalur Toei subway, bus dan streetcar. Berlaku untuk satu hari dimulai dari jadwal paling awal kereta hingga jadwal paling akhir. Tidak berlaku untuk jalur subway Tokyo Metro dan JR Trains. Tiket dapat dibeli di ticket machine dan ticket counter di Toei stations.
    • Tokunai Pass (750 yen)
      Tiket unlimited untuk JR Trains di area central Tokyo. Berlaku untuk satu hari dimulai dari jadwal paling awal kereta hingga jadwal paling akhir. Tiket dapat dibeli di mesin penjualan tiket berwarna ungu dan ticket counter di JR stations.
  • JR Pass : Tiket unlimited ini paling efektif digunakan jika familygoers ingin mengeksplorasi area-area lain di Jepang selain Tokyo. Tersedia untuk perjalanan seminggu, dua minggu hingga tiga minggu selama familygoers berada di Jepang. Tiket ini bisa digunakan untuk JR Trains termasuk shinkansen, limited express, express, rapid dan local trains, Tokyo Monorail dari dan ke Haneda, JR Ferry ke Miyajima, dan beberapa non-JR trains menuju area yang tidak terjangkau JR lines, juga local JR bus. Tiket ini hanya bisa dibeli via online dan akan diantar langsung ke domisili tempat familygoers tinggal.

Jalur-jalur JR trains di central Tokyo

Jalur JR trains dibedakan oleh warna-warna di map kereta & subway. Pada bagian luar kereta juga diberika strip sesuai dengan warna-warna ini sebagai pembeda. Silakan diklik jalur JR trains berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Yamanote Line, Keihin-Tohoku Line, Chuo / Sobu Line (local), Chuo Line (rapid), Saikyo Line, Shinkansen.

Tarif anak-anak

Tarif untuk anak usia SD dan lebih muda dikenakan setengah dari tarif tiket dewasa, limited express services dan reserved seating. Tiket anak-anak bisa dibeli di ticket machine dengan memilih pilihan “child” button atau di kantor tiket Midori no Madoguchi. Anak-anak di bawah usia lima tahun gratis, kecuali jika anak-anak lebih dari dua, maka anak akan dikenakan biaya tiket anak.

  • Bus

Ada dua tipe bus di Tokyo : bus yang menaiki penumpang dari depan dan bus yang menaiki penumpang dari belakang. Familygoers perlu mengecek terlebih dahulu rute mana yang harus diambil menuju destinasi mengingat rute bus cukup complicated. Kebanyakan rute bus yang ada di 23 kota di Tokyo memiliki tarif tetap. Bus ini dinamakan “front-boarding” buses. Ketika familgoers naik ke bus ini, familygoers harus masuk lewat pintu depan, dan masukan uang di dalam kote di sebelah kursi supir lalu duduk. Saat bus mendekati halte bus, penumpang yang ingin turun memencet tombol tanda ingin berhenti di pemberhentian berikutnya. Begitu bus berhenti, penmupang turun melalui pintu belakang.

Bus yang beroperasi di luar 23 kota meminta penumpangnya mengambil tiket di belakang bus. Ketika penumpang turun dari bus, penumpang membayar tarif yang tertera pada tiket di electric signboarf di depan bus. Bus ini dinamakan “rear-boarding’ bus.

Jenis bus yang bisa digunakan familygoers selama berada di Tokyo di antaranya Toei Bus, Tokyo Shitamachi Bus, Sky Bus, Skytree Shuttle, dan Free Shuttle Bus. Semuanya memiliki tarif yang berbeda-beda seperti Toei Bus dan Tokyo Shitamachi Bus dengan tarif 210 yen untuk dewasa dan 110 yen untuk anak, atau Sky Bus yang menyediakan One Day Pass tiket dengan tarif 3.500 yen untuk dewasa dan 1.700 yen untuk anak yang dapat digunakan selama 24 jam.

Info lebih lengkap tentang bus bisa diklik di sini.

  • Taxi

Tokyo memiliki banyak pilihan perusahaan taxi yang tersebar hampir di seluruh sudut kota sehingga familygoers dapat dengan mudah memanggil taxi dimanapun sedang berada. Memiliki 3 ukuran yaitu kecil (kogata), medium (chugata) dan besar (ogata) dengan tarif berbeda-beda, familygoers dapat memeilih taksi yang pas sesuai dengan kapasitas orang yang dimiliki. Tarif dasar yang biasa dimiliki taksi kecil di Tokyo berkisar antara 600 yen untuk tarif membuka pintu pertama kali dan sekitar 2000 yen untuk setiap 15 menit selanjutnya.

Jika familygoers pergi beramai-rami ditambah barang bawaan yang banyak, maka naik taksi bisa lebih hemat daripada naik public transport seperti kereta dan bus.

  • Sewa Mobil

Untuk menyewa mobil di Jepang, familygoers perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dimiliki sepeerti  international driver’s license yang berlaku dan SIM dari negara asal yang sudah berumur minimal 3 bulan. Familygoers dapat menyewa mobil dengan car rental pick up dimana mobil akan diantar ditempat yang diinginkan seperti di bandara, Tokyo Station, atau Shinagawa Station. Informasi mengenai perusahaan-perusahaan besar yang menyediakan penyewaan mobil dapat familygoers lihat melalui website perusahaan yang ada. Memiliki area parkir cukup terbatas dengan tarif parkir yang mahal dan lalu lintas yang sulit, familygoers dapat memilih moda transportasi ini apabila ingin menjelajahi daerah-daerah pedesaan yang tidak dapat dicapai kereta atau bis di Tokyo. Tarif menyewa mobil berkisar sekitar 6000 yen untuk 24 jam peminjaman mobil mini berkapasitas 4 orang atau 8.600 yen untuk mobil besar yang dapat membawa hingga 10 orang dengan harga bensin sekitar 130 yen untuk tiap liternya.




Tokyo – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Tokyo ?

Memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin, semuanya menghadirkan keindahan kota Tokyo yang cantik untuk didatangi. Banyaknya tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke berbagai tempat sekalipun saat cuaca buruk. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada 2 musim tersebut yang paling ramah anak dan memungkinkan aktifitas luar ruangan dengan leluasa.

Jika hanya memiliki waktu berlibur yang singkat selama beberapa hari saja, pastikan untuk menghindari hari Senin. Kebanyakan tempat wisata, toko dan pertunjukan tutup saat Senin, kecuali hari libur nasional. Familygoers pasti tidak ingin melewatkan satu hari yang berharga di Tokyo dengan pilihan tempat wisata yang terbatas.

Jika familygoers berkunjung pada saat musim panas, pastikan familygoers membawa payung, topi, sunblock dan water spray karena di musim panas Tokyo akan sangat terik. Sebaiknya hindari tempat wisata outdoor apabila membawa bayi dan batita.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card / wifi pocket Tokyo

Free wifi memang ada di mana-mana namun kadang tidak berguna, bahkan di kota besar seperti Tokyo sekalipun. Terlalu banyak pengguna membuat koneksi free wifi ini sangat lambat dan sering kali terputus. Pilihan yang tepat agar selalu terhubung dengan internet adalah menggunakan pocket wifi yang bisa disewa atau membeli sim card. Di antara keduanya mana yang lebih menguntungkan ? Pocket wifi bisa digunakan bersama-sama untuk device apa saja selama jarak masih memungkinkan, sementara sim card hanya digunakan untuk individu. Jika destinasi tujuan hanya di kota-kota besar, maka koneksi SIM card lebih baik daripada pocket wifi, namun untuk di lokasi pedesaan atau tempat terpencil, pocket wifi lebih bisa diandalkan. Pocket wifi sangat mudah digunakan dan langsung bisa diakses begitu dinyalakan. Jika membeli sim card, seringkali kita butuh bantuan orang lain untuk memasangkan sim card ke handphone. Di Jepang, baik untuk pocket wifi ataupun SIM card tidak membutuhkan kontrak atau registrasi data diri pengguna.

Salah satu pilihan simcard yang populer di Jepang adalah Docomo. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga sekitar 300.000 – 325.000 IDR dan prabayar Docomo 14 hari sekitar 600.000 IDR. Untuk pilihan sim card lainnya bisa dilihat di provider sim card di Jepang.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Nankai Kansai Airport Station.

Wifi pocket bisa disewa langsung di airport Jepang maupun disewa dari indonesia, bahkan ada yang bisa diantarkan ke domisili. Ada baiknya untuk pocket wifi ini familygoers melakukan reservasi terlebih dahulu apalagi saat permintaan meningkat, khususnya di musim high season.

Nilai tukar mata uang

Mata uang yang digunakan di Tokyo, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8




Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tokyo with Kids

Menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di dunia dengan penduduk padat, teknologi serba canggih, fashion yang unik, namun budaya timur nya masih kental, membuat Tokyo menjadi salah satu magnet destinasi wisata familygoers dari seluruh dunia. Dulu berlibur ke Tokyo masih cukup sulit karena semua petunjuk menggunakan bahasa Jepang, namun kini hampir semua petunjuk jalan sudah menggunakan bahasa Inggris dan mulai banyak orang-orang Jepang yang mau berbahasa Inggris dengan orang asing.

Akses transportasi di Tokyo, meskipun terkenal mahal, namun sangat mudah. Dengan stasiun metro dan halte bus yang tersebar di setiap sudut kota, memungkinkan familygoers mencapai tempat wisata di Tokyo tanpa kendala berarti, seperti macet. Pilihan tempat wisata untuk anak pun banyak.

Penduduknya yang terkenal jujur dan ramah membuat familygoers sangat aman berjalan-jalan di Tokyo, bahkan jika sudah kemalaman di jalan pun masih tetap aman. Tingkat kriminalitas sangat rendah di sini. Tokyo disebut sebagai salah satu kota yang ramah anak karena fasilitas seperti nursing room, akses stroller, dan playground untuk anak tersedia di tempat-tempat wisata. Sekali ke Tokyo, biasanya familygoers pasti ketagihan.

Tokyo – Adventure/Theme Park

Menjadi salah satu kota ramah dan anam untuk anak di Jepang, familygoers bisa dengan mudahnya menemukan berbagai area bermain anak yang bisa menghibur si kecil. Tidak hanya si kecil, orang dewasa pun akan senang berada di Tokyo. Terkenal dengan theme park nya yang sudah mendunia, seperti Disneyland dan Disneysear Tokyo, kota ini menjadi tempat menyenangkan untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Tidak hanya theme park, familygoers dapat memilih tempat bermain sesuai keinginan dan usia anak-anak. Taman bermain bergaya carnival atau berbagai permainan elektronik dengan teknologi yang canggih akan memberikan pengalaman yang berbeda. Hampir seluruh pusat perbelanjaan di Tokyo juga dilengkapi dengan area bermain untuk balita dan anak-anak prasekolah sehingga familygoers dapat menghibur anak-anak di saat mereka sudah mulai bosan ikut window shopping bersama familygoers. Biasanya, area bermain itu terletak di lantai paling atas gedung dan dengan mudah dapat ditemukan.

DisneySea Tokyo
Disneyland Tokyo
Kebun Binatang Ueno (Ueno Zoo)
Hanayashiki
Namco Namja Town
Tokyo Dome City Attractions
Legoland Discovery Center
Asobono
Tokyo Dome Roller Skate Arena
Tokyo Dome Bowling Center
Arakawa Yuen
Toshimaen Amusement Park
J-World Tokyo
Sumida Aquarium
Tokyo Joypolis
Sunshine City Aquarium
Toyota Mega Web
Picnic Cafe Wangan-Zoo Adventure
KidZania Tokyo
Tokyo One Piece Tower

Tokyo – Arts & Culture/Museum

Lupakan museum sejarah membosankan yang membuat anak-anak bosan dan mengantuk. Tokyo siap memberikan pengalaman berbeda mengunjungi museum dan banyak tempat bersejarah dengan menyenangkan. Museum sejarah yang ada di sini hadir dengan interaktif sehingga membuat anak-anak tertarik. Gabungan antara seni, sains, dan teknologi, dapat menjadi wisata edukasi tersendiri untuk si kecil. Berkunjung ke galeri yang menyimpan koleksi animasi kartun buatan Jepang yang mendunia juga menjadi salah satu hal bisa dilakukan.

Kagurazaka
Tokyo Skytree
Meiji Jingu
Sensoji
National Museum of Nature and Science
Tokyo Metropolitan Art Museum
Space Museum TeNQ
Tokyo National Museum
Tokyo Fire Museum
National Museum of Emerging Science and Innovation (Miraikan)
Tokyo Imperial Palace
Railway Museum
Ghibli Museum
Edo-Tokyo Museum
Tokyo Tower

Tokyo – Nature

Berlibur ke negara dengan ikon bunga sakura indah dan tradisi Hanami yaitu menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura di musim semi dapat dengan mudah familygoers lakukan di banyak pilihan taman kota yang ada di Tokyo. Kota ini memiliki berbagai tempat yang menghadirkan kesejukan udara dan indahnya taman hijau di mana si kecil dapat bermain diarea terbuka dan menikmati alam yang ada. Berkeliling dan menjelajah area taman yang ada di Tokyo juga dapat menjadi pilihan wisata murah yang menyenangkan.

Happoen Garden
Kiyosumi Garden
Ueno Park
Chidorigafuchi
Hama-rikyu Garden
Shinjuku Gyoen
Yoyogi Park
Sumida Park
Inokashira Park
Rinshi No Mori Park
Kiba Park
Kinuta Park
Koganei Park
Showa Kinen Park
Kasai Rinkai Park
Tokyo Imperial Palace

Tokyo – Food

Tokyo memiliki banyak tempat makan dengan tema film dan kartun yang dihiasi dekorasi lucu atau area playground menghibur. Street food lezat atau cafe organik dengan berbagai makanan sehat, semua dapat dipilih sesuai selera. Berikut adalah rumah makan ramah anak yang dapat menjadi pilihan tempat bersantap familygoers bersama si kecil.

Nakamise Street
Chano-ma Cafe
Gotouchi Men Matsuri
Jiyugaoka Sweets Forest
Gundam Cafe
Nemuro Hanamaru
Alice’s Fantasy Dining
Pom Pom Purin Cafe
Organic Cafe Lulu
All Day Home
Shibuya
Kichiri Ebisu
Tsukiji Market
Kiwi Kitchen Gourmet Cafe & Catering
Tokyo Skytree
Namco Namja Town
Picnic Cafe Wangan-Zoo Adventure

Tokyo – Shop

Terkenal dengan fashion unik yang menarik dan tidak biasa, banyak sekali tempat berbelanja di Tokyo yang dapat dijelajahi. Tidak hanya memiliki pusat perbelanjaan yang menyediakan barang high-end dengan merk ternama, barang antik ornamen Jepang dan berbagai kerajinan tradisional yang dapat dibeli untuk souvenir atau menambah koleksi di rumah, dapat dengan mudah ditemukan. Si kecil juga dapat memilih mainan kesukaannya di toko mainan terbaik di Tokyo yang berada di lokasi strategis sekitar Harajuku.

Kiddy Land
Daiso 100 yen
Tokyu Hands Shibuya
Haight & Ashbury
Kagurazaka
Ginza
Akihabara
Isetan Shinjuku Store
Nakamise Street
Shibuya
Tsukiji Market
Tokyo Skytree
Harajuku Tokyo
Tokyo Midtown

Tokyo – Transportasi

Sebagai salah satu kota dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi, Tokyo memiliki kemudahan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, terutama untuk mencapai tempat-tempat wisata yang tersebar di seluruh kota. Halte bus dan stasiun juga tersebar di beberapa titik yang strategis. Familygoers memang dituntut lebih banyak berjalan kaki ketika berada di Tokyo karena itulah fasilitas jalan kaki sangat diperhatikan kenyamanannya, bahkan fasilitas untuk difabel pun tak lupa diperhatikan.

Transportasi umum adalah cara terbaik untuk berkeliling di salah satu kota paling mahal di dunia ini. Meskipun memang ongkos transportasi publik di kota ini tergolong mahal, namun familygoers dapat mensiasati dengan mengambil paket kartu transportasi yang tersedia. Peta rute kereta, dari mulai metro hingga shinkansen pun mudah dipahami. Untuk memastikan agar tidak nyasar, familygoers bisa bertanya langsung di pusat informasi yang tersebar di stasiun-stasiun atau bertanya langsung pada petugas yang dengan mudah dapat dikenal melalui seragam dan id card mereka.

Hidari menggunakan kereta saat jam pergi dan pulang kantor karena stasiun-stasiun kereta di Tokyo termasuk salah satu stasiun tersibuk di dunia. Penumpang bisa sangat berdempet-dempetan hingga tidak ada lagi celah kosong.

  • Kereta dan Subway

Bagi pemula, sistem kereta dan subway di Tokyo bisa terlihat sangat sulit dan complicated. Namun sebenarnya mudah. Terdapat dua perusahaan operator subway (Tokyo Metro dan Toei) dan satu perusahaan kereta api utama JR, juga beberapa operator swasta lainnya, seperti Yurikamone, Rinkai Line, dan sebagainya. Untuk arah peta metro subway dan kereta ini, familygoers bisa menggunakan google map atau hyperdia.com, bisa juga bertanya dan meminta peta di pusat informasi yang biasanya tersedia di setiap stasiun kereta. Ada juga petugas berseragam lalu lalang yang memang bertugas membantu para penumpang, terutama turis dan orang asing.

Familygoers tidak perlu bingung dengan perusahaan operator kereta ini. Semakin sedikit familygoers berpindah menggunakan operator layanan yang berbeda, maka ongkos kereta bisa semakin murah. Misalnya, jika familygoers menggunakan kereta JR (Japan Rail), maka usahakan selalu menggunakan jalur JR supaya lebih murah. JR ini paling banyak lintasannya meskipun ada beberapa area yang tidak ter-cover. Cara untuk mengetahuinya bisa dilihat di map atau signage.

Jenis tiket kereta & subway

  • Prepaid IC cards : Suica (bisa dibeli di stasiun JR) dan Passmo (bisa dibeli di stasiun Non-JR). Kartu prabayar ini paling mudah digunakan karena bisa digunakan untuk jalur kereta mana saja di banyak tempat di Tokyo. Familygoers juga bisa langsung membeli kartu sekaligus pengisian pertama di international airport, seperti di Narita atau Haneda. Untuk top up selanjutnya bisa dilakukan di stasiun manapun. Diperlukan deposit sebesar 500 yen saat pembelian, namun deposit ini akan dikembalikan begitu familygoers sudah selesai menggunakan dan mengembalikan kartu pra bayar ini.
  • Tokyo day pass :
    • Tokyo Free Kippu (Tokyo Tour Ticket) (1590 yen)
      Tiket unlimited untuk semua subway Toei dan Tokyo Metro, juga kereta JR. Tiket ini dihitung per hari mulai dari jadwal kereta pertama hingga kereta terakhir di hari itu, bukan dihitung dari mulai penggunaan. Bisa juga dipakan di bus dan streetcar yang dioperasikan oleh Toei. Tiket ini termasuk jenis yang mahal.
    • Tokyo Subway Ticket (24 hours: 800 yen, 48 hours: 1200 yen, 72 hours: 1500 yen)
      Tiket unlimited untuk semua subway Toei and Tokyo Metro. Tidak berlaku untuk JR Trains. Tiket bisa dibeli di airport Narita dan Haneda, kantor penjualan tiket di beberapa stasiun utama subway dan toko elektronik Bic Camera di central Tokyo.
    • Toei and Tokyo Metro One-Day Economy Pass (900 yen)
      Tiket unlimited untuk semua subway Toei dan Tokyo Metro. Berlaku dihitung satu hari kalender mulai dari jadwal kereta pertama hingga kereta terakhir di hari itu. Tiket ini efisien jika familygoers menggunakan subway cukup sering dalam sehari. Tidak berlaku untuk JR trains.
    • Tokyo Metro 24-Hour Ticket (600 yen)
      Tiket unlimited untuk 9 jalur Tokyo Metro subway. Tidak berlaku untuk jalur Toei subway dan JR Trains. Tiket ini bisa dibeli di ticket machine di stasiun Tokyo Metro.
    • Toei One-Day Economy Pass (700 yen)
      Tiket unlimited untuk empat jalur Toei subway, bus dan streetcar. Berlaku untuk satu hari dimulai dari jadwal paling awal kereta hingga jadwal paling akhir. Tidak berlaku untuk jalur subway Tokyo Metro dan JR Trains. Tiket dapat dibeli di ticket machine dan ticket counter di Toei stations.
    • Tokunai Pass (750 yen)
      Tiket unlimited untuk JR Trains di area central Tokyo. Berlaku untuk satu hari dimulai dari jadwal paling awal kereta hingga jadwal paling akhir. Tiket dapat dibeli di mesin penjualan tiket berwarna ungu dan ticket counter di JR stations.
  • JR Pass : Tiket unlimited ini paling efektif digunakan jika familygoers ingin mengeksplorasi area-area lain di Jepang selain Tokyo. Tersedia untuk perjalanan seminggu, dua minggu hingga tiga minggu selama familygoers berada di Jepang. Tiket ini bisa digunakan untuk JR Trains termasuk shinkansen, limited express, express, rapid dan local trains, Tokyo Monorail dari dan ke Haneda, JR Ferry ke Miyajima, dan beberapa non-JR trains menuju area yang tidak terjangkau JR lines, juga local JR bus. Tiket ini hanya bisa dibeli via online dan akan diantar langsung ke domisili tempat familygoers tinggal.

Jalur-jalur JR trains di central Tokyo

Jalur JR trains dibedakan oleh warna-warna di map kereta & subway. Pada bagian luar kereta juga diberika strip sesuai dengan warna-warna ini sebagai pembeda. Silakan diklik jalur JR trains berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Yamanote Line, Keihin-Tohoku Line, Chuo / Sobu Line (local), Chuo Line (rapid), Saikyo Line, Shinkansen.

Tarif anak-anak

Tarif untuk anak usia SD dan lebih muda dikenakan setengah dari tarif tiket dewasa, limited express services dan reserved seating. Tiket anak-anak bisa dibeli di ticket machine dengan memilih pilihan “child” button atau di kantor tiket Midori no Madoguchi. Anak-anak di bawah usia lima tahun gratis, kecuali jika anak-anak lebih dari dua, maka anak akan dikenakan biaya tiket anak.

  • Bus

Ada dua tipe bus di Tokyo : bus yang menaiki penumpang dari depan dan bus yang menaiki penumpang dari belakang. Familygoers perlu mengecek terlebih dahulu rute mana yang harus diambil menuju destinasi mengingat rute bus cukup complicated. Kebanyakan rute bus yang ada di 23 kota di Tokyo memiliki tarif tetap. Bus ini dinamakan “front-boarding” buses. Ketika familgoers naik ke bus ini, familygoers harus masuk lewat pintu depan, dan masukan uang di dalam kote di sebelah kursi supir lalu duduk. Saat bus mendekati halte bus, penumpang yang ingin turun memencet tombol tanda ingin berhenti di pemberhentian berikutnya. Begitu bus berhenti, penmupang turun melalui pintu belakang.

Bus yang beroperasi di luar 23 kota meminta penumpangnya mengambil tiket di belakang bus. Ketika penumpang turun dari bus, penumpang membayar tarif yang tertera pada tiket di electric signboarf di depan bus. Bus ini dinamakan “rear-boarding’ bus.

Jenis bus yang bisa digunakan familygoers selama berada di Tokyo di antaranya Toei Bus, Tokyo Shitamachi Bus, Sky Bus, Skytree Shuttle, dan Free Shuttle Bus. Semuanya memiliki tarif yang berbeda-beda seperti Toei Bus dan Tokyo Shitamachi Bus dengan tarif 210 yen untuk dewasa dan 110 yen untuk anak, atau Sky Bus yang menyediakan One Day Pass tiket dengan tarif 3.500 yen untuk dewasa dan 1.700 yen untuk anak yang dapat digunakan selama 24 jam.

Info lebih lengkap tentang bus bisa diklik di sini.

  • Taxi

Tokyo memiliki banyak pilihan perusahaan taxi yang tersebar hampir di seluruh sudut kota sehingga familygoers dapat dengan mudah memanggil taxi dimanapun sedang berada. Memiliki 3 ukuran yaitu kecil (kogata), medium (chugata) dan besar (ogata) dengan tarif berbeda-beda, familygoers dapat memeilih taksi yang pas sesuai dengan kapasitas orang yang dimiliki. Tarif dasar yang biasa dimiliki taksi kecil di Tokyo berkisar antara 600 yen untuk tarif membuka pintu pertama kali dan sekitar 2000 yen untuk setiap 15 menit selanjutnya.

Jika familygoers pergi beramai-rami ditambah barang bawaan yang banyak, maka naik taksi bisa lebih hemat daripada naik public transport seperti kereta dan bus.

  • Sewa Mobil

Untuk menyewa mobil di Jepang, familygoers perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dimiliki sepeerti  international driver’s license yang berlaku dan SIM dari negara asal yang sudah berumur minimal 3 bulan. Familygoers dapat menyewa mobil dengan car rental pick up dimana mobil akan diantar ditempat yang diinginkan seperti di bandara, Tokyo Station, atau Shinagawa Station. Informasi mengenai perusahaan-perusahaan besar yang menyediakan penyewaan mobil dapat familygoers lihat melalui website perusahaan yang ada. Memiliki area parkir cukup terbatas dengan tarif parkir yang mahal dan lalu lintas yang sulit, familygoers dapat memilih moda transportasi ini apabila ingin menjelajahi daerah-daerah pedesaan yang tidak dapat dicapai kereta atau bis di Tokyo. Tarif menyewa mobil berkisar sekitar 6000 yen untuk 24 jam peminjaman mobil mini berkapasitas 4 orang atau 8.600 yen untuk mobil besar yang dapat membawa hingga 10 orang dengan harga bensin sekitar 130 yen untuk tiap liternya.


Tokyo – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Tokyo ?

Memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin, semuanya menghadirkan keindahan kota Tokyo yang cantik untuk didatangi. Banyaknya tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke berbagai tempat sekalipun saat cuaca buruk. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada 2 musim tersebut yang paling ramah anak dan memungkinkan aktifitas luar ruangan dengan leluasa.

Jika hanya memiliki waktu berlibur yang singkat selama beberapa hari saja, pastikan untuk menghindari hari Senin. Kebanyakan tempat wisata, toko dan pertunjukan tutup saat Senin, kecuali hari libur nasional. Familygoers pasti tidak ingin melewatkan satu hari yang berharga di Tokyo dengan pilihan tempat wisata yang terbatas.

Jika familygoers berkunjung pada saat musim panas, pastikan familygoers membawa payung, topi, sunblock dan water spray karena di musim panas Tokyo akan sangat terik. Sebaiknya hindari tempat wisata outdoor apabila membawa bayi dan batita.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card / wifi pocket Tokyo

Free wifi memang ada di mana-mana namun kadang tidak berguna, bahkan di kota besar seperti Tokyo sekalipun. Terlalu banyak pengguna membuat koneksi free wifi ini sangat lambat dan sering kali terputus. Pilihan yang tepat agar selalu terhubung dengan internet adalah menggunakan pocket wifi yang bisa disewa atau membeli sim card. Di antara keduanya mana yang lebih menguntungkan ? Pocket wifi bisa digunakan bersama-sama untuk device apa saja selama jarak masih memungkinkan, sementara sim card hanya digunakan untuk individu. Jika destinasi tujuan hanya di kota-kota besar, maka koneksi SIM card lebih baik daripada pocket wifi, namun untuk di lokasi pedesaan atau tempat terpencil, pocket wifi lebih bisa diandalkan. Pocket wifi sangat mudah digunakan dan langsung bisa diakses begitu dinyalakan. Jika membeli sim card, seringkali kita butuh bantuan orang lain untuk memasangkan sim card ke handphone. Di Jepang, baik untuk pocket wifi ataupun SIM card tidak membutuhkan kontrak atau registrasi data diri pengguna.

Salah satu pilihan simcard yang populer di Jepang adalah Docomo. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga sekitar 300.000 – 325.000 IDR dan prabayar Docomo 14 hari sekitar 600.000 IDR. Untuk pilihan sim card lainnya bisa dilihat di provider sim card di Jepang.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Nankai Kansai Airport Station.

Wifi pocket bisa disewa langsung di airport Jepang maupun disewa dari indonesia, bahkan ada yang bisa diantarkan ke domisili. Ada baiknya untuk pocket wifi ini familygoers melakukan reservasi terlebih dahulu apalagi saat permintaan meningkat, khususnya di musim high season.

Nilai tukar mata uang

Mata uang yang digunakan di Tokyo, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *