Osaka with Kids

Pesona Osaka sebagai kota metropolitan ke-2 di Jepang siap menghibur familygoers. Berada di lokasi strategis di tengah-tengah Jepang, membuat Osaka memiliki akses yang mudah mencapai kota-kota disekelilingnya seperti Kyoto, Kobe, juga Nara hanya dengan 30 menit perjalanan menggunakan kereta express. Ada banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga disini. Meskipun pilihan tempat wisata tidak sebanyak yang ada di Tokyo, Osaka menghadirkan lebih banyak pilihan taman bermain dan tempat ramah anak untuk dinikmati bersama keluarga. Jelajahi bangunan bersejarah, atraksi budaya atau nikmati fasilitas hiburan berteknologi tinggi yang ada.

Berjalan-jalan melakukan sightseeing atau berkunjung ke salah satu kuil utama dari seluruh kuil yang ada di Jepang akan menambah cerita baru dari liburan yang tak terlupakan.

Osaka – Adventure/Theme Park

Osaka siap membuat anak-anak kegirangan dengan banyaknya pilihan taman hiburan yang ada. Bermain dan menjelajah Universal Studios Japan seharian penuh akan menjadi pengalaman bermain tak terlupakan. Taman hiburan ini juga didukung dengan fasilitas yang disesuaikan dengan musim seperti kolam renang di musim panas dan area bermain ice skating di musim dingin, sehingga sepanjang tahun, Osaka menghadirkan keseruan yang tidak terbatas. Familygoers juga bisa menjelajahi salah satu aquarium terbesar di dunia yang ada di Osaka. Ini akan menambah wawasan edukasi dan pengetahuan baru anak-anak sambil bermain.

Tennoji Zoo
Universal Studios Japan
Umeda Skate Rink Tsurun Tsurun
Floating Garden Observatory
Nifrel
Misaki Park
Osaka Aquarium Kaiyukan
Spa World Osaka
Hirakata Park
Tsutenkaku
Tempozan Ferris Wheel



Osaka – Arts & Culture/Museum

Ada banyak pilihan museum ramah anak yang dimiliki Osaka. Beberapa museum bahkan sengaja dilengkapi dengan area bermain menyenangkan. Di sini familygoers dapat menambah pengetahuan baru bersama keluarga dengan cara yang menyenangkan. Selain belajar sejarah dari museum, anak-anak pun bisa belajar tentang  kecanggihan teknologi dan ilmu sains. Jangan lewatkan juga mengunjungi Osaka castle yang merupakan ikon kota ini. Tak lengkap jika berkunjung Osaka tidak mampir ke sini.

Kids Plaza
Sumiyoshi-taisha Shrine
Osaka Prefectural Children’s Museum BIG BANG
Osaka English Village
National Museum of Ethnology
Osaka Castle
Osaka Science Museum



Osaka – Nature

Menikmati pesona taman kota di Jepang yang tersebar di Osaka tidak boleh dilewatkan ketika sedang berada di sini. Keindahan pesona 4 musim di Jepang siap menyambut waktu berlibur familygoers kapanpun sepanjang tahun. Familygoers tetap bisa menikmati taman-taman kota kapanpun waktunya. Melakukan aktivitas luar ruangan juga baik untuk anak-anak agar mereka tetap daya tahan tubuh kuat.

Kema Sakuranomiya Park
Minoo Park
Japan Mint
Nagai Park
Tennoji Park
Daisen Park
Namba Parks
Banpaku Memorial Park
Osaka Castle



Osaka – Food

Osaka memiliki kelezatan kuliner dan street food lezat. Setiap kota di sebuah negara memiliki ciri khas makanan tersendiri, begitu juga di Jepang. Di Osaka, makanan yang banyak dijumpai pasti lebih familiar untuk familygoers dibandingkan makanan di daerah lain. Pusat-pusat perbelanjaan juga menyediakan banyak sekali pilihan tempat makan yang nyaman untuk keluarga. Tidak hanya makanan khas Jepang, berbagai olahan makanan dan restoran dari seluruh dunia juga akan memanjakan perut semua anggota keluarga. Menemukan makanan kegemaran anak sesuai rasa dan selera mereka tentunya tidak terlalu sulit di Osaka ini. Satu hal lagi, penduduk lokal akan selalu memberikan salam “Osaka no kuidaore” yang berarti eat till you drop in Osaka.

Umekita Plaza
Dotonbori
Merrymomo Macrobiotic Cafe
Chibo Dotonbori
Rikuro Ojisan no Mise
Kuramon Market
Ichiran Ramen
Shinsaibashi Madras 5
Universal City Walk
Naniwa Kuishinbo Yokocho
Dotonbori Imai
Tempozan Marketplace
Tenjinbashisuji Shopping Street
Kani Doraku Honten
Shinsaibashisuji Shopping Street



Osaka – Shop

Osaka menjadi salah satu kota di Jepang yang terkenal dengan beberapa shopping street mendunia. Keindahan lampu-lampu neon di Shotengai atau Japanese Shopping Street siap memanjakan hasrat berbelanja familygoers. Melihat orang-orang berlalu lalang atau merasakan keramahan masyarakat Osaka, salah satu penduduk terbaik di Jepang, atau bahkan menyusuri sungai dengan perahu kanal setelah berbelanja di Dotonbori akan menarik perhatian si kecil.

Umekita Plaza
Hep Five
Sennichimae Doguyasuji Shopping Street
Dotonbori
Expo City
Don Quijote Dotonbori Store
Universal City Walk
Tempozan Marketplace
Tenjinbashisuji Shopping Street
Shinsaibashisuji Shopping Street
Namba Parks



Osaka – Transportasi

Osaka menghadirkan banyak kemudahan untuk dapat mencapai tempat-tempat wisata yang tersebar diseluruh kota. Banyaknya halte bus dan stasiun memungkinkan familygoers mencapai langsung tempat yang dituju dengan berjalan kaki. Transportasi umum adalah cara terbaik untuk berkeliling kota. Informasi rute transportasi umum dapat diakses di banyak tempat seperti stasiun atau di website.

  • Kereta

Kereta adalah angkutan umum yang paling mudah dan banyak digunakan untuk berkeliling kota. Cepat, tepat waktu, dan aman membuat transporasi yang satu ini memberikan kemudahan perjalanan bersama si kecil tanpa masalah atau kesulitan. Jalur kereta api dan harga serta keterangan mengenai akses atau tempat tujuan yang dituju mudah familygoers dapatkan di stasiun atau situs website jasa penyedia kereta api. Familygoers bisa menggunakan website aplikasi Hyperdia untuk membantu perjalanan familygoers. Tinggal masukan asal dan tujuan stasiun, dan familygoers akan memperoleh info perjalanan. 

Perusahan kereta api yang paling banyak di gunakan di Osaka adalah JR atau Japan Railways Train Line juga Japan Limited Express Trans. Semuanya memiliki jalur yang berbeda-beda. Dengan JR West Loop Line familygoers juga dapat mengelilingi kota. Terdapat juga perusahaan kereta api lain yang beroprasi seperti Hankyu Railway, Nankai Railway, Keihan Railway, Kintetsu Railway, dan Hanshin Railway.

Untuk mencapai beberapa stasiun, tarifnya berkisar antara 180 JPY atau sekitar 24.000 IDR hingga 850 JPY atau sekitar 110.000 IDR untuk sekali perjalanan. Ada 6 perusahaan kereta api besar di Osaka, diantaranya Nankai Railways dan JR West. Kedua nya membawa penumpang dari Kansai International Airport. Ada juga Kintetsu beroperasi dari Osaka ke Kyoto ke Nara dan ke Nagoya. Ada juga Nankai dan Hankyu yang beroperasi dari Osaka ke Kyoto dan dari Osaka ke Nagoya. Kereta Keihan menghubungkan Osaka dan Kyoto, sementara kereta Hanshin Railways menyambungkan Osaka dan Kobe.

  • Bus

Bus dapat menjadi pilihan familygoers untuk mencapai kota-kota besar atau menghubungkan daerah-daerah terkenal yang ada di kota. Bus kota yang ada tidak terlalu banyak digunakan karena warga di Osaka cenderung menggunakan kereta api atau kereta api bawah tanah yang memiliki informasi jadwal dan waktu lebih tepat dibanding bus. Bus memiliki waktu perjalanan yang lebih lama juga tarif yang cenderung lebih mahal dibanding kereta. Namun adanya tiket diskon untuk beberapa perjalan sekaligus dapat menjadi piihan yang menggiurkan untuk dicoba.

  • Taxi

Taxi adalah moda transportasi paling mahal, namun bisa efektif jika pergi berkelompok untuk jarak yang dekat dengan banyak barang bawaan yang cukup merepotkan. Osaka memiliki banyak pilihan perusahaan taxi yang tersebar hampir di seluruh sudut kota. Memiliki 3 ukuran yaitu kecil (kogata), medium (chugata) dan besar (ogata) dengan tarif berbeda-beda. Tarif dasar taksi ukuran kecil mulai dari 600 JPY atau sekitar 78.000 IDR ketika membuka pintu pertama kali dan naik 2 – 3000 JPY atau sekitar 250 – 389.000 IDR untuk 10-15 menit perjalanan. Kebanyakan supir tidak tidak berbahasa Inggris, jadi pastikan familygoers sudah memiliki alamat lengkap dengan tulisan Jepang. Ini akan lebih memudahkan. Beberapa taksi terkadang memberikan discount untuk jarak jauh pada malam hari.

  • Sewa Mobil

Untuk menyewa mobil di Jepang, familygoers perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dimiliki sepeerti  international driver’s license yang berlaku dan SIM dari negara asal yang sudah berumur minimal 3 bulan. Ada banyak tempat penyewaan mobil terpercaya disekitar Osaka Station, seperti kantor penyewaan mobil Toyota, Nippon, Nissan, dan Orix. Informasi lebih detil bisa dilihat dari website masing-masing perusahaan.  Memiliki area parkir cukup terbatas dengan tarif parkir yang mahal dan lalu lintas yang sulit, familygoers dapat memilih moda transportasi ini apabila ingin menjelajahi daerah-daerah pedesaan yang tidak dapat dicapai kereta atau bis di Osaka. Tarif menyewa mobil berkisar sekitar 8000 JPY atau sekitar 1.050.000 untuk 24 jam peminjaman dengan harga bensin sekitar 130 JPY/liter atau sekitar 17.000 IDR/liter.

Kartu Transportasi :

  • Osaka Amazing Pass

Kartu transportasi ini bisa digunakan unlimited untuk subway, bus di dalam kota Osaka, termasuk tiket masuk gratis beberapa atraksi hiburan dan diskon di beberapa toko dan museum. Harga 1-day pass 2.300 JPY atau sekitar 298.000 IDR dan harga 2-day 3.000 JPY atau sekitar 389.000 IDR. Info lebih lengkap http://www.pia-kansai.ne.jp/

  • Kansai Thru Pass

Kartu ini memungkinkan familygoers untuk menggunakan unlimited kereta, subway, dan bus perusahaan swasta dan bukan JR lines, termasuk diskon di beberapa tempat wisata. Kansai Thru Pass bisa dibeli di Tourist Information Centers di sekitar Kansai. Selain subway dan bus di area Osaka, Kyoto, Kobe dan Nara, Pass ini juga bisa digunakan di Nankai line ke Kansai International Airport dan Koyasan, Hankyu line ke Kyoto dan Kobe, Keihan Line ke Kyoto, Kintetsu line ke Nara, dan Hanshin line ke Kobe. Harga nya 3.800 JPY / 2 hari atau sekitar 492.000 IDR / 2 hari, dan 5.000 JPY / 3 hari atau sekitar 648.000 IDR / 3 hari.

  • ICOCA pre-paid IC Card

Prepaid IC chip card (ICOCA) bisa digunakan untuk berkeliling area Kansai. Familygoers bisa menggunakan JR dan private train, subway dan bus dengan kartu ini. Mulai April 2016, ada Kansai One Pass, ICOCA spesial untuk turis. Kartu ini tidak memberikan diskon apapun. Familygoers bisa membeli IC chip card ini di stasiun JR mana saja, termasuk KIX seharga 500 JPY atau sekitar 65.000 IDR untuk deposit ditambah top up yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan familygoers. Familygoers tinggal tap kartu ini di stasiun ketika akan menggunakan kereta. Kartu ini juga bisa digunakan untuk berbelanja di convenience store. Sisa saldo di kartu bisa dikembalikan ketika familygoers mengembalikan kartu ini, dipotong 220 JPY atau sekitar 29.000 IDR untuk handling fee.

ICOCA ini juga bisa digunakan di luar Kansai, misalnya di Tokyo, namun untuk refund hanya bisa digunaan di Kansai dan Hiroshima di JR West station.

Dari Kansai Airport, JR memberikan spesial paket Haruka dan ICOCA yang memberikan tambahan penggunaan Haruka Limited Express, kereta dari dan ke Kansai Airport (KIX) ke Osaka, Nara, Kyoto, dan Kobe. Ada pilihan tiket sekali jalan dan tiket pulang pergi.

  • JR Pass

JR Pass sebenarnya tidak banyak digunakan di Osaka, kecuali untuk ke Airport  dan ke Universal Studio Japan, Osaka station ke Kyoto/Kobe/Himeji/KIX, Tennoji ke KIX, dan Shin-Osaka yang menggunakan Shinkanses. Ada JR Namba, namun ini bukan di pusat kota Namba dan agak sulit aksesnya.

JR Pass merupakan kartu transportasi yan dibeli di luar Jepang sebelum familygoers tiba di Jepang. Kartu ini bisa dibeli via website atau melalui agen. Kemudian familygoers akan diberikan voucher yang bisa ditukar dengan kartu JR Pass sesampainya familygoers di salah satu airport di Jepang. JR Pass tidak terlalu bermanfaat jika familygoers hanya mengunjungi area Kansai. Kartu ini bisa bermanfaat secara optimal jika familygoers menjelajah banyak area-area lain di luar Kansai, misalnya Tokyo-Osaka-Kyoto-Hiroshima bolak balik, atau area lainnya.

Jika hanya menjelajah sekitar Kansai, familygoers bisa membeli JR-West Rail Pass (Kansai Area Pass) yang bisa digunakan unlimited di JR lines di Kansai, maksimal sampai Himeji dan Kyoto-Yamashina, termasuk Nara. Harganya bervariasi, mulai dari 2.000 JPY / 1 hari (259.000 IDR / 1 hari), 4.000 JPY / 2 hari (518.000 IDR / 2 hari), 5.000 JPY / 3 hari (648.000 IDR / 3 hari) atau 6.000 JPY / 4 hari (777.000 IDR / 4 hari). Anak-anak biasanya separuh harga dari harga orang dewasa. Kartu ini bisa dibeli di JR station utama.




Osaka – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Osaka ?

Osaka menghadirkan kota indah yang cocok didatangi kapan saja. Banyaknya pilihan tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke banyak tempat di semua musim atau bahkan di berbagai cuaca. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada dua musim tersebut yang paling ramah anak dan memungkinkan aktivitas luar ruangan dengan leluasa. Namun bukan berarti di musim dingin familygoers tidak bisa melakukan aktivitas luar ruangan. Familygoers bisa menikmati ice skating di arena salju. Sementara di musim panas, kolam-kolam renang akan dibangun di beberapa taman hiburan. Harap jaga cairan yang masuk ke dalam tubuh anak-anak karena udara di musim panas bisa amat panas dan kering sehingga butuh banyak minum agar tidak dehidrasi.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card dan WiFi Portable Osaka

Free wifi memang ada di mana-mana namun kadang tidak berguna, bahkan di kota besar seperti Tokyo sekalipun. Terlalu banyak pengguna membuat koneksi free wifi ini sangat lambat dan sering kali terputus. Pilihan yang tepat agar selalu terhubung dengan internet adalah menggunakan pocket wifi yang bisa disewa atau membeli sim card. Di antara keduanya mana yang lebih menguntungkan ? Pocket wifi bisa digunakan bersama-sama untuk device apa saja selama jarak masih memungkinkan, sementara sim card hanya digunakan untuk individu. Jika destinasi tujuan hanya di kota-kota besar, maka koneksi SIM card lebih baik daripada pocket wifi, namun untuk di lokasi pedesaan atau tempat terpencil, pocket wifi lebih bisa diandalkan. Pocket wifi sangat mudah digunakan dan langsung bisa diakses begitu dinyalakan. Jika membeli sim card, seringkali kita butuh bantuan orang lain untuk memasangkan sim card ke handphone. Di Jepang, baik untuk pocket wifi ataupun SIM card tidak membutuhkan kontrak atau registrasi data diri pengguna.

Salah satu pilihan simcard yang populer di Jepang adalah Docomo. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga sekitar 300.000 – 325.000 IDR dan prabayar Docomo 14 hari sekitar 600.000 IDR. Untuk pilihan sim card lainnya bisa dilihat di provider sim card di Jepang.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Nankai Kansai Airport Station.

Wifi pocket bisa disewa langsung di airport Jepang maupun disewa dari indonesia, bahkan ada yang bisa diantarkan ke domisili. Ada baiknya untuk pocket wifi ini familygoers melakukan reservasi terlebih dahulu apalagi saat permintaan meningkat, khususnya di musim high season.

Nilai tukar mata uang 

Mata uang yang digunakan di Osaka, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8




Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Osaka with Kids

Pesona Osaka sebagai kota metropolitan ke-2 di Jepang siap menghibur familygoers. Berada di lokasi strategis di tengah-tengah Jepang, membuat Osaka memiliki akses yang mudah mencapai kota-kota disekelilingnya seperti Kyoto, Kobe, juga Nara hanya dengan 30 menit perjalanan menggunakan kereta express. Ada banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga disini. Meskipun pilihan tempat wisata tidak sebanyak yang ada di Tokyo, Osaka menghadirkan lebih banyak pilihan taman bermain dan tempat ramah anak untuk dinikmati bersama keluarga. Jelajahi bangunan bersejarah, atraksi budaya atau nikmati fasilitas hiburan berteknologi tinggi yang ada.

Berjalan-jalan melakukan sightseeing atau berkunjung ke salah satu kuil utama dari seluruh kuil yang ada di Jepang akan menambah cerita baru dari liburan yang tak terlupakan.

Osaka – Adventure/Theme Park

Osaka siap membuat anak-anak kegirangan dengan banyaknya pilihan taman hiburan yang ada. Bermain dan menjelajah Universal Studios Japan seharian penuh akan menjadi pengalaman bermain tak terlupakan. Taman hiburan ini juga didukung dengan fasilitas yang disesuaikan dengan musim seperti kolam renang di musim panas dan area bermain ice skating di musim dingin, sehingga sepanjang tahun, Osaka menghadirkan keseruan yang tidak terbatas. Familygoers juga bisa menjelajahi salah satu aquarium terbesar di dunia yang ada di Osaka. Ini akan menambah wawasan edukasi dan pengetahuan baru anak-anak sambil bermain.

Tennoji Zoo
Universal Studios Japan
Umeda Skate Rink Tsurun Tsurun
Floating Garden Observatory
Nifrel
Misaki Park
Osaka Aquarium Kaiyukan
Spa World Osaka
Hirakata Park
Tsutenkaku
Tempozan Ferris Wheel

Osaka – Arts & Culture/Museum

Ada banyak pilihan museum ramah anak yang dimiliki Osaka. Beberapa museum bahkan sengaja dilengkapi dengan area bermain menyenangkan. Di sini familygoers dapat menambah pengetahuan baru bersama keluarga dengan cara yang menyenangkan. Selain belajar sejarah dari museum, anak-anak pun bisa belajar tentang  kecanggihan teknologi dan ilmu sains. Jangan lewatkan juga mengunjungi Osaka castle yang merupakan ikon kota ini. Tak lengkap jika berkunjung Osaka tidak mampir ke sini.

Kids Plaza
Sumiyoshi-taisha Shrine
Osaka Prefectural Children’s Museum BIG BANG
Osaka English Village
National Museum of Ethnology
Osaka Castle
Osaka Science Museum

Osaka – Nature

Menikmati pesona taman kota di Jepang yang tersebar di Osaka tidak boleh dilewatkan ketika sedang berada di sini. Keindahan pesona 4 musim di Jepang siap menyambut waktu berlibur familygoers kapanpun sepanjang tahun. Familygoers tetap bisa menikmati taman-taman kota kapanpun waktunya. Melakukan aktivitas luar ruangan juga baik untuk anak-anak agar mereka tetap daya tahan tubuh kuat.

Kema Sakuranomiya Park
Minoo Park
Japan Mint
Nagai Park
Tennoji Park
Daisen Park
Namba Parks
Banpaku Memorial Park
Osaka Castle

Osaka – Food

Osaka memiliki kelezatan kuliner dan street food lezat. Setiap kota di sebuah negara memiliki ciri khas makanan tersendiri, begitu juga di Jepang. Di Osaka, makanan yang banyak dijumpai pasti lebih familiar untuk familygoers dibandingkan makanan di daerah lain. Pusat-pusat perbelanjaan juga menyediakan banyak sekali pilihan tempat makan yang nyaman untuk keluarga. Tidak hanya makanan khas Jepang, berbagai olahan makanan dan restoran dari seluruh dunia juga akan memanjakan perut semua anggota keluarga. Menemukan makanan kegemaran anak sesuai rasa dan selera mereka tentunya tidak terlalu sulit di Osaka ini. Satu hal lagi, penduduk lokal akan selalu memberikan salam “Osaka no kuidaore” yang berarti eat till you drop in Osaka.

Umekita Plaza
Dotonbori
Merrymomo Macrobiotic Cafe
Chibo Dotonbori
Rikuro Ojisan no Mise
Kuramon Market
Ichiran Ramen
Shinsaibashi Madras 5
Universal City Walk
Naniwa Kuishinbo Yokocho
Dotonbori Imai
Tempozan Marketplace
Tenjinbashisuji Shopping Street
Kani Doraku Honten
Shinsaibashisuji Shopping Street

Osaka – Shop

Osaka menjadi salah satu kota di Jepang yang terkenal dengan beberapa shopping street mendunia. Keindahan lampu-lampu neon di Shotengai atau Japanese Shopping Street siap memanjakan hasrat berbelanja familygoers. Melihat orang-orang berlalu lalang atau merasakan keramahan masyarakat Osaka, salah satu penduduk terbaik di Jepang, atau bahkan menyusuri sungai dengan perahu kanal setelah berbelanja di Dotonbori akan menarik perhatian si kecil.

Umekita Plaza
Hep Five
Sennichimae Doguyasuji Shopping Street
Dotonbori
Expo City
Don Quijote Dotonbori Store
Universal City Walk
Tempozan Marketplace
Tenjinbashisuji Shopping Street
Shinsaibashisuji Shopping Street
Namba Parks

Osaka – Transportasi

Osaka menghadirkan banyak kemudahan untuk dapat mencapai tempat-tempat wisata yang tersebar diseluruh kota. Banyaknya halte bus dan stasiun memungkinkan familygoers mencapai langsung tempat yang dituju dengan berjalan kaki. Transportasi umum adalah cara terbaik untuk berkeliling kota. Informasi rute transportasi umum dapat diakses di banyak tempat seperti stasiun atau di website.

  • Kereta

Kereta adalah angkutan umum yang paling mudah dan banyak digunakan untuk berkeliling kota. Cepat, tepat waktu, dan aman membuat transporasi yang satu ini memberikan kemudahan perjalanan bersama si kecil tanpa masalah atau kesulitan. Jalur kereta api dan harga serta keterangan mengenai akses atau tempat tujuan yang dituju mudah familygoers dapatkan di stasiun atau situs website jasa penyedia kereta api. Familygoers bisa menggunakan website aplikasi Hyperdia untuk membantu perjalanan familygoers. Tinggal masukan asal dan tujuan stasiun, dan familygoers akan memperoleh info perjalanan. 

Perusahan kereta api yang paling banyak di gunakan di Osaka adalah JR atau Japan Railways Train Line juga Japan Limited Express Trans. Semuanya memiliki jalur yang berbeda-beda. Dengan JR West Loop Line familygoers juga dapat mengelilingi kota. Terdapat juga perusahaan kereta api lain yang beroprasi seperti Hankyu Railway, Nankai Railway, Keihan Railway, Kintetsu Railway, dan Hanshin Railway.

Untuk mencapai beberapa stasiun, tarifnya berkisar antara 180 JPY atau sekitar 24.000 IDR hingga 850 JPY atau sekitar 110.000 IDR untuk sekali perjalanan. Ada 6 perusahaan kereta api besar di Osaka, diantaranya Nankai Railways dan JR West. Kedua nya membawa penumpang dari Kansai International Airport. Ada juga Kintetsu beroperasi dari Osaka ke Kyoto ke Nara dan ke Nagoya. Ada juga Nankai dan Hankyu yang beroperasi dari Osaka ke Kyoto dan dari Osaka ke Nagoya. Kereta Keihan menghubungkan Osaka dan Kyoto, sementara kereta Hanshin Railways menyambungkan Osaka dan Kobe.

  • Bus

Bus dapat menjadi pilihan familygoers untuk mencapai kota-kota besar atau menghubungkan daerah-daerah terkenal yang ada di kota. Bus kota yang ada tidak terlalu banyak digunakan karena warga di Osaka cenderung menggunakan kereta api atau kereta api bawah tanah yang memiliki informasi jadwal dan waktu lebih tepat dibanding bus. Bus memiliki waktu perjalanan yang lebih lama juga tarif yang cenderung lebih mahal dibanding kereta. Namun adanya tiket diskon untuk beberapa perjalan sekaligus dapat menjadi piihan yang menggiurkan untuk dicoba.

  • Taxi

Taxi adalah moda transportasi paling mahal, namun bisa efektif jika pergi berkelompok untuk jarak yang dekat dengan banyak barang bawaan yang cukup merepotkan. Osaka memiliki banyak pilihan perusahaan taxi yang tersebar hampir di seluruh sudut kota. Memiliki 3 ukuran yaitu kecil (kogata), medium (chugata) dan besar (ogata) dengan tarif berbeda-beda. Tarif dasar taksi ukuran kecil mulai dari 600 JPY atau sekitar 78.000 IDR ketika membuka pintu pertama kali dan naik 2 – 3000 JPY atau sekitar 250 – 389.000 IDR untuk 10-15 menit perjalanan. Kebanyakan supir tidak tidak berbahasa Inggris, jadi pastikan familygoers sudah memiliki alamat lengkap dengan tulisan Jepang. Ini akan lebih memudahkan. Beberapa taksi terkadang memberikan discount untuk jarak jauh pada malam hari.

  • Sewa Mobil

Untuk menyewa mobil di Jepang, familygoers perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dimiliki sepeerti  international driver’s license yang berlaku dan SIM dari negara asal yang sudah berumur minimal 3 bulan. Ada banyak tempat penyewaan mobil terpercaya disekitar Osaka Station, seperti kantor penyewaan mobil Toyota, Nippon, Nissan, dan Orix. Informasi lebih detil bisa dilihat dari website masing-masing perusahaan.  Memiliki area parkir cukup terbatas dengan tarif parkir yang mahal dan lalu lintas yang sulit, familygoers dapat memilih moda transportasi ini apabila ingin menjelajahi daerah-daerah pedesaan yang tidak dapat dicapai kereta atau bis di Osaka. Tarif menyewa mobil berkisar sekitar 8000 JPY atau sekitar 1.050.000 untuk 24 jam peminjaman dengan harga bensin sekitar 130 JPY/liter atau sekitar 17.000 IDR/liter.

Kartu Transportasi :

  • Osaka Amazing Pass

Kartu transportasi ini bisa digunakan unlimited untuk subway, bus di dalam kota Osaka, termasuk tiket masuk gratis beberapa atraksi hiburan dan diskon di beberapa toko dan museum. Harga 1-day pass 2.300 JPY atau sekitar 298.000 IDR dan harga 2-day 3.000 JPY atau sekitar 389.000 IDR. Info lebih lengkap http://www.pia-kansai.ne.jp/

  • Kansai Thru Pass

Kartu ini memungkinkan familygoers untuk menggunakan unlimited kereta, subway, dan bus perusahaan swasta dan bukan JR lines, termasuk diskon di beberapa tempat wisata. Kansai Thru Pass bisa dibeli di Tourist Information Centers di sekitar Kansai. Selain subway dan bus di area Osaka, Kyoto, Kobe dan Nara, Pass ini juga bisa digunakan di Nankai line ke Kansai International Airport dan Koyasan, Hankyu line ke Kyoto dan Kobe, Keihan Line ke Kyoto, Kintetsu line ke Nara, dan Hanshin line ke Kobe. Harga nya 3.800 JPY / 2 hari atau sekitar 492.000 IDR / 2 hari, dan 5.000 JPY / 3 hari atau sekitar 648.000 IDR / 3 hari.

  • ICOCA pre-paid IC Card

Prepaid IC chip card (ICOCA) bisa digunakan untuk berkeliling area Kansai. Familygoers bisa menggunakan JR dan private train, subway dan bus dengan kartu ini. Mulai April 2016, ada Kansai One Pass, ICOCA spesial untuk turis. Kartu ini tidak memberikan diskon apapun. Familygoers bisa membeli IC chip card ini di stasiun JR mana saja, termasuk KIX seharga 500 JPY atau sekitar 65.000 IDR untuk deposit ditambah top up yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan familygoers. Familygoers tinggal tap kartu ini di stasiun ketika akan menggunakan kereta. Kartu ini juga bisa digunakan untuk berbelanja di convenience store. Sisa saldo di kartu bisa dikembalikan ketika familygoers mengembalikan kartu ini, dipotong 220 JPY atau sekitar 29.000 IDR untuk handling fee.

ICOCA ini juga bisa digunakan di luar Kansai, misalnya di Tokyo, namun untuk refund hanya bisa digunaan di Kansai dan Hiroshima di JR West station.

Dari Kansai Airport, JR memberikan spesial paket Haruka dan ICOCA yang memberikan tambahan penggunaan Haruka Limited Express, kereta dari dan ke Kansai Airport (KIX) ke Osaka, Nara, Kyoto, dan Kobe. Ada pilihan tiket sekali jalan dan tiket pulang pergi.

  • JR Pass

JR Pass sebenarnya tidak banyak digunakan di Osaka, kecuali untuk ke Airport  dan ke Universal Studio Japan, Osaka station ke Kyoto/Kobe/Himeji/KIX, Tennoji ke KIX, dan Shin-Osaka yang menggunakan Shinkanses. Ada JR Namba, namun ini bukan di pusat kota Namba dan agak sulit aksesnya.

JR Pass merupakan kartu transportasi yan dibeli di luar Jepang sebelum familygoers tiba di Jepang. Kartu ini bisa dibeli via website atau melalui agen. Kemudian familygoers akan diberikan voucher yang bisa ditukar dengan kartu JR Pass sesampainya familygoers di salah satu airport di Jepang. JR Pass tidak terlalu bermanfaat jika familygoers hanya mengunjungi area Kansai. Kartu ini bisa bermanfaat secara optimal jika familygoers menjelajah banyak area-area lain di luar Kansai, misalnya Tokyo-Osaka-Kyoto-Hiroshima bolak balik, atau area lainnya.

Jika hanya menjelajah sekitar Kansai, familygoers bisa membeli JR-West Rail Pass (Kansai Area Pass) yang bisa digunakan unlimited di JR lines di Kansai, maksimal sampai Himeji dan Kyoto-Yamashina, termasuk Nara. Harganya bervariasi, mulai dari 2.000 JPY / 1 hari (259.000 IDR / 1 hari), 4.000 JPY / 2 hari (518.000 IDR / 2 hari), 5.000 JPY / 3 hari (648.000 IDR / 3 hari) atau 6.000 JPY / 4 hari (777.000 IDR / 4 hari). Anak-anak biasanya separuh harga dari harga orang dewasa. Kartu ini bisa dibeli di JR station utama.


Osaka – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Osaka ?

Osaka menghadirkan kota indah yang cocok didatangi kapan saja. Banyaknya pilihan tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke banyak tempat di semua musim atau bahkan di berbagai cuaca. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada dua musim tersebut yang paling ramah anak dan memungkinkan aktivitas luar ruangan dengan leluasa. Namun bukan berarti di musim dingin familygoers tidak bisa melakukan aktivitas luar ruangan. Familygoers bisa menikmati ice skating di arena salju. Sementara di musim panas, kolam-kolam renang akan dibangun di beberapa taman hiburan. Harap jaga cairan yang masuk ke dalam tubuh anak-anak karena udara di musim panas bisa amat panas dan kering sehingga butuh banyak minum agar tidak dehidrasi.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card dan WiFi Portable Osaka

Free wifi memang ada di mana-mana namun kadang tidak berguna, bahkan di kota besar seperti Tokyo sekalipun. Terlalu banyak pengguna membuat koneksi free wifi ini sangat lambat dan sering kali terputus. Pilihan yang tepat agar selalu terhubung dengan internet adalah menggunakan pocket wifi yang bisa disewa atau membeli sim card. Di antara keduanya mana yang lebih menguntungkan ? Pocket wifi bisa digunakan bersama-sama untuk device apa saja selama jarak masih memungkinkan, sementara sim card hanya digunakan untuk individu. Jika destinasi tujuan hanya di kota-kota besar, maka koneksi SIM card lebih baik daripada pocket wifi, namun untuk di lokasi pedesaan atau tempat terpencil, pocket wifi lebih bisa diandalkan. Pocket wifi sangat mudah digunakan dan langsung bisa diakses begitu dinyalakan. Jika membeli sim card, seringkali kita butuh bantuan orang lain untuk memasangkan sim card ke handphone. Di Jepang, baik untuk pocket wifi ataupun SIM card tidak membutuhkan kontrak atau registrasi data diri pengguna.

Salah satu pilihan simcard yang populer di Jepang adalah Docomo. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga sekitar 300.000 – 325.000 IDR dan prabayar Docomo 14 hari sekitar 600.000 IDR. Untuk pilihan sim card lainnya bisa dilihat di provider sim card di Jepang.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Nankai Kansai Airport Station.

Wifi pocket bisa disewa langsung di airport Jepang maupun disewa dari indonesia, bahkan ada yang bisa diantarkan ke domisili. Ada baiknya untuk pocket wifi ini familygoers melakukan reservasi terlebih dahulu apalagi saat permintaan meningkat, khususnya di musim high season.

Nilai tukar mata uang 

Mata uang yang digunakan di Osaka, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *