Nara with Kids

Nara with Kids

Nara merupakan sebuah kota kecil di Jepang tak jauh dari Osaka. Kota ini memiliki kuil-kuil bersejarah indah dan rusa-rusa liar di sekitar yang menjadi daya tarik utama wisatanya. Kuil-kuil di sini banyak yang masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage Sites. Selain kuil, ada juga museum dan taman-taman yang bisa dikunjungi.

Ikon kota Nara yang tidak boleh dilewatkan di antaranya adalah Kofoku-ji dengan pagoda tertinggi kedua yang ada di Jepang. Anak-anak juga akan tertarik melihat rusa-rusa di Nara Park yang jinak dan tertib sambil memberi makan rusa dari dekat. Ada juga kuil dengan bangunan kayu terbesar di dunia dan tertua di Jepang, kuil Shinto. Selain itu, masih ada bangunan-bangunan bersejarah lain yang tak kalah cantik untuk dikunjungi.

Nara – Adventure/Theme Park

Nara memang tidak memiliki banyak pilihan taman bermain. Tapi familygoers dapat menikmati waktu bermain yang menyenangkan di taman bermain unik yang berada diatas ketinggian 642 meter di atas gunung Ikoma dengan berbagai pilihan permainan yang membuat anak-anak bersemangat.

Ikoma-sanjo Amusement Park



Nara – Arts & Culture/Museum

Dengan kuil-kuil dan wisata sejarah yang menjadi wisata utama di Nara, ada banyak pilihan untuk dijelajahi. Wisata budaya mengenali Jepang di masa lampau atau sekedar mengagumi pesona arsitektur kuno yang dikelilingi keindahan alam pemandangan dan taman cantik dapat mengisi waktu berlibur yang menyenangkan. Ada juga museum-museum menarik, termasuk juga toy museum yang akan membuat si kecil bersemangat.

Heijo Palace
Gangoji Temple
Shin-Yakushiji Temple
Nara Craft Museum (Nara Kogeikan)
Naramachi Karakuri Toy Museum
Nara National Museum
Todaiji Temple
Horyuji Temple
Naramachi
Nara Prefecture Museum of Art
Yakushiji Temple
Toshodaiji Temple
Kasuga Taisha
Kōfuku-ji



Nara – Nature

Nara merupakan destinasi wisata alam menyenangkan untuk seluruh keluarga. Dari kereta menuju kota Nara, familygoers akan disuguhkan oleh pemandangan hijau cantik dengan rusa-rusa berkeliaran menyatu dengan pemukiman penduduk. Di kota ini juga banyak sekali taman-taman rindang untuk bersantai bersama keluarga. Tidak perlu keluar banyak uang untuk bisa menikmati alam di kota ini.

Isuien Garden
Yoshikien Garden
Wakakusayama
Nara Park
Soni Highlands
Manyo Botanical Garden



Nara – Food

Nara merupakan ibu kota pertama di Jepang karena itulah produk-produk terbaik di Jepang tak ketinggalan juga dikirimkan ke bekas ibu kota ini. Banyak makanan khas Jepang yang sudah mendunia berasal dari Nara. Familygoers juga bisa mengeksplorasi makanan Jepang yang tidak terlalu familiar seperti nyumen, mehari sushi, narazuke dan kaki no ha sushi. Karena Nara dikelilingi pegunungan, maka ciri khas makanannya seperti makanan yang difermentasi dan ikan yang diberi vinegar, juga makanan vegetarian ala Buddhist yang berkembang di komunitas relijius di Nara. Untuk anak-anak yang picky eater, familygoers tak perlu khawatir karena ada juga restoran yang menyajikan makanan ala barat yang tentu sudah tidak asing lagi di lidah.

Tenpyoan (Yamato Koriyama)
Naramachi
Izasa
Narazuke Shirozakeya
Miwa Somen Senjutei



Nara – Shop

Meskipun tidak semeriah di Tokyo, berbelanja di Nara juga tidak kalah menyenangkan untuk familygoers yang hobi belanja. Selain itu, karena lebih sepi dibandingkan Tokyo, tentunya anak-anak juga bisa nyaman mengikuti familygoers belanja. Suasana berbelanja pun berbeda di kota ini.

Tenpyoan (Yamato Koriyama)
Naramachi
Nippon Ichi
Kite Mite Nara Shop



Nara – Transportasi

Nara merupakan kota yang sangat mudah diakses dengan berjalan kaki. Pusat kota Nara juga tidak terlalu besar sehingga cukup dieksplor dengan berjalan kaki saja. Namun, familygoers masih tetap memerlukan bus, kereta dan taksi jika ingin mengunjungi kuil-kuil di Nishinokyo (Yakushi-ji temple dan Toshodai Temple) atau di Ikaruga (Horyu-ji Temple) karena cukup melelahkan jika ditempuh dengan berjalan kaki. Kota Nara dapat dicapai dengan JR train, baik dari Osaka maupun Kyoto.

Kereta

Nara Train Map

Kintetsu Railway dan West Japan Railway (JR West) melayani akses di seluruh kota Nara. Keduanya bisa diakses dengan JR Pass yang bisa menghemat ongkos transportasi. Kereta juga merupakan pilihan transportasi paling nyaman dan cepat.

Bus
Nara Kotsu beroperasi ke area-area yang tidak terjangkau kereta. Bus ini juga melayani rute-rute yang tourist friendly dengan pusat atraksi menarik di kota Nara, dan area populer lain sekitarnya, seperti Asuka. Untuk bus dengan pembayaran pay-as-you-go, familygoers dapat menggunakan bus Gurutto biru dan merah. Ongkos sekali trip adalah 100 JPY atau sekitar 13.000 IDR. Pilihan lain yang lebih murah adalah membeli kartu pass transportasi ini.
Nara 1-Day Pass 

Bus Pass yang menjangkau Nara Park dan Nishinokyo area

  • Valid untuk satu hari penuh
  • 500 JPY atau sekitar 65.000 IDR untuk dewasa dan 250 JPY atau sekitar 32.500 IDR untuk anak-anak
  • Diskon dan special services di 42 restoran dan pertokoan di sekitar area

 Nara 1-Day Pass Wide

Area yang terjangkau dengan kartu ini sedikit lebih besar dari kartu 1-day pass, yakni Horyuji dan Yamato Koriyama.

  • Valid untuk satu hari penuh
  • 1000 JPY atau sekitar 130.000 IDR untuk dewasa dan 500 JPY atau sekitar 64.500 untuk anak-anak
  • Diskon dan special services di 42 restoran dan toko di sekitar area

Nara 2-Day Pass

Kartu pass ini adalah yang paling lengkap, mencakup atraksi-atraksi wisata yang berada di lokasi lebih jauh, yakni Asuka, Murou dan Sakurai, sebagai tambahan dari area dua kartu pass di atas.

  • Valid untuk dua hari penuh
  • 1.500 JPY atau sekitar 194.000 IDR untuk dewasa dan 750 JPY atau sekitar 97.000 IDR untuk anak-anak
  • Diskon dan spesial services di 42 restoran dan toko di sekitar area

Bus Tours

Jika familygoers tidak ingin repot menyusun itinerary di Nara, maka pilihan ikut bus tour adalah pilihan yang terbaik. Bus tour ini dioperasikan oleh Nara Kotsu dan Nara Visitor Center & Inn.

Nara Kotsu

  • Ada 4 tour yang meliputi area Nara Park, Horyuji dan Nishinokyo
  • Tersedia audio guide dalam bahasa Inggris dan Cina.
  • Diskon untuk group yang terdiri dari 8 orang atau lebih

Nara Visitor Center & Inn

  • Ada 3 tour yang meliputi area Yamato Koriyama, Asuka, Sakurai dan Kashihara
  • Tour diberikan dalam bahasa inggris
  • Interaktif tour menawarkan pengalaman budaya yang unik
TaxiTaksi merupakan moda transportasi paling mudah sebagai alternatif selain bus, terutama jika familygoers ingin menjangkau remote area yang tidak terjangkau bus atau frekuensi bus amat jarang. Memesan taksi sangatlah mungkin dilakukan namun familygoers akan membutuhkan orang lokal untuk menjelaskan lokasi penjemputan dalam bahasa Jepang.

Taksi lebih banyak tersedia di kota Nara namun ada kalanya sulit ditemukan jika sedang waktu sibuk. Taksi-taksi di sekitar Nara park hanya bisa diberhentikan dari pemberhentian taksi di sepanjang jalan di ujung taman. Ketika familygoers merasa kesulitan mencari taksi, cobalah cari di JR Nara Station atau Kintetsu Nara Station.

Bicycle Rental

Bersepeda di Nara sangat menyenangkan dan membuat familygoers lebih aktif dibandingkan naik bus atau kereta. Banyak sekali pusat-pusat penyewaan sepeda di Nara. Selain sepeda biasa, ada juga outlet yang menyewakan sepeda dengan tenaga baterai. Tentunya ini akan membuat bersepeda jadi lebih santai. Familygoers juga bisa menyewa sepeda untuk anak-anak atau kursi tambahan di belakang dan helm sepeda untuk keamanan mereka. Sepeda yang disewa tidak perlu dikembalikan ke tempat semula, namun bisa dikembalikan ke lokasi-lokasi partner penyewaan sepeda yang sudah ditentukan.




Nara – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Nara ?

Memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin, semuanya menghadirkan keindahan kota Nara yang cantik untuk didatangi. Banyaknya tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke berbagai tempat jika cuaca buruk sekalipun. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada 2 musim tersebut paling ramah anak dan memungkinkan beraktivitas luar ruangan dengan leluasa.

Jika hanya memiliki waktu berlibur yang singkat selama beberapa hari saja, pastikan untuk menghindari hari Senin. Kebanyakan tempat wisata, toko dan pertunjukan tutup saat Senin, kecuali hari libur nasional. Familygoers pasti tidak ingin melewatkan satu hari yang berharga di Nara dengan pilihan tempat wisata yang terbatas.

Jika familygoers berkunjung pada saat musim panas, pastikan familygoers membawa payung, topi, sunblock dan water spray karena di musim panas, Nara akan sangat terik. Sebaiknya hindari tempat wisata outdoor apabila membawa bayi dan batita.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card / wifi pocket Tokyo

Free wifi memang ada di mana-mana namun kadang tidak berguna. Terlalu banyak pengguna membuat koneksi free wifi ini sangat lambat dan sering kali terputus. Pilihan yang tepat agar selalu terhubung dengan internet adalah menggunakan pocket wifi yang bisa disewa atau membeli sim card. Di antara keduanya mana yang lebih menguntungkan ? Pocket wifi bisa digunakan bersama-sama untuk device apa saja selama jarak masih memungkinkan, sementara sim card hanya digunakan untuk individu. Jika destinasi tujuan hanya di kota-kota besar, maka koneksi SIM card lebih baik daripada pocket wifi, namun untuk di pedesaan atau tempat terpencil, pocket wifi lebih bisa diandalkan. Pocket wifi sangat mudah digunakan dan langsung bisa diakses begitu dinyalakan. Namun untuk sim card seringkali kita butuh bantuan orang lain untuk memasangkan sim card ke handphone. Di Jepang, baik untuk pocket wifi ataupun SIM card tidak membutuhkan kontrak atau registrasi data diri pengguna.

Salah satu pilihan simcard yang populer di Jepang adalah Docomo. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga sekitar 300.000 – 325.000 IDR dan prabayar Docomo 14 hari sekitar 600.000 IDR. Untuk pilihan sim card lainnya bisa dilihat di provider sim card di Jepang.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Nankai Kansai Airport Station.

Wifi pocket bisa disewa langsung di airport Jepang maupun disewa dari indonesia, bahkan ada yang bisa diantarkan ke domisili. Ada baiknya untuk pocket wifi ini familygoers melakukan reservasi terlebih dahulu apalagi saat permintaan meningkat, khususnya di musim high season.

Nilai tukar mata uang

Mata uang yang digunakan di Tokyo, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8




Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nara with Kids

Nara with Kids

Nara merupakan sebuah kota kecil di Jepang tak jauh dari Osaka. Kota ini memiliki kuil-kuil bersejarah indah dan rusa-rusa liar di sekitar yang menjadi daya tarik utama wisatanya. Kuil-kuil di sini banyak yang masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage Sites. Selain kuil, ada juga museum dan taman-taman yang bisa dikunjungi.

Ikon kota Nara yang tidak boleh dilewatkan di antaranya adalah Kofoku-ji dengan pagoda tertinggi kedua yang ada di Jepang. Anak-anak juga akan tertarik melihat rusa-rusa di Nara Park yang jinak dan tertib sambil memberi makan rusa dari dekat. Ada juga kuil dengan bangunan kayu terbesar di dunia dan tertua di Jepang, kuil Shinto. Selain itu, masih ada bangunan-bangunan bersejarah lain yang tak kalah cantik untuk dikunjungi.

Nara – Adventure/Theme Park

Nara memang tidak memiliki banyak pilihan taman bermain. Tapi familygoers dapat menikmati waktu bermain yang menyenangkan di taman bermain unik yang berada diatas ketinggian 642 meter di atas gunung Ikoma dengan berbagai pilihan permainan yang membuat anak-anak bersemangat.

Ikoma-sanjo Amusement Park

Nara – Arts & Culture/Museum

Dengan kuil-kuil dan wisata sejarah yang menjadi wisata utama di Nara, ada banyak pilihan untuk dijelajahi. Wisata budaya mengenali Jepang di masa lampau atau sekedar mengagumi pesona arsitektur kuno yang dikelilingi keindahan alam pemandangan dan taman cantik dapat mengisi waktu berlibur yang menyenangkan. Ada juga museum-museum menarik, termasuk juga toy museum yang akan membuat si kecil bersemangat.

Heijo Palace
Gangoji Temple
Shin-Yakushiji Temple
Nara Craft Museum (Nara Kogeikan)
Naramachi Karakuri Toy Museum
Nara National Museum
Todaiji Temple
Horyuji Temple
Naramachi
Nara Prefecture Museum of Art
Yakushiji Temple
Toshodaiji Temple
Kasuga Taisha
Kōfuku-ji

Nara – Nature

Nara merupakan destinasi wisata alam menyenangkan untuk seluruh keluarga. Dari kereta menuju kota Nara, familygoers akan disuguhkan oleh pemandangan hijau cantik dengan rusa-rusa berkeliaran menyatu dengan pemukiman penduduk. Di kota ini juga banyak sekali taman-taman rindang untuk bersantai bersama keluarga. Tidak perlu keluar banyak uang untuk bisa menikmati alam di kota ini.

Isuien Garden
Yoshikien Garden
Wakakusayama
Nara Park
Soni Highlands
Manyo Botanical Garden

Nara – Food

Nara merupakan ibu kota pertama di Jepang karena itulah produk-produk terbaik di Jepang tak ketinggalan juga dikirimkan ke bekas ibu kota ini. Banyak makanan khas Jepang yang sudah mendunia berasal dari Nara. Familygoers juga bisa mengeksplorasi makanan Jepang yang tidak terlalu familiar seperti nyumen, mehari sushi, narazuke dan kaki no ha sushi. Karena Nara dikelilingi pegunungan, maka ciri khas makanannya seperti makanan yang difermentasi dan ikan yang diberi vinegar, juga makanan vegetarian ala Buddhist yang berkembang di komunitas relijius di Nara. Untuk anak-anak yang picky eater, familygoers tak perlu khawatir karena ada juga restoran yang menyajikan makanan ala barat yang tentu sudah tidak asing lagi di lidah.

Tenpyoan (Yamato Koriyama)
Naramachi
Izasa
Narazuke Shirozakeya
Miwa Somen Senjutei

Nara – Shop

Meskipun tidak semeriah di Tokyo, berbelanja di Nara juga tidak kalah menyenangkan untuk familygoers yang hobi belanja. Selain itu, karena lebih sepi dibandingkan Tokyo, tentunya anak-anak juga bisa nyaman mengikuti familygoers belanja. Suasana berbelanja pun berbeda di kota ini.

Tenpyoan (Yamato Koriyama)
Naramachi
Nippon Ichi
Kite Mite Nara Shop

Nara – Transportasi

Nara merupakan kota yang sangat mudah diakses dengan berjalan kaki. Pusat kota Nara juga tidak terlalu besar sehingga cukup dieksplor dengan berjalan kaki saja. Namun, familygoers masih tetap memerlukan bus, kereta dan taksi jika ingin mengunjungi kuil-kuil di Nishinokyo (Yakushi-ji temple dan Toshodai Temple) atau di Ikaruga (Horyu-ji Temple) karena cukup melelahkan jika ditempuh dengan berjalan kaki. Kota Nara dapat dicapai dengan JR train, baik dari Osaka maupun Kyoto.

Kereta

Nara Train Map

Kintetsu Railway dan West Japan Railway (JR West) melayani akses di seluruh kota Nara. Keduanya bisa diakses dengan JR Pass yang bisa menghemat ongkos transportasi. Kereta juga merupakan pilihan transportasi paling nyaman dan cepat.

Bus
Nara Kotsu beroperasi ke area-area yang tidak terjangkau kereta. Bus ini juga melayani rute-rute yang tourist friendly dengan pusat atraksi menarik di kota Nara, dan area populer lain sekitarnya, seperti Asuka. Untuk bus dengan pembayaran pay-as-you-go, familygoers dapat menggunakan bus Gurutto biru dan merah. Ongkos sekali trip adalah 100 JPY atau sekitar 13.000 IDR. Pilihan lain yang lebih murah adalah membeli kartu pass transportasi ini.
Nara 1-Day Pass 

Bus Pass yang menjangkau Nara Park dan Nishinokyo area

  • Valid untuk satu hari penuh
  • 500 JPY atau sekitar 65.000 IDR untuk dewasa dan 250 JPY atau sekitar 32.500 IDR untuk anak-anak
  • Diskon dan special services di 42 restoran dan pertokoan di sekitar area

 Nara 1-Day Pass Wide

Area yang terjangkau dengan kartu ini sedikit lebih besar dari kartu 1-day pass, yakni Horyuji dan Yamato Koriyama.

  • Valid untuk satu hari penuh
  • 1000 JPY atau sekitar 130.000 IDR untuk dewasa dan 500 JPY atau sekitar 64.500 untuk anak-anak
  • Diskon dan special services di 42 restoran dan toko di sekitar area

Nara 2-Day Pass

Kartu pass ini adalah yang paling lengkap, mencakup atraksi-atraksi wisata yang berada di lokasi lebih jauh, yakni Asuka, Murou dan Sakurai, sebagai tambahan dari area dua kartu pass di atas.

  • Valid untuk dua hari penuh
  • 1.500 JPY atau sekitar 194.000 IDR untuk dewasa dan 750 JPY atau sekitar 97.000 IDR untuk anak-anak
  • Diskon dan spesial services di 42 restoran dan toko di sekitar area

Bus Tours

Jika familygoers tidak ingin repot menyusun itinerary di Nara, maka pilihan ikut bus tour adalah pilihan yang terbaik. Bus tour ini dioperasikan oleh Nara Kotsu dan Nara Visitor Center & Inn.

Nara Kotsu

  • Ada 4 tour yang meliputi area Nara Park, Horyuji dan Nishinokyo
  • Tersedia audio guide dalam bahasa Inggris dan Cina.
  • Diskon untuk group yang terdiri dari 8 orang atau lebih

Nara Visitor Center & Inn

  • Ada 3 tour yang meliputi area Yamato Koriyama, Asuka, Sakurai dan Kashihara
  • Tour diberikan dalam bahasa inggris
  • Interaktif tour menawarkan pengalaman budaya yang unik
TaxiTaksi merupakan moda transportasi paling mudah sebagai alternatif selain bus, terutama jika familygoers ingin menjangkau remote area yang tidak terjangkau bus atau frekuensi bus amat jarang. Memesan taksi sangatlah mungkin dilakukan namun familygoers akan membutuhkan orang lokal untuk menjelaskan lokasi penjemputan dalam bahasa Jepang.

Taksi lebih banyak tersedia di kota Nara namun ada kalanya sulit ditemukan jika sedang waktu sibuk. Taksi-taksi di sekitar Nara park hanya bisa diberhentikan dari pemberhentian taksi di sepanjang jalan di ujung taman. Ketika familygoers merasa kesulitan mencari taksi, cobalah cari di JR Nara Station atau Kintetsu Nara Station.

Bicycle Rental

Bersepeda di Nara sangat menyenangkan dan membuat familygoers lebih aktif dibandingkan naik bus atau kereta. Banyak sekali pusat-pusat penyewaan sepeda di Nara. Selain sepeda biasa, ada juga outlet yang menyewakan sepeda dengan tenaga baterai. Tentunya ini akan membuat bersepeda jadi lebih santai. Familygoers juga bisa menyewa sepeda untuk anak-anak atau kursi tambahan di belakang dan helm sepeda untuk keamanan mereka. Sepeda yang disewa tidak perlu dikembalikan ke tempat semula, namun bisa dikembalikan ke lokasi-lokasi partner penyewaan sepeda yang sudah ditentukan.


Nara – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Nara ?

Memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin, semuanya menghadirkan keindahan kota Nara yang cantik untuk didatangi. Banyaknya tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke berbagai tempat jika cuaca buruk sekalipun. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada 2 musim tersebut paling ramah anak dan memungkinkan beraktivitas luar ruangan dengan leluasa.

Jika hanya memiliki waktu berlibur yang singkat selama beberapa hari saja, pastikan untuk menghindari hari Senin. Kebanyakan tempat wisata, toko dan pertunjukan tutup saat Senin, kecuali hari libur nasional. Familygoers pasti tidak ingin melewatkan satu hari yang berharga di Nara dengan pilihan tempat wisata yang terbatas.

Jika familygoers berkunjung pada saat musim panas, pastikan familygoers membawa payung, topi, sunblock dan water spray karena di musim panas, Nara akan sangat terik. Sebaiknya hindari tempat wisata outdoor apabila membawa bayi dan batita.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card / wifi pocket Tokyo

Free wifi memang ada di mana-mana namun kadang tidak berguna. Terlalu banyak pengguna membuat koneksi free wifi ini sangat lambat dan sering kali terputus. Pilihan yang tepat agar selalu terhubung dengan internet adalah menggunakan pocket wifi yang bisa disewa atau membeli sim card. Di antara keduanya mana yang lebih menguntungkan ? Pocket wifi bisa digunakan bersama-sama untuk device apa saja selama jarak masih memungkinkan, sementara sim card hanya digunakan untuk individu. Jika destinasi tujuan hanya di kota-kota besar, maka koneksi SIM card lebih baik daripada pocket wifi, namun untuk di pedesaan atau tempat terpencil, pocket wifi lebih bisa diandalkan. Pocket wifi sangat mudah digunakan dan langsung bisa diakses begitu dinyalakan. Namun untuk sim card seringkali kita butuh bantuan orang lain untuk memasangkan sim card ke handphone. Di Jepang, baik untuk pocket wifi ataupun SIM card tidak membutuhkan kontrak atau registrasi data diri pengguna.

Salah satu pilihan simcard yang populer di Jepang adalah Docomo. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga sekitar 300.000 – 325.000 IDR dan prabayar Docomo 14 hari sekitar 600.000 IDR. Untuk pilihan sim card lainnya bisa dilihat di provider sim card di Jepang.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Nankai Kansai Airport Station.

Wifi pocket bisa disewa langsung di airport Jepang maupun disewa dari indonesia, bahkan ada yang bisa diantarkan ke domisili. Ada baiknya untuk pocket wifi ini familygoers melakukan reservasi terlebih dahulu apalagi saat permintaan meningkat, khususnya di musim high season.

Nilai tukar mata uang

Mata uang yang digunakan di Tokyo, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *