Kyoto with Kids

Kota ini dulunya adalah ibu kota Jepang. Kyoto dikenal sebagi kota yang memiliki pemandangan paling indah di Jepang dan dijuluki sebagai kota 10.000 kuil karena banyak sekali kuil-kuil tersebar hampir di seluruh kota. Beragam hal menyenangkan yang sederhana dapat dilakukan bersama anak-anak, seperti berjalan-jalan di taman yang cantik. Kebanyakan bangunan tua bersejarah memiliki taman di mana si kecil bisa bermain di antara bunga-bunga yang bermekaran.

Kyoto cocok untuk familygoers ingin menikmati waktu berlibur lebih santai dengan melakukan kegiatan sederhana seperti berjalan-jalan atau bersepeda di lingkungan alam. Soal keamanan dan kebersihan kota tidak perlu diragukan lagi.

Kental dengan tradisi, sejarah, dan festival yang berlangsung hampir di setiap tahunnya, pesona Kyoto memiliki keunikan tersendiri. Pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu tempat wisata yang akan dikunjungi karena banyak tempat memerlukan hiking ringan dan menanjak penuh anak tangga. Tentunya ini akan menyulitkan untuk anak-anak yang usia nya lebih kecil. Namun tak usah khawatir, pilihan tempat wisata ramah anak cukup banyak di kota ini.

Kyoto – Adventure/Theme Park

Tidak banyak taman bermain dan taman hiburan yang ada di Kyoto. Namun anak-anak akan senang berkunjung melihat salah satu kebun binatang tertua di Jepang atau memasuki studio film yang bertemakan Jepang di masa lampau dan dilengkapi berbagai wahana permainan yang menarik untuk dicoba.

Kyoto City Zoo
Toei Kyoto Studio Park



Kyoto – Arts & Culture/Museum

Kota yang paling terkenal dengan budayanya ini memiliki banyak kuil shinto dan kuil buddha indah yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Anak-anak akan senang melihat kuil-kuil ini karena hampir seluruhnya memiliki taman indah dengan berbagai bunga musiman yang  memenuhi area hijau. Anak-anak dapat menjelajah, bermain sambil melakukan wisata sejarah di dalam satu tempat yang sama.

Kyoto juga memiliki beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi anak-anak. Di Kyoto Internasional Manga Museum, si kecil bahkan dapat menikmati ribuan buku manga dan melakukan pengalaman tak terlupakan membaca di halaman rumput museum dengan gaya yang mereka inginkan.

Fushimi Inari Taisha
Kinkaku-ji (Golden Pavilion)
Kitano Tenman-gu Shrine / Kitano Jinja
Gekkeikan Okura Sake Museum
Shimogamo-jinja Shrine
National Museum of Modern Art Kyoto
Kyoto National Museum
The Museum of Kyoto
Kyoto Manga Museum
Kyoto Imperial Palace Park (Kyoto Gyoen)
Ryoan-ji Temple
Gion Corner
Taizo-in Temple
Nijo Castle
Kiyomizu Dera Temple
Tenryu-ji Temple
Kyoto Railway Museum



Kyoto – Nature

Menghadirkan pemandangan alam yang indah di taman kota maupun dataran tinggi, ada banyak tempat yang dapat familygoers kunjungi di Kyoto. Kegiatan sederhana seperti bersepeda atau sekedar berjalan-jalan di taman dan di tepian sungai yang cukup populer oleh wisatawan akan menjadi hal seru untuk dilakukan anak-anak. Menikmati keindahan empat musim yang ada di Jepang di mana semuanya menyimpan kenangan yang berbeda-beda bersama keluarga, akan mengisi waktu tak terlupakan liburan familygoers di Kyoto.

Kyoto Botanical Garden
Kameyama-koen Park
Arashiyama Monkey Park Iwatayama
Kamo-gawa Riverside
Kyoto Imperial Palace Park (Kyoto Gyoen)
Hozugawa-kudari
Arashiyama Bamboo Grove
Maruyama Park
Kyoto Gyoen



Kyoto – Food

Mencari makanan yang tepat dan aman untuk anak-anak tentu dapat menjadi hal yang menyusahkan terlebih di saat berlibur besama keluarga. Di Kyoto, familygoers tidak perlu khawatir. Hampir semua jajaran restoran ramah anak dan memiliki berbagai pilihan makanan yang cukup populer untuk anak-anak. Menikmati aneka macam street food di Nishiki Market juga menjadi hal yang harus dilakukan saat ada di Kyoto.

Eat Paradise Kyoto Station
Nishiki Warai
Shushi Sei
Nishiki Market
Ootoya Gohan-dokoro
Doutor Coffee
Kyoto Kitcho Arashiyama
Kyoto Ramen Koji
Ippudo Nishikikouji
Ganko Sanjo Honten



Kyoto – Shop

Membeli barang untuk oleh-oleh atau digunakan sendiri tentu sudah menjadi kegiatan yang harus dilakukan saat bepergian ke luar negeri. Kyoto siap memanjakan hasrat belanja familygoers. Shopping street yang wajib dikunjungi di kota ini adalah Shinkyogoku dan Teramachi dengan banyaknya kios-kios unik yang menjual benda-benda antik hingga fashion terbaru untuk dijelajahi.

Shinkyogoku Shopping Street
Kyoto Handicraft Center
Nishijin Textile Center
Daimaru Department Store
Teramachi Shopping Arcade
Nishiki Market



Kyoto – Transportasi

Kota Kyoto termasuk kota yang mudah sekali dieksplor oleh transportasi publik, baik itu kereta, subway, bus dan taksi. Familygoers bisa juga berjalan kaki atau naik sepeda mengingat situasi lalu lintas di sini sangat aman. Sistem transportasi publik di Kyoto adalah salah satu yang terbaik di dunia. Familygoers dapat mencapai tujuan dengan mudah dan cepat.

Mengingat banyaknya pilihan transportasi publik, familygoers perlu mengetahui jenis transportasi publik mana yang terbaik untuk mencapai lokasi yang diinginkan.

  • Kereta

Kyoto memiliki enam jalur kereta yang memungkinkan familygoers mengeksplorasi Kyoto. Beberapa di antara nya diperuntukkan sebagai kereta commuter antar Kyoto dengan kota-kota terdekat. Kereta adalah moda transportasi terbaik dari dan menuju Kyoto.

Sistem transportai Kyoto terdiri dari perusahaan kereta milik pemerintah JR Line dan beberapa jalur swasta. Meskipun ada beberapa tempat yang mungkin lebih nyaman ditempuh dengan bus atau subway, namun kereta tetap yang terbaik untuk mencapai Arashyiyama, Uji, Tofuku-ji dengan kereta dari Kyoto Station. Begitu juga jika familygoers ingin pergi ke kota terdekat, seperti Osaka, Otsu, Kobe dan Nara, kereta adalah pilihan tepat, apalagi jika familygoers memiliki JR Rail Pass.

Untuk rute kereta dan subway JR line bisa di-download di JR Pass Map

  • Subway

 

Kyoto memiliki dua subway lines yaitu Karasuma Subway Line dan TozaiSubway Line yang melayani wilayah dari Utara ke Selatan dan dari Barat ke Timur. Dua jalur kereta ini bersilangan di tengah kota Kyoto. Kereta ini mulai beroperasi pukul 05.30 sampai pukul 23.30. Kereta ini tidak banyak melayani dalam kota. Meskipun begitu, subway tetap paling mudah digunakan dibandingkan bus dan lebih murah daripada taksi.

  • Bus

Jalur bus di Kyoto sangatlah banyak. Ini yang seringkali membuat bingung familygoers. Dibandingkan dengan kereta dan subway, bus memang transportasi yang lebih jelimet, namun menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dilalui kereta.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menggunakan bus di Kyoto :

– masuk lewat pintu belakang bus

– gunakan koin untuk membayar biaya perjalan di kotak depan yang ada di sebelah sopin. Mesin ini bisa menuar uang koin 500 JPY dan uang kertas 1.000 JPY

– keluar melalui pintu depan bus

– ketika familygoers ingin turun, tekan tombol di tiang atau di langit-langit bus di dekat tempat duduk

– biaya perjalanan 220 JPY atau sekitar 28.000 IDR/dewasa dan 110 JPY atau sekitar 14.000 IDR/anak usia 6-12 tahun. Anak di bawah 6 tahun gratis.

– Untuk tujuan di luar pusat kota, ambil Seiriken (tiket kecil bernomer dari mesin di dekat pintu sewaktu naik). GUnakan nomer tiket untuk menghitung biaya perjalanan. Masukkan tiket ke dalam fare box beserta ongkos nya.

– Beberapa halte bus memiliki penunjuk jika ada bus yang akan berhenti. Setiap halte memiliki jadwal keberangkatan bus yang ditulis dalam bahas Jepang dengan angka-angka latin dan rute dalam Bahasa Inggris. Familygoers tetap bisa membaca. Jadwal bus biasanya dibuat untuk weekdays ( 平日 ), sabtu ( 土曜日 ), minggu / hari libur ( 日曜日 / 祝祭日).

– Perhatikan warna bus ketika familygoers naik. Bus Kyoto berwarna hijau, Bus Keihan berwarna merah dan putih, sementara bus Kyoto yng melayani wilayah utara kota berwarna coklat.

  • Taxi

Taxi merupakan pilihan transportasi yang paling mudah terlebih saat berlibur bersama anak-anak, namun pastinya paling mahal. Gunakanlah taksi dengan bijak, misalnya jika jarak tidak terlalu jauh dengan barang bawaan terlalu banyak, sehingga cukup merepotkan jika naik kendaraan umum. Kyoto memiliki banyak pilihan perusahaan taksi yang tersebar hampir di seluruh sudut kota. Terdapat 3 ukuran yaitu kecil (kogata), medium (chugata) dan besar (ogata) dengan tarif berbeda-beda. Familygoers dapat memilih taksi yang pas sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Tarif dasar yang biasa dimiliki taksi kecil di Kyoto berkisar antara 600 JPY atau sekitar 77.000 IDR untuk tarif menit pertama dan 2.000 JPY atau sekitar 255.000 IDR untuk setiap 15 menit selanjutnya.

  • Sewa Mobil

Untuk menyewa mobil di Jepang, familygoers perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dimiliki sepeerti  international driver’s license yang berlaku dan SIM dari negara asal yang sudah berumur minimal 3 bulan. Ada banyak tempat penyewaan mobil terpercaya disekitar Kyoto Station seperti kantor penyewaan mobil Toyota, Nippon, Nissan, dan Orix. Informasi mengenai perusahaan-perusahaan besar yang menyediakan penyewaan mobil dapat familygoers lihat melalui website resmi perusahaan.

Memiliki area parkir cukup terbatas dengan tarif parkir yang mahal dan lalu lintas yang sulit, familygoers dapat memilih moda transportasi ini hanya jika ingin menjelajahi daerah-daerah pedesaan yang tidak dapat dicapai kereta atau bis di Kyoto. Tarif menyewa mobil berkisar sekitar 8.000 JPY atau sekitar 1.100.000 untuk 24 jam peminjaman dengan harga bensin sekitar 130 JPY atau sekitar 16.700 IDR / liter.

Kartu Transportasi

Familygoers bisa menghemat banyak jika menggunakan kartu transportasi ini. Karena penggunaan JR Pass di dalam Kyoto terbatas. sebaiknya familygoers mengaktifkan JR Pass ketika meninggalkan Kyoto jika berniat ingin menggunakan JR Pass. Familygoers bisa membeli kartu transportasi ini di pusat informasi Kyoto Bus di depan Kyoto Station.

Kyoto bus only passes (city bus all-day pass)

– Dewasa : 500 JPY atau sekitar 64.000 IDR, Anak-anak : 250 JPY atau sekitar 32.000 IDR

– kartu ini bisa digunakan di dalam zona kota (arashiyama, sagano, takao, shugakui termasuk daerah di luar zona. Untuk itu diperlukan tambahan biaya)

– pemakaian tidak terbatas pada hari yang sama

Kyoto Bus dan Subway Pass

Kyoto sightseeing one and two days pass card

– all-day pass : 1.200 JPY atau sekitar 153.000 IDR / dewasa, 600 JPY atau sekitar 77.000 IDR / anak

– Two-day pass : 2.000 JPY atau sekitar 255.000 IDR / dewasa, 1.000 JPY atau sekitar 128.000 IDR / anak

– Pemakaian tidak terbatas untuk bus dan subway di Kyoto selama satu atau dua hari.

Surutto Kansai Miyako Card

– 1.000 JPY (128.000 IDR), 2.000 JPY (255.000 IDR), 3.000 JPY (383.000 IDR) atau 5.000 JPY (638.000 IDR)

– dapat digunakan di bus dan subway lines, Hankyu line dan Keihan Line juga perusahaan subway swasta yang lain

– setiap biaya perjalanan dipotong dari saldo yang ada di dalam kartu

Traffica Kyoto Card

– 1.000 JPY (128.000 IDR) atau 3.000 JPY (383.000 IDR)

– dapat digunakan di subway dan bus dalam kota Kyoto

– setiap biaya perjalanan dipotong dari saldo yang ada di dalam kartu




Kyoto – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Kyoto ?

Memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin, semuanya menghadirkan keindahan kota Kyoto yang cantik untuk didatangi. Banyaknya tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke banyak tempat di semua musim dan di berbagai cuaca. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada 2 musim tersebut paling ramah anak dan memungkinkan aktifitas luar ruangan dengan leluasa.

Jika hanya memiliki waktu berlibur singkat selama beberapa hari saja, pastikan untuk menghindari hari Senin. Kebanyakan tempat wisata, toko dan pertunjukan tutup saat Senin, kecuali hari libur nasional. Familygoers pasti tidak ingin melewatkan satu hari yang berharga di Kyoto dengan pilihan tempat wisata yang terbatas.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card Kyoto

Meskipun hampir semua tempat dan restaurant di Jepang memiliki Wi-Fi gratis yang dapat digunakan, untuk memudahkan familygoers dalam berkomunikasi dan mengakses internet, sim card Kyoto dapat dibeli dengan  harga cukup terjangkau. Dikenal dengan sim Docomo, kartu ini punya paket yang pas untuk wisatawan. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga 3.218 JPY atau sekitar 416.500 IDR dan prabayar Docomo 14 hari dengan harga 3.780 yen atau sekitar 490.000 IDR. Kartu ini hanya dapat digunakan untuk mengkses internet dan tidak bisa digunakan untuk telepon atau sms.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Kyoto Station.

Nilai tukar mata uang

Mata uang yang digunakan di Kyoto, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8




Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kyoto with Kids

Kota ini dulunya adalah ibu kota Jepang. Kyoto dikenal sebagi kota yang memiliki pemandangan paling indah di Jepang dan dijuluki sebagai kota 10.000 kuil karena banyak sekali kuil-kuil tersebar hampir di seluruh kota. Beragam hal menyenangkan yang sederhana dapat dilakukan bersama anak-anak, seperti berjalan-jalan di taman yang cantik. Kebanyakan bangunan tua bersejarah memiliki taman di mana si kecil bisa bermain di antara bunga-bunga yang bermekaran.

Kyoto cocok untuk familygoers ingin menikmati waktu berlibur lebih santai dengan melakukan kegiatan sederhana seperti berjalan-jalan atau bersepeda di lingkungan alam. Soal keamanan dan kebersihan kota tidak perlu diragukan lagi.

Kental dengan tradisi, sejarah, dan festival yang berlangsung hampir di setiap tahunnya, pesona Kyoto memiliki keunikan tersendiri. Pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu tempat wisata yang akan dikunjungi karena banyak tempat memerlukan hiking ringan dan menanjak penuh anak tangga. Tentunya ini akan menyulitkan untuk anak-anak yang usia nya lebih kecil. Namun tak usah khawatir, pilihan tempat wisata ramah anak cukup banyak di kota ini.

Kyoto – Adventure/Theme Park

Tidak banyak taman bermain dan taman hiburan yang ada di Kyoto. Namun anak-anak akan senang berkunjung melihat salah satu kebun binatang tertua di Jepang atau memasuki studio film yang bertemakan Jepang di masa lampau dan dilengkapi berbagai wahana permainan yang menarik untuk dicoba.

Kyoto City Zoo
Toei Kyoto Studio Park

Kyoto – Arts & Culture/Museum

Kota yang paling terkenal dengan budayanya ini memiliki banyak kuil shinto dan kuil buddha indah yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Anak-anak akan senang melihat kuil-kuil ini karena hampir seluruhnya memiliki taman indah dengan berbagai bunga musiman yang  memenuhi area hijau. Anak-anak dapat menjelajah, bermain sambil melakukan wisata sejarah di dalam satu tempat yang sama.

Kyoto juga memiliki beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi anak-anak. Di Kyoto Internasional Manga Museum, si kecil bahkan dapat menikmati ribuan buku manga dan melakukan pengalaman tak terlupakan membaca di halaman rumput museum dengan gaya yang mereka inginkan.

Fushimi Inari Taisha
Kinkaku-ji (Golden Pavilion)
Kitano Tenman-gu Shrine / Kitano Jinja
Gekkeikan Okura Sake Museum
Shimogamo-jinja Shrine
National Museum of Modern Art Kyoto
Kyoto National Museum
The Museum of Kyoto
Kyoto Manga Museum
Kyoto Imperial Palace Park (Kyoto Gyoen)
Ryoan-ji Temple
Gion Corner
Taizo-in Temple
Nijo Castle
Kiyomizu Dera Temple
Tenryu-ji Temple
Kyoto Railway Museum

Kyoto – Nature

Menghadirkan pemandangan alam yang indah di taman kota maupun dataran tinggi, ada banyak tempat yang dapat familygoers kunjungi di Kyoto. Kegiatan sederhana seperti bersepeda atau sekedar berjalan-jalan di taman dan di tepian sungai yang cukup populer oleh wisatawan akan menjadi hal seru untuk dilakukan anak-anak. Menikmati keindahan empat musim yang ada di Jepang di mana semuanya menyimpan kenangan yang berbeda-beda bersama keluarga, akan mengisi waktu tak terlupakan liburan familygoers di Kyoto.

Kyoto Botanical Garden
Kameyama-koen Park
Arashiyama Monkey Park Iwatayama
Kamo-gawa Riverside
Kyoto Imperial Palace Park (Kyoto Gyoen)
Hozugawa-kudari
Arashiyama Bamboo Grove
Maruyama Park
Kyoto Gyoen

Kyoto – Food

Mencari makanan yang tepat dan aman untuk anak-anak tentu dapat menjadi hal yang menyusahkan terlebih di saat berlibur besama keluarga. Di Kyoto, familygoers tidak perlu khawatir. Hampir semua jajaran restoran ramah anak dan memiliki berbagai pilihan makanan yang cukup populer untuk anak-anak. Menikmati aneka macam street food di Nishiki Market juga menjadi hal yang harus dilakukan saat ada di Kyoto.

Eat Paradise Kyoto Station
Nishiki Warai
Shushi Sei
Nishiki Market
Ootoya Gohan-dokoro
Doutor Coffee
Kyoto Kitcho Arashiyama
Kyoto Ramen Koji
Ippudo Nishikikouji
Ganko Sanjo Honten

Kyoto – Shop

Membeli barang untuk oleh-oleh atau digunakan sendiri tentu sudah menjadi kegiatan yang harus dilakukan saat bepergian ke luar negeri. Kyoto siap memanjakan hasrat belanja familygoers. Shopping street yang wajib dikunjungi di kota ini adalah Shinkyogoku dan Teramachi dengan banyaknya kios-kios unik yang menjual benda-benda antik hingga fashion terbaru untuk dijelajahi.

Shinkyogoku Shopping Street
Kyoto Handicraft Center
Nishijin Textile Center
Daimaru Department Store
Teramachi Shopping Arcade
Nishiki Market

Kyoto – Transportasi

Kota Kyoto termasuk kota yang mudah sekali dieksplor oleh transportasi publik, baik itu kereta, subway, bus dan taksi. Familygoers bisa juga berjalan kaki atau naik sepeda mengingat situasi lalu lintas di sini sangat aman. Sistem transportasi publik di Kyoto adalah salah satu yang terbaik di dunia. Familygoers dapat mencapai tujuan dengan mudah dan cepat.

Mengingat banyaknya pilihan transportasi publik, familygoers perlu mengetahui jenis transportasi publik mana yang terbaik untuk mencapai lokasi yang diinginkan.

  • Kereta

Kyoto memiliki enam jalur kereta yang memungkinkan familygoers mengeksplorasi Kyoto. Beberapa di antara nya diperuntukkan sebagai kereta commuter antar Kyoto dengan kota-kota terdekat. Kereta adalah moda transportasi terbaik dari dan menuju Kyoto.

Sistem transportai Kyoto terdiri dari perusahaan kereta milik pemerintah JR Line dan beberapa jalur swasta. Meskipun ada beberapa tempat yang mungkin lebih nyaman ditempuh dengan bus atau subway, namun kereta tetap yang terbaik untuk mencapai Arashyiyama, Uji, Tofuku-ji dengan kereta dari Kyoto Station. Begitu juga jika familygoers ingin pergi ke kota terdekat, seperti Osaka, Otsu, Kobe dan Nara, kereta adalah pilihan tepat, apalagi jika familygoers memiliki JR Rail Pass.

Untuk rute kereta dan subway JR line bisa di-download di JR Pass Map

  • Subway

 

Kyoto memiliki dua subway lines yaitu Karasuma Subway Line dan TozaiSubway Line yang melayani wilayah dari Utara ke Selatan dan dari Barat ke Timur. Dua jalur kereta ini bersilangan di tengah kota Kyoto. Kereta ini mulai beroperasi pukul 05.30 sampai pukul 23.30. Kereta ini tidak banyak melayani dalam kota. Meskipun begitu, subway tetap paling mudah digunakan dibandingkan bus dan lebih murah daripada taksi.

  • Bus

Jalur bus di Kyoto sangatlah banyak. Ini yang seringkali membuat bingung familygoers. Dibandingkan dengan kereta dan subway, bus memang transportasi yang lebih jelimet, namun menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dilalui kereta.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menggunakan bus di Kyoto :

– masuk lewat pintu belakang bus

– gunakan koin untuk membayar biaya perjalan di kotak depan yang ada di sebelah sopin. Mesin ini bisa menuar uang koin 500 JPY dan uang kertas 1.000 JPY

– keluar melalui pintu depan bus

– ketika familygoers ingin turun, tekan tombol di tiang atau di langit-langit bus di dekat tempat duduk

– biaya perjalanan 220 JPY atau sekitar 28.000 IDR/dewasa dan 110 JPY atau sekitar 14.000 IDR/anak usia 6-12 tahun. Anak di bawah 6 tahun gratis.

– Untuk tujuan di luar pusat kota, ambil Seiriken (tiket kecil bernomer dari mesin di dekat pintu sewaktu naik). GUnakan nomer tiket untuk menghitung biaya perjalanan. Masukkan tiket ke dalam fare box beserta ongkos nya.

– Beberapa halte bus memiliki penunjuk jika ada bus yang akan berhenti. Setiap halte memiliki jadwal keberangkatan bus yang ditulis dalam bahas Jepang dengan angka-angka latin dan rute dalam Bahasa Inggris. Familygoers tetap bisa membaca. Jadwal bus biasanya dibuat untuk weekdays ( 平日 ), sabtu ( 土曜日 ), minggu / hari libur ( 日曜日 / 祝祭日).

– Perhatikan warna bus ketika familygoers naik. Bus Kyoto berwarna hijau, Bus Keihan berwarna merah dan putih, sementara bus Kyoto yng melayani wilayah utara kota berwarna coklat.

  • Taxi

Taxi merupakan pilihan transportasi yang paling mudah terlebih saat berlibur bersama anak-anak, namun pastinya paling mahal. Gunakanlah taksi dengan bijak, misalnya jika jarak tidak terlalu jauh dengan barang bawaan terlalu banyak, sehingga cukup merepotkan jika naik kendaraan umum. Kyoto memiliki banyak pilihan perusahaan taksi yang tersebar hampir di seluruh sudut kota. Terdapat 3 ukuran yaitu kecil (kogata), medium (chugata) dan besar (ogata) dengan tarif berbeda-beda. Familygoers dapat memilih taksi yang pas sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Tarif dasar yang biasa dimiliki taksi kecil di Kyoto berkisar antara 600 JPY atau sekitar 77.000 IDR untuk tarif menit pertama dan 2.000 JPY atau sekitar 255.000 IDR untuk setiap 15 menit selanjutnya.

  • Sewa Mobil

Untuk menyewa mobil di Jepang, familygoers perlu memperhatikan beberapa persyaratan yang harus dimiliki sepeerti  international driver’s license yang berlaku dan SIM dari negara asal yang sudah berumur minimal 3 bulan. Ada banyak tempat penyewaan mobil terpercaya disekitar Kyoto Station seperti kantor penyewaan mobil Toyota, Nippon, Nissan, dan Orix. Informasi mengenai perusahaan-perusahaan besar yang menyediakan penyewaan mobil dapat familygoers lihat melalui website resmi perusahaan.

Memiliki area parkir cukup terbatas dengan tarif parkir yang mahal dan lalu lintas yang sulit, familygoers dapat memilih moda transportasi ini hanya jika ingin menjelajahi daerah-daerah pedesaan yang tidak dapat dicapai kereta atau bis di Kyoto. Tarif menyewa mobil berkisar sekitar 8.000 JPY atau sekitar 1.100.000 untuk 24 jam peminjaman dengan harga bensin sekitar 130 JPY atau sekitar 16.700 IDR / liter.

Kartu Transportasi

Familygoers bisa menghemat banyak jika menggunakan kartu transportasi ini. Karena penggunaan JR Pass di dalam Kyoto terbatas. sebaiknya familygoers mengaktifkan JR Pass ketika meninggalkan Kyoto jika berniat ingin menggunakan JR Pass. Familygoers bisa membeli kartu transportasi ini di pusat informasi Kyoto Bus di depan Kyoto Station.

Kyoto bus only passes (city bus all-day pass)

– Dewasa : 500 JPY atau sekitar 64.000 IDR, Anak-anak : 250 JPY atau sekitar 32.000 IDR

– kartu ini bisa digunakan di dalam zona kota (arashiyama, sagano, takao, shugakui termasuk daerah di luar zona. Untuk itu diperlukan tambahan biaya)

– pemakaian tidak terbatas pada hari yang sama

Kyoto Bus dan Subway Pass

Kyoto sightseeing one and two days pass card

– all-day pass : 1.200 JPY atau sekitar 153.000 IDR / dewasa, 600 JPY atau sekitar 77.000 IDR / anak

– Two-day pass : 2.000 JPY atau sekitar 255.000 IDR / dewasa, 1.000 JPY atau sekitar 128.000 IDR / anak

– Pemakaian tidak terbatas untuk bus dan subway di Kyoto selama satu atau dua hari.

Surutto Kansai Miyako Card

– 1.000 JPY (128.000 IDR), 2.000 JPY (255.000 IDR), 3.000 JPY (383.000 IDR) atau 5.000 JPY (638.000 IDR)

– dapat digunakan di bus dan subway lines, Hankyu line dan Keihan Line juga perusahaan subway swasta yang lain

– setiap biaya perjalanan dipotong dari saldo yang ada di dalam kartu

Traffica Kyoto Card

– 1.000 JPY (128.000 IDR) atau 3.000 JPY (383.000 IDR)

– dapat digunakan di subway dan bus dalam kota Kyoto

– setiap biaya perjalanan dipotong dari saldo yang ada di dalam kartu


Kyoto – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Kyoto ?

Memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin, semuanya menghadirkan keindahan kota Kyoto yang cantik untuk didatangi. Banyaknya tempat wisata di dalam ruangan juga memungkinkan familygoers berkunjung ke banyak tempat di semua musim dan di berbagai cuaca. Saat terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yaitu di musim semi pada April dan Mei, atau di musim gugur pada bulan September dan Oktober karena udara pada 2 musim tersebut paling ramah anak dan memungkinkan aktifitas luar ruangan dengan leluasa.

Jika hanya memiliki waktu berlibur singkat selama beberapa hari saja, pastikan untuk menghindari hari Senin. Kebanyakan tempat wisata, toko dan pertunjukan tutup saat Senin, kecuali hari libur nasional. Familygoers pasti tidak ingin melewatkan satu hari yang berharga di Kyoto dengan pilihan tempat wisata yang terbatas.

Visa

Mulai tanggal 15 September 2017, proses pengajuan maupun pengambilan visa dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI). Kedubes Jepang tidak menerima lagi aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi visa registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa diajukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, penerbitan visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan.

Waktu pengajuan aplikasi visa di JVAC dilaksanakan selama delapan jam, dari pukul 09.00-17.00 WIB dan waktu pengambilan visa di JVAC dilaksanakan selama lima jam, antara pukul 10.00-15.00 WIB. JVAC tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Kedutaan (hari libur nasional). Biaya logistik untuk aplikasi visa Jepang dan Registrasi Bebas Visa e-paspor di JVAC dikenakan biaya per paspor. Dengan biaya Rp 155.000 untuk aplikasi visa, dan Rp 115.000 untuk registrasi bebas visa e-paspor. Bebas visa (visa waiver) ini hanya berlaku untuk pemilik e-passpor, sementara bagi pemilik visa biasa, mengajukan visa normal.

Sim card Kyoto

Meskipun hampir semua tempat dan restaurant di Jepang memiliki Wi-Fi gratis yang dapat digunakan, untuk memudahkan familygoers dalam berkomunikasi dan mengakses internet, sim card Kyoto dapat dibeli dengan  harga cukup terjangkau. Dikenal dengan sim Docomo, kartu ini punya paket yang pas untuk wisatawan. Docomo dapat dibeli dengan sistem masa aktif yaitu prabayar Docomo 7 hari dengan harga 3.218 JPY atau sekitar 416.500 IDR dan prabayar Docomo 14 hari dengan harga 3.780 yen atau sekitar 490.000 IDR. Kartu ini hanya dapat digunakan untuk mengkses internet dan tidak bisa digunakan untuk telepon atau sms.

Sim card bisa dibeli di counter Xcom Global yang ada di Kyoto Station.

Nilai tukar mata uang

Mata uang yang digunakan di Kyoto, Jepang adalah Yen (¥ atau JPY)

1 USD = sekitar 112.50 JPY

1 JPY = sekitar IDR 119,8


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *