Istanbul with Kids

Istanbul  merupakan salah satu kota terpopuler di Turki, yang menjadi pusat perekonomian, budaya, dan sejarah. Kota ini istimewa karena letaknya berada di dua benua, Asia dan Eropa.  Adalah Selat Bosphoros yang memisahkan Istanbul berada di Asia dan Eropa. Kota ini  menjadi  tempat tujuan wisata terbaik di dunia pada tahun 2014 versi   Travellers Choice Destinations.

Kota Istanbul juga merupakan  simbol perjalanan sejarah umat Islam dan  Kristen. Kota ini pernah berada di bawah kekuasaan Islam dan Kristen di bawah kekuasaan  Dinasti Ottoman dan Bizantium (Romawi Timur). Sejarah itulah yang membuat kota ini menjadi surga museum, yang di antaranya ada museum yang bekas istana atau tempat beribadah.

Di kota ini familygoers bisa menyaksikan  bangunan berarsitektur berusia ratusan tahun dan  peradaban lama  seperti saluran air Romawi, gereja-gereja Bizantium, menara Venezia, Istana Ottoman, bangunan pusat perbelanjaan modern juga menjadi pesona yang tidak boleh dilewatkan dari Istanbul.

Kuliner Turki yang rasanya cukup familiar dan bisa diterima Indonesia seperti  kebab, aneka macam roti, olahan daging domba, baklava, es krim, piza, dan banyak lagi  bisa familygoers coba juga.

Foto: Pixabay

 

 

Istanbul – Arts & Culture/Museum

Istanbul merupakan surga museum  yang memiliki total 72 museum yang tersebar di seluruh kota. Museum-museum tersebut  ada yang bekas istana  dan rumah ibadah yang dibangun berabad-abad Islam. Arsitektur yang megah, benda-benda seni peninggalan masa silam yang menceritakan sejarah masyarakat Turki bisa familygoers saksikan di Istanbul.  Di kota ini terdapat  masjid  yang sangat terkenal  Blue Mosque, menara  66,9 meter yang dibangun di abad ke-14, dan tempat  unik lain yang menarik untuk disinggahi bersama anak.

 

Beylerbeyi Palace
Yıldız Palace Museum
Istanbul Museum of the History of Science and Technology in Islam
Museum of Turkish and Islamic Arts
Istanbul Museum of Modern Art
The Ancient Orient Museum
Tiled Kiosk Museum
Istanbul Archeology Museums
Sulaymaniyah Great Mosque
Sultan Ahmed Mosque
Sultanahmet Square
Madame Tussauds Istanbul
Galata Tower
Dolmabahçe Palace
Basilica Cistern
Fethiye Museum
The Museum of Great Palace Mosaics
Kariye Museum
Hagia Sophia
Istanbul – Arts & Culture/Museum



Istanbul – Adventure/Theme Park

Di Istanbul ada banyak  pilihan area bermain anak yang sesuai dengan usia dan keinginan anak. Cobalah berkeliling dan menikmati hari yang seru   di LEGO playground. Jika ingin menikmati hal lebih menantang bisa  mencoba   outbound di luar ruangan yang memacu adrnalin dan melatih kelincahan,   Setelahnya ajak kidgoers  menghabiskan malam yang menyenangkan di taman hiburan kota dengan permainan klasik seperti  komidi putar dan bianglala, yang menjadi salah satu tempat untuk menikmati kota dari atas ketinggian.

Bostancı Lunapark
Jungle Istanbul
Xtrem Aventures İstanbul
Isfanbul Theme Park
Sea Life İstanbul
Moipark
LEGOLAND Discovery Centre



Istanbul – Food

Siap-siap  dibuat sibuk dengan banyaknya pilihan makanan lokal lezat yang menarik untuk dicoba. Semuanya kaya rasa dengan ciri khas bumbu rempah-rempah  yang menjadi ikon dari makanan Turki. Cobalah  kebab otentik yang mendunia  di tempat asalnya dan  daging domba yang diolah aneka ragam atau mencoba makanan yang disajikan untuk sultan dan keluarga kerajaan pada masa Ottoman dapat menjadi pengalaman menarik saat berlibur di Istanbul.  Belum lagi kue khas setempat seperti  aneka rasa dan bentuk baklava yang manis gurih juga kue-kue manis yang memanjakan lidah.  Anak-anak dijamin bisa menikmatinya.

Midye Dolma
Künefe
Lahmacun
Lokum
Dondurma (Turkish Ice Cream)
Baklava
Şehzade Cağ Kebap
Deraliye Ottoman Cuisine
Simit
Köfte
Lades Menemen
Menemen
Beyti Restaurant
House of Medusa Restaurant
Kumkapi Tiryakii
TurguT Kebap Restaurant
Ozi Pizza and Pasta
Old Ottoman Cafe & Restaurant



Istanbul – Nature

Kota ini memiliki taman dan hutan kota yang luas, bersih, memiliki area bermain anak,  dan fasilitas olahraga lengkap.  Bahkan ada taman bersejarah yang awalnya adalah halaman istana tempat sultan tinggal.  Taman-taman tersebut umumnya bisa dikunjungi di setiap musim dengan pemandangan yang berbeda-beda. Pohon tinggal ranting di musim dingin, aneka bunga mekar di musim semi, dedaunan berubah warna kuning dan kecoklatkan di musim gugur, dan daun-daun hijau di musim panas.  Area rumput hijau  biasanya dijadikan tempat menggelar piknik, makan bersama keluarga,  saat cuacana sedang bagus.  Datang di bulan April, familygoers bisa menikmati jutaan bunga tulip sedang mekar di taman-taman di  Istanbul. Semua taman gratis dikunjungi!

 

Gülhane Park
Emirgan Park
Yıldız Park
Göztepe Park
Taksim Gezi Park
Belgrad Forest
Atatürk Arboretum
Maçka Park



Istanbul – Shop

Istanbul boleh dibilang tempat yang menyenangkan untuk belanja. Terdapat pusat perbelanjaan modern yang megah dengan brand internasional dan lokal, yang menyediakan restoran, cafe dan juga area bermaian anak yang menyenangkan.  Selain itu terdapat juga pusat perbelanjaan tua yang sangat terkenal, yaitu  Mısır Çarşısı dan Grand Bazaar yang menjadi ikon pasar indoor tertua dan terbesar di dunia. Di kedua tempat ini pengunjung bisa merasakan suasana lokal saat jalan-jalan atau berbelanja dengan harga sesuai karena bisa ditawar. Beragam barang seperti karpet, permen, pasmina, rempah-rempah khas setempat bisa dibeli di kedua pasar tua ini.

Forum Istanbul
Zorlu Center
Kanyon
Istanbul Cevahir
Spice Bazaar (Mısır Çarşısı)
Mall Of Istanbul
Istinye Park Shopping Center
Grand Bazaar



Istanbul – Info Praktis

Kapan Saat Tepat ke Istanbul ?

Istanbul memiliki empat musim; Musim dingin (Desember-Februari), musim semi  (Maret-Mei), musim panas (Juni-Agustus) dan musim gugur  (September-November). Setiap musim menawarkan keindahan yang berbeda-beda.  Namun akhir musim semi  dan awal musim gugur adalah waktu terbaik mengunjungi Istanbul. Saat itu  cuaca tidak terlalu panas atau dingin,  pas untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.  Di musim semi,  familygoers juga bisa menikmati Festival Tulip yang berlangsung  di  taman-taman kota.

Visa

Warga Indonesia perlu  mengurus visa untuk berlibur di Istanbul, Turki. Ada 2 pilihan yang bisa dilakukan, yaitu Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa. Untuk   e-Visa   klik  www.evisa.gov.tr/en  untuk mengisi data dan membayar 25 USD. Setelah itu visa akan dikirim voa email.  Visa tinggal  diprint. Sedangkan  Visa on Arrival (VOA), bisa diurus langsung di bandara dengan membayar 35 USD secara tunai. Baik VoA atau e-Visa semua berlaku sampai 30 hari.

Sim Card Istanbul

Wi-Fi tersedia gratis di tempat  seperti  bandara, restoran, cafe, dan hotel tempat menginap. Namun jika ingin terhubung setiap saat familygoers perlu membeli kartu telepon prabayar. Ada 3 perusahaan jaringan yang ada di Turi yaitu Turkcell, Vodafone, dan  Türk Telekom. Salah satu perusahaan paling besar dengan jaringan terluas yang ramah untuk turis yaitu Turkcell. Kios resmi dari setiap perusahaan yang menjual Sim Card bisa ditemukan  di bandara. Pendaftaran Sim Card bisa dilakukan oleh petugas dengan mengisi data-data yang ada di paspor.

Sim Card bisa didapat secara gratis dengan membei paket internet dengan harga TL 185 (sekitar IDR 475.000) untuk 8GB (termasuk 500 menit telepon dan 1000 sms), TL 250 (sekitar IDR 640.000) untuk 12GB (termasuk 30 menit telepon internasional dan 300 menit telepon lokal), TL 280 (sekitar IDR 716.000) untuk 15GB, dan TL 390 (sekitar IDR 742.000) untuk 50GB.

Nilai tukar mata uang Istanbul

Mata uang yang digunakan di Istanbul, Turki adalah Turkish Lira ( atau TL)

1 USD = sekitar 5.56 TL

1 TL = sekitar IDR 2.559

Istanbul – Info Praktis



Istanbul – Transportasi

Istanbul memiliki pilihan transportasi umum yang  cukup beragam,  bus, minibus, metrobus, subway, tram, hingga ferry yang rutenya lengkap dan dapat menjangkau semua tempat wisata. Untuk memudahkan pembayaran, familygoers bisa membeli kartu perjalanan ‘Istanbul Card’ di banyak IETT Counters  yang dapat digunakan di semua moda transportasi dengan biaya pembuatan kartu sekitar TL 6.00 (atau sekitar IDR 15.000).

  • Taxi

Taxi selalu menjadi pilihan mudah dan nyaman untuk keliling kota terlebih bila bersama dengan anak yang masih kecil. Namun karena kemacetan kerap terjadi di Istanbul sebaiknya  menggunakan taksi  saat darurat saja.  Taxi  di Istanbul menggunakan argo dengan tarif minimal sekitar TL 4.00 (atau sekitar IDR 10.000), TL 4.00 untuk tiap 1 km, dan TL 23.00 (atau sekitar IDR 57.000) untuk tarif menunggu selama 1 jam.

  • Bus/Metro Bus

Bus merupakan salah satu moda transportasi umum paling populer dan  dapat menjangkau bayak tempat di Istanbul. Rute yang tersedia banyak, dengan2 jenis bus yaitu bus yang dijalankan perusahaan swasta dan bus kota IETT. Bus kota IETT dapat dengan mudah dikenali dari warannya,  merah dan biru, hijau, juga bus tingkat berwarna merah. Sedangkan  metrobus, sama dengan bus trans di Indonesia, memiliki jalur sendiri sehingga terbebas dari padatnya lalu lintas dan menghemat banyak waktu.  Selalu pastikan naik bus yang benar karena  rute yang tersedia cukup banyak.  Bus beroprasi dari pukul 06.00-22.00 dan 24 jam untuk beberapa jalur bus.

  • Metro

Metro yang ada di Istanbul memiliki 2 jalur. Ada juga sistem funicular yang terhubung dengan ferries untuk menyebrangi beberapa tempat yang ada di Istanbul. Untuk melihat jalur metro yang ada di Istanbul, familygoers bisa melihat di sini.

  • Ferry

Memiliki 2 daerah daratan yang berada di Benua Eropa dan Asia, berpindah satu daerah ke daerah lainnya dapat dengan mudah dilakukan menggunakan ferry. Ini adalah transportasi laut populer yang bebas macet dan menawarkan keindahan pemandangan selat Bosphorus.

  • Dolmuş

Dikenal juga dengan shared taxi, dolmuş adalah tranpotasi populer yang banyak digunakan di Istanbul. Menampung kapasitas 8 orang, taxi berbentuk mini van berwarna kuning ini dapat menjadi pilihan  jika  ingin pergi ke satu tempat dengan cepat dan murah. Harganya lebih murah dari taxi dan sedikit lebih mahal dari bus. Familygoers dapat dengan mudah menemukan dolmuş di dolmuş stop yang berada di jalan  besar dan pusat keramaian. Rutenya cukup lengkap dan menjangkau tempat-tempat wisata.

  • Tram

Tram dapat menjadi pilihan mudah untuk familygoers yang ingin berkeliling kota. Ada 24 stasiun dengan banyak pemberhentain di tempat-tempat wisata dan pusat keramaian di Istanbul. Familygoers juga bisa menggunakan Tram sebelum berpindah menggunakan Metro untuk menuju bandara.

  • Sea Taxi

Transportasi unik yang beroprasi 24 jam/hari dengan kapasitas 10 orang untuk perjalanan laut. Ada 20 pelabuhan untuk pemberhentian Sea Taxi. Tarifnya begantung waktu dan tempat atau asal tujuan.

Istanbul – Transportasi



Related Links


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Istanbul with Kids

Istanbul  merupakan salah satu kota terpopuler di Turki, yang menjadi pusat perekonomian, budaya, dan sejarah. Kota ini istimewa karena letaknya berada di dua benua, Asia dan Eropa.  Adalah Selat Bosphoros yang memisahkan Istanbul berada di Asia dan Eropa. Kota ini  menjadi  tempat tujuan wisata terbaik di dunia pada tahun 2014 versi   Travellers Choice Destinations.

Kota Istanbul juga merupakan  simbol perjalanan sejarah umat Islam dan  Kristen. Kota ini pernah berada di bawah kekuasaan Islam dan Kristen di bawah kekuasaan  Dinasti Ottoman dan Bizantium (Romawi Timur). Sejarah itulah yang membuat kota ini menjadi surga museum, yang di antaranya ada museum yang bekas istana atau tempat beribadah.

Di kota ini familygoers bisa menyaksikan  bangunan berarsitektur berusia ratusan tahun dan  peradaban lama  seperti saluran air Romawi, gereja-gereja Bizantium, menara Venezia, Istana Ottoman, bangunan pusat perbelanjaan modern juga menjadi pesona yang tidak boleh dilewatkan dari Istanbul.

Kuliner Turki yang rasanya cukup familiar dan bisa diterima Indonesia seperti  kebab, aneka macam roti, olahan daging domba, baklava, es krim, piza, dan banyak lagi  bisa familygoers coba juga.

Foto: Pixabay

 

 

Istanbul – Arts & Culture/Museum

Istanbul merupakan surga museum  yang memiliki total 72 museum yang tersebar di seluruh kota. Museum-museum tersebut  ada yang bekas istana  dan rumah ibadah yang dibangun berabad-abad Islam. Arsitektur yang megah, benda-benda seni peninggalan masa silam yang menceritakan sejarah masyarakat Turki bisa familygoers saksikan di Istanbul.  Di kota ini terdapat  masjid  yang sangat terkenal  Blue Mosque, menara  66,9 meter yang dibangun di abad ke-14, dan tempat  unik lain yang menarik untuk disinggahi bersama anak.

 

Beylerbeyi Palace
Yıldız Palace Museum
Istanbul Museum of the History of Science and Technology in Islam
Museum of Turkish and Islamic Arts
Istanbul Museum of Modern Art
The Ancient Orient Museum
Tiled Kiosk Museum
Istanbul Archeology Museums
Sulaymaniyah Great Mosque
Sultan Ahmed Mosque
Sultanahmet Square
Madame Tussauds Istanbul
Galata Tower
Dolmabahçe Palace
Basilica Cistern
Fethiye Museum
The Museum of Great Palace Mosaics
Kariye Museum
Hagia Sophia
Istanbul – Arts & Culture/Museum

Istanbul – Adventure/Theme Park

Di Istanbul ada banyak  pilihan area bermain anak yang sesuai dengan usia dan keinginan anak. Cobalah berkeliling dan menikmati hari yang seru   di LEGO playground. Jika ingin menikmati hal lebih menantang bisa  mencoba   outbound di luar ruangan yang memacu adrnalin dan melatih kelincahan,   Setelahnya ajak kidgoers  menghabiskan malam yang menyenangkan di taman hiburan kota dengan permainan klasik seperti  komidi putar dan bianglala, yang menjadi salah satu tempat untuk menikmati kota dari atas ketinggian.

Bostancı Lunapark
Jungle Istanbul
Xtrem Aventures İstanbul
Isfanbul Theme Park
Sea Life İstanbul
Moipark
LEGOLAND Discovery Centre

Istanbul – Food

Siap-siap  dibuat sibuk dengan banyaknya pilihan makanan lokal lezat yang menarik untuk dicoba. Semuanya kaya rasa dengan ciri khas bumbu rempah-rempah  yang menjadi ikon dari makanan Turki. Cobalah  kebab otentik yang mendunia  di tempat asalnya dan  daging domba yang diolah aneka ragam atau mencoba makanan yang disajikan untuk sultan dan keluarga kerajaan pada masa Ottoman dapat menjadi pengalaman menarik saat berlibur di Istanbul.  Belum lagi kue khas setempat seperti  aneka rasa dan bentuk baklava yang manis gurih juga kue-kue manis yang memanjakan lidah.  Anak-anak dijamin bisa menikmatinya.

Midye Dolma
Künefe
Lahmacun
Lokum
Dondurma (Turkish Ice Cream)
Baklava
Şehzade Cağ Kebap
Deraliye Ottoman Cuisine
Simit
Köfte
Lades Menemen
Menemen
Beyti Restaurant
House of Medusa Restaurant
Kumkapi Tiryakii
TurguT Kebap Restaurant
Ozi Pizza and Pasta
Old Ottoman Cafe & Restaurant

Istanbul – Nature

Kota ini memiliki taman dan hutan kota yang luas, bersih, memiliki area bermain anak,  dan fasilitas olahraga lengkap.  Bahkan ada taman bersejarah yang awalnya adalah halaman istana tempat sultan tinggal.  Taman-taman tersebut umumnya bisa dikunjungi di setiap musim dengan pemandangan yang berbeda-beda. Pohon tinggal ranting di musim dingin, aneka bunga mekar di musim semi, dedaunan berubah warna kuning dan kecoklatkan di musim gugur, dan daun-daun hijau di musim panas.  Area rumput hijau  biasanya dijadikan tempat menggelar piknik, makan bersama keluarga,  saat cuacana sedang bagus.  Datang di bulan April, familygoers bisa menikmati jutaan bunga tulip sedang mekar di taman-taman di  Istanbul. Semua taman gratis dikunjungi!

 

Gülhane Park
Emirgan Park
Yıldız Park
Göztepe Park
Taksim Gezi Park
Belgrad Forest
Atatürk Arboretum
Maçka Park

Istanbul – Shop

Istanbul boleh dibilang tempat yang menyenangkan untuk belanja. Terdapat pusat perbelanjaan modern yang megah dengan brand internasional dan lokal, yang menyediakan restoran, cafe dan juga area bermaian anak yang menyenangkan.  Selain itu terdapat juga pusat perbelanjaan tua yang sangat terkenal, yaitu  Mısır Çarşısı dan Grand Bazaar yang menjadi ikon pasar indoor tertua dan terbesar di dunia. Di kedua tempat ini pengunjung bisa merasakan suasana lokal saat jalan-jalan atau berbelanja dengan harga sesuai karena bisa ditawar. Beragam barang seperti karpet, permen, pasmina, rempah-rempah khas setempat bisa dibeli di kedua pasar tua ini.

Forum Istanbul
Zorlu Center
Kanyon
Istanbul Cevahir
Spice Bazaar (Mısır Çarşısı)
Mall Of Istanbul
Istinye Park Shopping Center
Grand Bazaar

Istanbul – Info Praktis

Kapan Saat Tepat ke Istanbul ?

Istanbul memiliki empat musim; Musim dingin (Desember-Februari), musim semi  (Maret-Mei), musim panas (Juni-Agustus) dan musim gugur  (September-November). Setiap musim menawarkan keindahan yang berbeda-beda.  Namun akhir musim semi  dan awal musim gugur adalah waktu terbaik mengunjungi Istanbul. Saat itu  cuaca tidak terlalu panas atau dingin,  pas untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.  Di musim semi,  familygoers juga bisa menikmati Festival Tulip yang berlangsung  di  taman-taman kota.

Visa

Warga Indonesia perlu  mengurus visa untuk berlibur di Istanbul, Turki. Ada 2 pilihan yang bisa dilakukan, yaitu Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa. Untuk   e-Visa   klik  www.evisa.gov.tr/en  untuk mengisi data dan membayar 25 USD. Setelah itu visa akan dikirim voa email.  Visa tinggal  diprint. Sedangkan  Visa on Arrival (VOA), bisa diurus langsung di bandara dengan membayar 35 USD secara tunai. Baik VoA atau e-Visa semua berlaku sampai 30 hari.

Sim Card Istanbul

Wi-Fi tersedia gratis di tempat  seperti  bandara, restoran, cafe, dan hotel tempat menginap. Namun jika ingin terhubung setiap saat familygoers perlu membeli kartu telepon prabayar. Ada 3 perusahaan jaringan yang ada di Turi yaitu Turkcell, Vodafone, dan  Türk Telekom. Salah satu perusahaan paling besar dengan jaringan terluas yang ramah untuk turis yaitu Turkcell. Kios resmi dari setiap perusahaan yang menjual Sim Card bisa ditemukan  di bandara. Pendaftaran Sim Card bisa dilakukan oleh petugas dengan mengisi data-data yang ada di paspor.

Sim Card bisa didapat secara gratis dengan membei paket internet dengan harga TL 185 (sekitar IDR 475.000) untuk 8GB (termasuk 500 menit telepon dan 1000 sms), TL 250 (sekitar IDR 640.000) untuk 12GB (termasuk 30 menit telepon internasional dan 300 menit telepon lokal), TL 280 (sekitar IDR 716.000) untuk 15GB, dan TL 390 (sekitar IDR 742.000) untuk 50GB.

Nilai tukar mata uang Istanbul

Mata uang yang digunakan di Istanbul, Turki adalah Turkish Lira ( atau TL)

1 USD = sekitar 5.56 TL

1 TL = sekitar IDR 2.559

Istanbul – Info Praktis

Istanbul – Transportasi

Istanbul memiliki pilihan transportasi umum yang  cukup beragam,  bus, minibus, metrobus, subway, tram, hingga ferry yang rutenya lengkap dan dapat menjangkau semua tempat wisata. Untuk memudahkan pembayaran, familygoers bisa membeli kartu perjalanan ‘Istanbul Card’ di banyak IETT Counters  yang dapat digunakan di semua moda transportasi dengan biaya pembuatan kartu sekitar TL 6.00 (atau sekitar IDR 15.000).

  • Taxi

Taxi selalu menjadi pilihan mudah dan nyaman untuk keliling kota terlebih bila bersama dengan anak yang masih kecil. Namun karena kemacetan kerap terjadi di Istanbul sebaiknya  menggunakan taksi  saat darurat saja.  Taxi  di Istanbul menggunakan argo dengan tarif minimal sekitar TL 4.00 (atau sekitar IDR 10.000), TL 4.00 untuk tiap 1 km, dan TL 23.00 (atau sekitar IDR 57.000) untuk tarif menunggu selama 1 jam.

  • Bus/Metro Bus

Bus merupakan salah satu moda transportasi umum paling populer dan  dapat menjangkau bayak tempat di Istanbul. Rute yang tersedia banyak, dengan2 jenis bus yaitu bus yang dijalankan perusahaan swasta dan bus kota IETT. Bus kota IETT dapat dengan mudah dikenali dari warannya,  merah dan biru, hijau, juga bus tingkat berwarna merah. Sedangkan  metrobus, sama dengan bus trans di Indonesia, memiliki jalur sendiri sehingga terbebas dari padatnya lalu lintas dan menghemat banyak waktu.  Selalu pastikan naik bus yang benar karena  rute yang tersedia cukup banyak.  Bus beroprasi dari pukul 06.00-22.00 dan 24 jam untuk beberapa jalur bus.

  • Metro

Metro yang ada di Istanbul memiliki 2 jalur. Ada juga sistem funicular yang terhubung dengan ferries untuk menyebrangi beberapa tempat yang ada di Istanbul. Untuk melihat jalur metro yang ada di Istanbul, familygoers bisa melihat di sini.

  • Ferry

Memiliki 2 daerah daratan yang berada di Benua Eropa dan Asia, berpindah satu daerah ke daerah lainnya dapat dengan mudah dilakukan menggunakan ferry. Ini adalah transportasi laut populer yang bebas macet dan menawarkan keindahan pemandangan selat Bosphorus.

  • Dolmuş

Dikenal juga dengan shared taxi, dolmuş adalah tranpotasi populer yang banyak digunakan di Istanbul. Menampung kapasitas 8 orang, taxi berbentuk mini van berwarna kuning ini dapat menjadi pilihan  jika  ingin pergi ke satu tempat dengan cepat dan murah. Harganya lebih murah dari taxi dan sedikit lebih mahal dari bus. Familygoers dapat dengan mudah menemukan dolmuş di dolmuş stop yang berada di jalan  besar dan pusat keramaian. Rutenya cukup lengkap dan menjangkau tempat-tempat wisata.

  • Tram

Tram dapat menjadi pilihan mudah untuk familygoers yang ingin berkeliling kota. Ada 24 stasiun dengan banyak pemberhentain di tempat-tempat wisata dan pusat keramaian di Istanbul. Familygoers juga bisa menggunakan Tram sebelum berpindah menggunakan Metro untuk menuju bandara.

  • Sea Taxi

Transportasi unik yang beroprasi 24 jam/hari dengan kapasitas 10 orang untuk perjalanan laut. Ada 20 pelabuhan untuk pemberhentian Sea Taxi. Tarifnya begantung waktu dan tempat atau asal tujuan.

Istanbul – Transportasi

Related Links


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *