Hanoi with Kids

Ibukota Vietnam,  Hanoi,  yang memiliki 4 musim, bisa jadi salah satu pilihan destinasi liburan keluarga  Familygoers yang memegang paspor Indonesia tidak perlu visa untuk masuk ke negara tersebut.  Di kota ini familygoers bisa menikmati tempat wisata yang menggabungkan konsep lokal  dengan sentuhan modern khas negara berkembang yang unik.

Familygoers bisa menjelajah kuil  bersejarah yang dikelilingi taman  hijau atau di lingkungan alam yang cantik sambil belajar budaya setempat, mengunjungi museum,  mencoba kuliner kaki lima yang kaya rasa dengan berbagai pilihan menu ramah anak juga restoran-restoran halal yang menyediakan menu India, Cina, bahkan Indonesia.

Familygoers juga bisa jalan-jalan ke pasar tradisonal yang menjual segala kebutuhan, menjahit  baju sutera khas Vietnam yang bisa dibawa pulang dan menikmati  pasar malam yang menawarkan aneka barang dengan harga  yang juara.

Mayoritas penduduk  setempat minim Bahasa Inggris. Tapi tentu saja itu bukan kendala untuk berkomunikasi. Jika ingin menanyakan sesuatu,  tulis saja di ponsel hal-hal yang ingin ditanyakan dan terjemahkan ke dalam bahasa Vietnam, lalu tunjukan kepada mereka. Beres, kan.

 

Hanoi – Adventure/Theme Park

Kidgoers  akan senang berkunjung dan bermain   air dan taman hiburan yang ada di Hanoi. Ajak ia menikmati satu hari penuh yang menyenangkan menikmati semua wahana dan bermain di luar ruangan hingga naik bianglala melihat pemandangan kota. Meskipun tak banyak taman hiburan di Hanoi yang bisa dikunjungi.

Hồ Tây Water Park



Hanoi – Arts & Culture/Museum

Hanoi memiliki banyak tempat  bersejarah. Untuk itu,  cobalah berkeliling melihat-kuil-kuil dan bangunan penting berumur ratusan tahun atau wisata sejarah sambil menikmati alam. Familygoers juga bisa mengeksplorasi museum dengan cara yang fun untuk tahu Hanoi di masa lampau dengan pameran indoor dan outdoor yang ditata dengan bagus.

Water Puppet Theatre
Imperial Citadel of Thang Long
Ho Chi Minh Mausoleum
Vietnam Museum of Ethnology
Vietnam Women Museum
Air Force Museum
Hanoi Opera House
Hoa Lo Prison Memorial
Vietnam Fine Arts Museum
St. Joseph’s Cathedral
Vietnam Military History Museum
Vietnam National Museum of Nature
Tran Quoc Pagoda
Perfume Pagoda (Chùa Hương)
Temple of the Jade Mountain (Ngoc Son Temple)
Temple of Literature



Hanoi – Nature

Menjadi kota padat yang sibuk hampir di seluruh sudut kotanya tidak membuat Hanoi kekurangan tempat untuk menikmati indahnya pemandangan alam dan udara segar. Menghabiskan waktu pagi atau sore hari bersantai di pinggir danau atau pergi ke dataran tinggi untuk menikmati area hijau dan berkunjung ke tempat bersejarah untuk berdoa, semua dapat dilakukan di Hanoi.

Hoàn Kiếm Lake
West Lake (Hồ Tây)
One Pillar Pagoda
Tran Quoc Pagoda
Perfume Pagoda (Chùa Hương)
Temple of the Jade Mountain (Ngoc Son Temple)



Hanoi – Food

Menikmati street food  Hanoi dengan banyak menu unik yang membuat penasaran menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Beragam makanan otentik khas Vietnam dapat ditemukan dengan mudah di restoran  lokal dekat tempat wisata. Mi Vietnam, sandwich khas Vietnam, mi gulung, hingga pancake beras dengan isian daging dan aneka makanan lain, semuanya patut dicoba langsung di tempatnya.

Batavia Restaurant & Cafe
Bun Cha Hương Liên
Grills & Gravy
Bun Cha Dac Kim
Little India Restaurant
P.K Spice Restaurant
Chả Cá Thăng Long
Bánh Cuốn Gia Truyen
Phở Gia truyền Bát Đàn
Giảng Cafe
Bánh Mì 25



Hanoi – Shop

Terkenal dengan pasarnya yang ramai dan dunia perbelanjaan yang terus mengikuti perkembangan zaman, Hanoi adalah surga belanja yang menyenangkan. Tidak hanya memiliki pusat perbelanjaan mewah  tapi juga ada  pasar tradisional yang tersebar di sudut kota yang menarik  untuk dijelajahi. Berkeliling di pagi hari sebelum matahari terbit, familygoers bisa merasakan langsung suasana masyarakat lokal yang unik sambil menunggu sunset. Setelahnya, jelajahi beberapa pilihan shopping street saat hari gelap dan lampu-lampu jalanan semarak dinyalakan.

Trang Tien Plaza
Bat Trang Ceramic Village
Hang Dau Street
Lotte Center Hanoi
Chợ Hôm Market
Hang Gai Street (Silk Street)
Dong Xuan Market
Long Bien Market
Quảng Bá Flower Market
Hanoi Night Market



Hanoi – Info Praktis

Kapan Saat Tepat ke Hanoi ?

Hanoi memiliki empat musim, Musim semi berlangsung  Februari – April. Ini adalah waktu terbaik buat famiilygoers untuk mengunjungi Hanoi  karena cuaca lumayan sejuk, 15 – 2- derajat. Bandingkan dengan musim panas, 32 derajat Celsius. Familygoers juga bisa datang di musim gugur, September – November dengan rata-rata temperatur 25 derajat. Musim dingin, Desember – Februari, temperaturnya rata-rata 17 derajat bahkan kadang di bawah 10 derajat.

Visa

Warga Indonesia tidak membutuhkan visa ke Hanoi. Cukup membawa paspor dan menuliskan keterangan tempat menginap di imigrasi Hanoinanti. Izin berkunjung tanpa visa ini diberikan maksimal 30 hari.

Sim Card Hanoi

Ada 4 perusahaan jaringan yang ada di Vietnam. Salah satu perusahaan paling besar dengan jaringan terluas yang dapat familygoers coba yaitu Viettel. Kios yang menjual Sim Card bisa ditemukan dengan mudah di bandara atau toko  kecil di banyak tempat. Pastikan untuk membeli Sim Card dari kios resmi karena kios tidak terdaftar biasanya tidak dapat mengaktifkan kartu.

Sim Card bisa dibeli dengan harga VND 50,000 (sekitar IDR 30.000) dan tarif paket internet berkisar VND 70,000 (sekitar IDR 43.000) untuk 3GB atau VND 200.000 (atau sekitar IDR 122.000) untuk 15GB dengan masa berlaku pemakaian 30 hari.

Nilai tukar mata uang Hanoi

Mata uang yang digunakan di Hanoi, Vietnam adalah Dong Vietnam ( atau VND)

1 USD = sekitar 23.300 VND

1 VND = sekitar IDR 0,61




Hanoi – Transportasi

Ada  beberapa pilihan moda transaportasi yang tersedia di Hanoi. Taxi, sewa mobil, becak, hingga sewa motor merupakan  transportasi yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan.  Kebanyakan wisatawan menetap di distrik Hoan Kiem, Ba Dinh, Tay Ho, dan Hai Ba Trung yang menjadi pusat kota dengan banyak tempat wisata, restoran, pusat perbelanjaan dan hotel yang berdekatan sehingga mudah untuk dijangkau.

  • Taxi

Taxi selalu menjadi pilihan mudah dan nyaman untuk keliling kota terlebih bila bersama dengan anak yang masih kecil. Tapi karena mahal Familygoers sebaiknya memilih   taxi jika jalanan  tidak terlalu macet atau tempat yang akan dikunjungi tak terjangkau  angkutan umum.. Taksi mudah ditemukan hampir  seluruh sudut kota atau bisa juga dipesan.  Tarif yang digunakan di Hanoi menggunakan argo dengan tarif minimal sekitar VND 12,000 (atau sekitar IDR 8.000) dan VND 11,000 (atau sekitar 7.000) untuk tiap 1 km.

Ada 4 perusahaan taxi terkenal  di Hanoi yaitu  Hanoi Taxi (+84 43 853 5353), Mai Linh Taxi (+84 43 861 6161), 52 Taxi (+84 43 852 5252), dan Taxi CP (+84 43 826 2626).

  • Cyclo/Becak

Jika ingin santai berkeliling  kota  sambil menikmati jalanan  di Hanoi, cyclo atau becak dapat menjadi pilihan  untuk dicoba. Moda transportasi ini mengajak familygoers merasakan suasana lokal dan menikmati lalu lintas Hanoi yang sibuk. Tarif  becak di Hanoi bergantung pada kesepakatan tawar menawar dan seberapa jauh jarak yang dituju.

  • Bus

Bus merupakan salah satu moda transportasi umum paling populer dan  dapat menjangkau bayak tempat di Hanoi. Rute yang tersedia banyak, dengan 3 warna bus yaitu merah, putih, dan hijau yang menunjukan jalur dalam kota yang dilewati. Banyaknya rute membuat  familygoers perlu berhati-hati untuk memastikan naik bus yang tepat. Beberapa tempat wisata terkenal termasuk dilewati jalur bus dan memiliki pemberhentian tepat di depannya.  Tarifnya murah berkisar VND 10,000 (atau sekitar IDR 6.000) untuk sekali jalan dan dibayarkan langsung dengan uang tunai.

  • Xe Om

Xe Om adalah nama untuk ojek motor di Hanoi. Meskipun tidak ramah untuk keluarga karna memuat hanya 1 penumpang saja, Xe Om dapat menjadi pilihan jika mencari transportasi yang cepat dan murah untuk pergi ke suatu tempat. Tidak dilengkapi dengan argo, tarif untuk Xe Om adalah hasil dari tawar menawar yang biasanya berkisar antara VNF 30,000 (atau sekitar IDR 18.000) untuk jarak 2 km.

  • Sewa Motor

Jika pergi dengan keluarga kecil atau bersama dengan 1 orang anak, sewa motor mungkin dapat menjadi pilihan fleksibel yang patut dicoba. Di sekitar tempat wisatawa,  bahkan di hotel,  mudah menemukan penyewaan motor dengan harga VND 115,000 (atau sekitar IDR 70.000) untuk 1 hari. Selain praktis dan murah, sewa motor juga dapat menghindarkan familygoers dari lalu lintas Hanoi yang cukup sibuk dan padat. Jangan lupa memakai helem ya.

  • Sewa Mobil

Sewa mobil  dapat menjadi pilihan bagi  familygoers yang memiliki budget lebih dan ingin menikmati waktu berkeliling tempat wisata dengan bebas dan nyaman. Dengan menyewa mobil familygoers dapat leluasa membawa banyak barang kebutuhan anak-anak dan mengunjungi banyak tempat sekaligus. Tarif  mobil dan supir berkisar antara VND 2,000,000 (atau sekitar IDR 1.200.000) untuk perjalanan 1 hari dengan mobil berisikan 4 kursi.




Related Links


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hanoi with Kids

Ibukota Vietnam,  Hanoi,  yang memiliki 4 musim, bisa jadi salah satu pilihan destinasi liburan keluarga  Familygoers yang memegang paspor Indonesia tidak perlu visa untuk masuk ke negara tersebut.  Di kota ini familygoers bisa menikmati tempat wisata yang menggabungkan konsep lokal  dengan sentuhan modern khas negara berkembang yang unik.

Familygoers bisa menjelajah kuil  bersejarah yang dikelilingi taman  hijau atau di lingkungan alam yang cantik sambil belajar budaya setempat, mengunjungi museum,  mencoba kuliner kaki lima yang kaya rasa dengan berbagai pilihan menu ramah anak juga restoran-restoran halal yang menyediakan menu India, Cina, bahkan Indonesia.

Familygoers juga bisa jalan-jalan ke pasar tradisonal yang menjual segala kebutuhan, menjahit  baju sutera khas Vietnam yang bisa dibawa pulang dan menikmati  pasar malam yang menawarkan aneka barang dengan harga  yang juara.

Mayoritas penduduk  setempat minim Bahasa Inggris. Tapi tentu saja itu bukan kendala untuk berkomunikasi. Jika ingin menanyakan sesuatu,  tulis saja di ponsel hal-hal yang ingin ditanyakan dan terjemahkan ke dalam bahasa Vietnam, lalu tunjukan kepada mereka. Beres, kan.

 

Hanoi – Adventure/Theme Park

Kidgoers  akan senang berkunjung dan bermain   air dan taman hiburan yang ada di Hanoi. Ajak ia menikmati satu hari penuh yang menyenangkan menikmati semua wahana dan bermain di luar ruangan hingga naik bianglala melihat pemandangan kota. Meskipun tak banyak taman hiburan di Hanoi yang bisa dikunjungi.

Hồ Tây Water Park

Hanoi – Arts & Culture/Museum

Hanoi memiliki banyak tempat  bersejarah. Untuk itu,  cobalah berkeliling melihat-kuil-kuil dan bangunan penting berumur ratusan tahun atau wisata sejarah sambil menikmati alam. Familygoers juga bisa mengeksplorasi museum dengan cara yang fun untuk tahu Hanoi di masa lampau dengan pameran indoor dan outdoor yang ditata dengan bagus.

Water Puppet Theatre
Imperial Citadel of Thang Long
Ho Chi Minh Mausoleum
Vietnam Museum of Ethnology
Vietnam Women Museum
Air Force Museum
Hanoi Opera House
Hoa Lo Prison Memorial
Vietnam Fine Arts Museum
St. Joseph’s Cathedral
Vietnam Military History Museum
Vietnam National Museum of Nature
Tran Quoc Pagoda
Perfume Pagoda (Chùa Hương)
Temple of the Jade Mountain (Ngoc Son Temple)
Temple of Literature

Hanoi – Nature

Menjadi kota padat yang sibuk hampir di seluruh sudut kotanya tidak membuat Hanoi kekurangan tempat untuk menikmati indahnya pemandangan alam dan udara segar. Menghabiskan waktu pagi atau sore hari bersantai di pinggir danau atau pergi ke dataran tinggi untuk menikmati area hijau dan berkunjung ke tempat bersejarah untuk berdoa, semua dapat dilakukan di Hanoi.

Hoàn Kiếm Lake
West Lake (Hồ Tây)
One Pillar Pagoda
Tran Quoc Pagoda
Perfume Pagoda (Chùa Hương)
Temple of the Jade Mountain (Ngoc Son Temple)

Hanoi – Food

Menikmati street food  Hanoi dengan banyak menu unik yang membuat penasaran menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Beragam makanan otentik khas Vietnam dapat ditemukan dengan mudah di restoran  lokal dekat tempat wisata. Mi Vietnam, sandwich khas Vietnam, mi gulung, hingga pancake beras dengan isian daging dan aneka makanan lain, semuanya patut dicoba langsung di tempatnya.

Batavia Restaurant & Cafe
Bun Cha Hương Liên
Grills & Gravy
Bun Cha Dac Kim
Little India Restaurant
P.K Spice Restaurant
Chả Cá Thăng Long
Bánh Cuốn Gia Truyen
Phở Gia truyền Bát Đàn
Giảng Cafe
Bánh Mì 25

Hanoi – Shop

Terkenal dengan pasarnya yang ramai dan dunia perbelanjaan yang terus mengikuti perkembangan zaman, Hanoi adalah surga belanja yang menyenangkan. Tidak hanya memiliki pusat perbelanjaan mewah  tapi juga ada  pasar tradisional yang tersebar di sudut kota yang menarik  untuk dijelajahi. Berkeliling di pagi hari sebelum matahari terbit, familygoers bisa merasakan langsung suasana masyarakat lokal yang unik sambil menunggu sunset. Setelahnya, jelajahi beberapa pilihan shopping street saat hari gelap dan lampu-lampu jalanan semarak dinyalakan.

Trang Tien Plaza
Bat Trang Ceramic Village
Hang Dau Street
Lotte Center Hanoi
Chợ Hôm Market
Hang Gai Street (Silk Street)
Dong Xuan Market
Long Bien Market
Quảng Bá Flower Market
Hanoi Night Market

Hanoi – Info Praktis

Kapan Saat Tepat ke Hanoi ?

Hanoi memiliki empat musim, Musim semi berlangsung  Februari – April. Ini adalah waktu terbaik buat famiilygoers untuk mengunjungi Hanoi  karena cuaca lumayan sejuk, 15 – 2- derajat. Bandingkan dengan musim panas, 32 derajat Celsius. Familygoers juga bisa datang di musim gugur, September – November dengan rata-rata temperatur 25 derajat. Musim dingin, Desember – Februari, temperaturnya rata-rata 17 derajat bahkan kadang di bawah 10 derajat.

Visa

Warga Indonesia tidak membutuhkan visa ke Hanoi. Cukup membawa paspor dan menuliskan keterangan tempat menginap di imigrasi Hanoinanti. Izin berkunjung tanpa visa ini diberikan maksimal 30 hari.

Sim Card Hanoi

Ada 4 perusahaan jaringan yang ada di Vietnam. Salah satu perusahaan paling besar dengan jaringan terluas yang dapat familygoers coba yaitu Viettel. Kios yang menjual Sim Card bisa ditemukan dengan mudah di bandara atau toko  kecil di banyak tempat. Pastikan untuk membeli Sim Card dari kios resmi karena kios tidak terdaftar biasanya tidak dapat mengaktifkan kartu.

Sim Card bisa dibeli dengan harga VND 50,000 (sekitar IDR 30.000) dan tarif paket internet berkisar VND 70,000 (sekitar IDR 43.000) untuk 3GB atau VND 200.000 (atau sekitar IDR 122.000) untuk 15GB dengan masa berlaku pemakaian 30 hari.

Nilai tukar mata uang Hanoi

Mata uang yang digunakan di Hanoi, Vietnam adalah Dong Vietnam ( atau VND)

1 USD = sekitar 23.300 VND

1 VND = sekitar IDR 0,61


Hanoi – Transportasi

Ada  beberapa pilihan moda transaportasi yang tersedia di Hanoi. Taxi, sewa mobil, becak, hingga sewa motor merupakan  transportasi yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan.  Kebanyakan wisatawan menetap di distrik Hoan Kiem, Ba Dinh, Tay Ho, dan Hai Ba Trung yang menjadi pusat kota dengan banyak tempat wisata, restoran, pusat perbelanjaan dan hotel yang berdekatan sehingga mudah untuk dijangkau.

  • Taxi

Taxi selalu menjadi pilihan mudah dan nyaman untuk keliling kota terlebih bila bersama dengan anak yang masih kecil. Tapi karena mahal Familygoers sebaiknya memilih   taxi jika jalanan  tidak terlalu macet atau tempat yang akan dikunjungi tak terjangkau  angkutan umum.. Taksi mudah ditemukan hampir  seluruh sudut kota atau bisa juga dipesan.  Tarif yang digunakan di Hanoi menggunakan argo dengan tarif minimal sekitar VND 12,000 (atau sekitar IDR 8.000) dan VND 11,000 (atau sekitar 7.000) untuk tiap 1 km.

Ada 4 perusahaan taxi terkenal  di Hanoi yaitu  Hanoi Taxi (+84 43 853 5353), Mai Linh Taxi (+84 43 861 6161), 52 Taxi (+84 43 852 5252), dan Taxi CP (+84 43 826 2626).

  • Cyclo/Becak

Jika ingin santai berkeliling  kota  sambil menikmati jalanan  di Hanoi, cyclo atau becak dapat menjadi pilihan  untuk dicoba. Moda transportasi ini mengajak familygoers merasakan suasana lokal dan menikmati lalu lintas Hanoi yang sibuk. Tarif  becak di Hanoi bergantung pada kesepakatan tawar menawar dan seberapa jauh jarak yang dituju.

  • Bus

Bus merupakan salah satu moda transportasi umum paling populer dan  dapat menjangkau bayak tempat di Hanoi. Rute yang tersedia banyak, dengan 3 warna bus yaitu merah, putih, dan hijau yang menunjukan jalur dalam kota yang dilewati. Banyaknya rute membuat  familygoers perlu berhati-hati untuk memastikan naik bus yang tepat. Beberapa tempat wisata terkenal termasuk dilewati jalur bus dan memiliki pemberhentian tepat di depannya.  Tarifnya murah berkisar VND 10,000 (atau sekitar IDR 6.000) untuk sekali jalan dan dibayarkan langsung dengan uang tunai.

  • Xe Om

Xe Om adalah nama untuk ojek motor di Hanoi. Meskipun tidak ramah untuk keluarga karna memuat hanya 1 penumpang saja, Xe Om dapat menjadi pilihan jika mencari transportasi yang cepat dan murah untuk pergi ke suatu tempat. Tidak dilengkapi dengan argo, tarif untuk Xe Om adalah hasil dari tawar menawar yang biasanya berkisar antara VNF 30,000 (atau sekitar IDR 18.000) untuk jarak 2 km.

  • Sewa Motor

Jika pergi dengan keluarga kecil atau bersama dengan 1 orang anak, sewa motor mungkin dapat menjadi pilihan fleksibel yang patut dicoba. Di sekitar tempat wisatawa,  bahkan di hotel,  mudah menemukan penyewaan motor dengan harga VND 115,000 (atau sekitar IDR 70.000) untuk 1 hari. Selain praktis dan murah, sewa motor juga dapat menghindarkan familygoers dari lalu lintas Hanoi yang cukup sibuk dan padat. Jangan lupa memakai helem ya.

  • Sewa Mobil

Sewa mobil  dapat menjadi pilihan bagi  familygoers yang memiliki budget lebih dan ingin menikmati waktu berkeliling tempat wisata dengan bebas dan nyaman. Dengan menyewa mobil familygoers dapat leluasa membawa banyak barang kebutuhan anak-anak dan mengunjungi banyak tempat sekaligus. Tarif  mobil dan supir berkisar antara VND 2,000,000 (atau sekitar IDR 1.200.000) untuk perjalanan 1 hari dengan mobil berisikan 4 kursi.


Related Links


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *