Etika Memberikan Tip di Luar Negeri
Posted by: Admin

Pernahkah familygoers kebingungan saat sedang berada di restoran di luar negeri, apakah perlu memberikan tip dan berapa jumlah layaknya?  Atau ketika membayar ongkos taksi, apa perlu ongkosnya dilebihkan untuk tip ? Familygoers tidak sendirian. Banyak juga kok family travelers yang sering dilanda kebingungan.

Sebenarnya di mana pun tempatnya, memberikan tip ini sifatnya ikhlas dan sukarela, tidak ada paksaan. Kita bisa membuat orang lain bahagia dengan memberikan tip atas jasa orang lain yang sudah diberikan kepada kita. Namun anggapan seperti ini justru tidak berlaku di beberapa negara karena ada yang justru masyarakatnya menolak diberikan tip dengan alasan jasa yang diberikan itu sudah menjadi bagian dari kewajiban mereka.

Setiap negara memang punya etika dan besaran masing-masing untuk tip. Sebelum pergi ke sebuah tempat, tidak ada salahnya mengetahui kebudayaan yang berlaku di suatu negara seperti etika memberikan tip, seperti dilansir dari situs cntraveler.com.

TIMUR TENGAH 

DUBAI

Hotel dan restoran di Dubai sudah menambahkan 10% service charge dalam tagihan. Namun jika ingin memberikan tip, berikanlah dirham cash sekitar 10%. Untuk parkir vallets dan porters, biasanya mereka memperoleh tip 10 dirham. Supir taksi tidak mengharapkan tip, namun melebihkan ongkos taksi sampai 5 dirham sangat dihargai di sini.

MESIR

Di restoran, tip sudah termasuk di dalam bill. Familygoers bisa menambahkan 5-10% jika service charge tidak ada dalam tagihan. Di hotel, 1$ atau 2$ tip diberikan untuk housekeeper, 1$ per tas untuk porter. Concierges sekitar 10$-20$. Sementara supir taksi bisa diberikan 10-15%. Jika familygoers menyewa tour guide, biasanya mereka diberikan tip 20$. Familygoers bisa memberikan dollar atau mata uang lokal.

SAUDI ARABIA

Di restoran, tip tidak termasuk di dalam bill, jadi berikan 10-15 % untuk service. Jangan pernah meminta kantong untuk membungkus makanan yang tidak habis di restoran. Biasanya, makanan bersisa dibawa pulang staf dapur atau diberikan kepada pengemis atau gelandangan. Di hotel, porter biasanya diberi 1$ atau 2$ per tas dan sebaiknya tinggalkan 2$ di kamar untuk housekeeper. Concierges terkadang diberi 20$-25$. Tour guide diberikan 7$ – 10$ per orang per hari, sementara supir diberi 5$ per hari. Familygoers bisa memberitip dalam dollar atau  mata uang lokal. Jangan pernah memberikan tip secara terang-terangan. Selipkanlah tip di kantong jaket atau berikan sambil menjabat tangan dengan mengucapkan terima kasih. Familygoers juga bisa memberikannya di dalam amplop. Kebanyakan para pekerja di Saudi adalah orang asing dari India, Filippina dan banyak juga dari Indonesia.

UNITED ARAB EMIRATES

Di restoran, tip biasanya diberikan 15-20 %. Sementara di hotel, familygoers bisa memberikan 30$-35 untuk concierge, 2$ per tas untuk porter, 3$ per hari untuk housekeeper. Tip tour guide diberi 10$-20$ per hari, dan supir diberi 5$ per hari. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar atau mata uang lokal. Jangan pernah memberikan tip kepada penjaga toilet publik, kecuali disediakan kotak koin.

KANADA

Di restoran, familygoers bisa memberikan tip 15$-20%, tergantung kepuasan pelayanan. Di hotel, concierge bisa diberi 10$-20$, porter bisa diberi 1$ atau 2$ per tas, housekeeper diberi 5$ per hari. Ada baiknya memberi tip kepada housekeeper setiap hari karena orang yang membersihkan kamar hotel familygoers sering berbeda-beda. Supir taksi biasanya mendapatkan 10-15% tip, sementara tour guide 10$-15$ per orang per hari. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar atau mata uang lokal.

AUSTRALIA & NEW ZEALAND

Di restoran, familygoers bisa memberikan 10-15% untuk pelayan. Di hotel, porter biasanya mendapatkan 1$ per tas, concierge mendapatkan 10$-20$, housekeeper mendapatkan 1$-5$ per hari. Supir taksi mendapatkan 5$, tour guide 20$-50$, bus tour guide 5$-10$. Jika menyewa supir pribadi, berikanlah 25$-50$ per hari. Tip diberikan dalam mata uang lokal (dollar Australia atau dollar NZ tergantung di mana familygoers berada). Ada kalanya tip yang diberikan akan ditolak, terutama di New Zealand.

KAMBOJA

Di restoran, berikanlah 1$ untuk pelayan. Sementara di hotel, familygoers bisa memberikan 1$-2$ per tas untuk porter. Untuk supir taksi biasanya mendapatkan 1$ tip, 5$ per hari untuk supir pribadi, 10$-20$ per orang per hari untuk tour guide. Jangan kaget jika orang Kamboja akan sangat berterima kasih berlebihan ketika menerima tip. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar atau mata uang lokal.

CHINA

Di restoran yang banyak didatangi lokal, familygoers tidak perlu memberikan tip. Begitu pula di hotel yang banyak didatangi orang lokal, tip tidak begitu diharapkan. Tapi  jika familygoers menginap di hotel mewah yang memiliki lebih banyak tamu asing, biasanya porter diberi 5-10 yuan per tas. Hotel mewah dan restoran biasanya sudah menambahkan 10-15 % service charge, jadi sebenarnya familygoers tidak perlu lagi memberian tip. Jika ingin memberikan tip, sebaiknya dilakukan sembunyi-sembunyi dan tidak di depan karyawan yang lain. Di tempat pijat pun familygoers tidak perlu memberikan tip.

INDIA

Di restoran, 10% diberikan untuk pelayan, sementara di hotel 50 rupees atau sekitar 1$ per tas diberikan kepada porter. 250 rupess per malam untuk housekeeper. supir taksi diberi 400-500 rupees. Taksi atau semacam bajaj di sini tidak biasa diberi tip, namun familygoers bisa membulatkan ongkos dan meminta mereka menyimpan kembalian. Beberapa hotel sekarang sudah menyediakan tipping box dan meminta familygoers memberikan tip saat akan check out daripada memberikan untuk individu. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar, namun mata uang lokal lebih disukai.

JEPANG

Meskipun di Jepang tidak mengenal tip, namun ada beberapa provider pariwisata sangat mengapresiasi pemberian tip dalam yen. Banyak juga yang akan menolak tip, seperti concierges, porter dan pelayan. Sebaiknya hindari memberikan tip di Jepang. Untuk tour guide 2.500 – 5.000 yen diberi di dalam amplop. Untuk supir taksi, ongkos taksi bisa dibulatkan dan memberikan kembalian untuk supir. Sementara jika familygoers menyewa supir pribadi, mereka biasanya mengharap dibelikan makan siang sekitar 2.000 – 2.5000 yen. Di hotel, petugas kebersihan hotel biasanya mendapatkan tip 5.000 yen untuk satu atau dua malam yang diberikan dalam sebuah amplop.

MALAYSIA

Di restoran, 10% biasanya sudah termasuk service charge dalam bill. Jika ingin memberikan tip, familygoers bisa membulatkan jumlah tagihan dan meninggalkan kembalian di meja. Sementara di hotel, porter dan bellboy biasanya mendapatkan 1$ per tas, cleaning staff mendapatkan 1$ per hari. Familygoers tidak perlu memberikan tip kepada pegawai hotel lainnya, seperti concierge. Supir biasanya mendapatkan 5$-10$ per hari. Familygoers bisa memberikan tip dalam dolar, namun mata uang lokal lebih mudah untuk orang lokal.

FILIPINA 

Di restoran biasanya 10% sudah termasuk service charge di dalam bill, familygoers bisa menambahkan 1$-2$ sebagai tip. Jika belum ada service charge, familygoers bisa memberikan 10%. Di hotel, 10% service charge juga biasanya sudah termasuk dalam tagihan. Namun tidak ada salahnya memberi porter 1$ per tas. Berikan tip untuk cleaning staff ketika familygoers kebetulan bertemu dengan mereka atau berikan dalam amplop. Jika concierge membantu familygoers melakukan reservasi hotel atau tempat wisata, tidak ada salahnya memberikan tip 4-5 $. Untuk tour guide, familygoers bisa memberikan 20-50$, sementara supir taksi bisa diberikan 10% dari ongkos taksi. Jika menyewa supir pribadi, familygoers bisa memberi 4$ – 5$. Dolar AS diterima di sini, namun tentu saja mata uang lokal lebih disukai.

SINGAPURA

Seperti halnya di Malaysia, 10 % service charge sudah termasuk di dalam bill. Familygoers bisa memberikan tambahan tip, namun ini tidak begitu diharapkan. Di hotel, concierge bisa diberi 10$ jika familygoers memiliki permintaan khusus. Bellboy atau porter bisa diberi 1$ per tas. Cleaning staff  bisa diberi  1$, namun tip ini tidak terlalu diharapkan. Tour guide biasanya mendapatkan 15$ sampai 20$ per orang, sementara untuk supir taksi, familygoers bisa membulatkan tagihan dan meninggalkan kembalian. Familygoers bisa memberikan tip dengan dolar, namun mata uang lokal dolar Singapura akan lebih disukai.

KOREA SELATAN

Sebenarnya Korea Selatan tidak mengenal budaya tip. Namun setelah banyak turis  Amerikan berdatangan dan sering memberikan tip, layanan di sini pun mulai mengharapkan tip, namun tetap saja sifatnya tidak dipaksakan. Tour guide diberi  20$ per orang per hari berdua dengan supir yang mengantar. Porter hotel biasanya mendapatkan 1$ per tas. Untuk supir taksi, familygoers bisa membulatkan argo nya dan meminta supir menyimpan kembaliannya.

TAIWAN

Di restoran, setengah restoran biasanya sudah menyertakan 10% service fee dalam bill nya. Jika tidak, familygoers bisa memberikan 10-15 % tip  setelah membayar bill. Di hotel, familygoers bisa memberikan 20$ untuk concierge jika familygoers meminta layanan khusus, seperti reservasi tempat wisata atau booking restoran. Cleaning staff bisa diberikan 2$ per hari, sementara porter 3$-5$ per tas, dan doormen bisa diberikan 1$-2$ jika mereka membantu memanggilkan taksi. Tour guide dan supir diberikan tip 10% dari fee mereka. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar di Taipei, namun berikanlah tip dengan mata uang lokal di luar kota besar.

THAILAND

Di restoran, familygoers bisa memberikan 1$ dengan meninggalkan tip di meja. Di hotel, sekitar 1$-2$ per tas untuk porter, sementara housekeeper dan concierge tidak perlu lagi diberikan. Supir taksi diberikan 1$ dan 2$ untuk supir pribadi. Tip untuk tour guide biasanya diberi 10-20$ per hari. Jika familygoers memanfaatkan jasa pemijatan, bisa memberi tip 3$ untuk terapis. Tip bisa diberikan dalam dolar, biasanya 2 US$, atau berikan saja dalam mata uang lokal Thai Baht. Di sini biasanya familygoers lumrah menemukan penjaga toilet publik,  mereka bisa diberikan 50 cent atau sekitar 20 baht.

VIETNAM

Untuk memberikan tip di restoran, perhatikan bill terlebih dahulu, biasanya di situ sudah tertera 10% service charge. Jika tidak, tinggalkan tip 10% dalam bentuk cash. Familygoers juga bisa memberikan tip dengan kartu kredit sekalian membayar tagihan. Di hotel, concierge diberi  15$ jika familygoers memiliki permintaan khusus, 2$ untuk porter dan cleaning staff cukup diberikan 2$ ketika familygoers meninggalkan hotel. 2$ merupakan mata uang yang jarang dijumpai karena itu mata uang ini sering dianggap sebuah keberuntungan.  Letakkan saja tip di tempat yang terlihat. Untuk tour guide biasanya diberi  15$ per orang. Familygoers tidak perlu memberikan tip pada supir taksi, namun bisa membulatkan argo taksi dan meminta supir menyimpan kembaliannya. Tawar menawar dengan angkutan umum lainnya selain taksi dan bus biasa dilakukan di sini. Familygoers bisa memberikan tip dengan dolar. Untuk terapis di fancy spa bisa diberikan 5$-10$, sementara di tempat spa lainnya berlaku ketentuan pemberian tip di masing-masing tempat.

EROPA

PRANCIS

Di restoran biasanya service charge sudah termasuk di dalam bill. Namun biasanya orang meninggalkan 10% untuk tip. Di hotel, porter diberikan 2EUR per tas, 1 atau 2 EUR untuk housekeeper, dan 10-15 EUR untuk concierge jika familygoers meminta tolong melakukan reservasi hotel. Supir dan tour guide diberikan 25 EUR per hari per guide. Sementara untuk supir taksi biasanya diberikan 10-15% tip .

JERMAN

Di restoran, familygoers bisa memberikan 10-15% tip dan meminta menambahkan dalam bill atau cukup tinggalkan uang cash sebagai tip.Di Hotel, 1-3 EUR per tas untuk porter, 5 EUR per malam untuk house keeper dan 20 EUR untuk concierge jika familygoers meminta permintaan khusus. Mata uang dolar AS juga diterima di sini, namun tentu saja lebih baik berikan dalam euro.

ICELAND

Di restoran, 15% tip sudah tercantum dalam service charge di bill. Familygoers tidak perlu memberikan apa-apa lagi. Tidak ada budaya tipping di sini, begitu pun di hotel. Tentu saja dolar AS diterima di sini selain euro.

ITALIA

Familygoers bisa memberikan 10% tip, tidak lebih. Di hotel, porter diberikan 5EUR, housekeeper diberikan 1-2 EUR per malam. Memberikan tip untuk untuk pengayuh gondoala dan perahu di venice tidak umum dilakukan. Familygoers bisa memberikan tip berupa dolar AS atau euro di sini.

RUSSIA

Di restoran, familygoers bisa memberikan 10% tip langsung ke pelayan. Tinggalkan di meja begitu akan meninggalkan restoran. Di hotel, porter bisa diberi 3-5$, sementara housekeeper bisa diberi 2-3$ per malam, concierges bisa diberi 10$-20$ untuk pelayanan yang baik. Jangan ragu menawar taksi untuk mendapatkan argo fix, kemudian tambahan 10% untuk tip. Mata uang lokal lebih terima di sini daripada dolar AS. Personal touch sangat dihargai di sini. Meninggalkan catatan terima kasih beserta uang tip akan membuat penerimanya sangat senang.

SCANDINAVIA

Tipping di sini sebenarnya tidak terlalu diharapkan karena service charge sudah termasuk di dalam bill. Supir taksi pun biasanya tidak berharap tip. Begitu juga di hotel, familygoers tidak perlu lagi memberikan tip.  Scandinavia termasuk negara-negara termahal di dunia, tipping tidak terlalu membudaya di sini.

SPANYOL

Di restoran, jika service memuaskan, familygoers bisa membulatkan bill sampai 7-13% dan berikan dalam cash. Jika familygoers tidak suka dengan pelayanan, familygoers tidak perlu meninggalkan apapun. Di hotel, familygoers bisa memberikan tip 1 eur per tas, sementara untuk cleaning staff sekitar 5 eur per hari. Jika familygoers ada permintaan khusus pada concierge, familygoers bisa memberikan 5-10 eur. Sementara untuk tour guide tarifnya 30 eur per orang per hari. Tip untuk supir taksi bisa diberikan dengan membulatkan argo taksi dan meminta supir menyimpan kembalian. Berikan tip dalam eur bukan dollar AS.

SWISS

Umumnya, tip diberikan 5-10%, namun hal ini tidak begitu diharapkan. Di hotel, service charge sudah termasuk di dalam bill, jadi familygoers tidak perlu memberikan tip apapun. Jika familygoers kebetulan bertemu dengan cleaning lady yang membersihkan kamar hotel, familygoers bisa langsung memberikan kepadanya 5-10 $. Sementara supir taksi bisa diberikan tip 5-10% atau pembulatan argo taksi. Berikan tip hanya dalam swiss franc.

TURKI

Familygoers bisa memberikan tip sebersar 10% cash di restoran. Sementara di hotel biasanya service charge tidak termasuk dalam tagihan. Familygoers bisa memberikan 1-2$ untuk porter di hotel. Untuk taksi biasanya tidak diberikan tip namun penumpang membulatkan argo taksi dan supir taksi akan berinisiatif menyimpan kembalian tanpa diminta. Untuk tour guide biasanya diberikan 10-15$ per hari per orang. Jika familygoers menyewa perahu, berikan tip untuk crew 5 % dari harga penyewaan. Familygoers bisa memberikan tip dalam dolar dan euro. Jika familygoers tidak suka dengan pelayanan di sebuah restoran, tidak perlu memberikan tip.

UNITED KINGDOM

Biasanya di restoran, service charge sudah termasuk dalam tagihan. Jika tidak, familygoers bisa memberikan 10-15%. Terkadang, di bill tertera “optional” charge untuk service charge. Pastikan familygoers memberikan tip di sini sesuai dengan keikhlasan, dan tidak perlu sungkan memberikan tip sangat rendah atau bahkan tidak sama sekali jika memang tidak suka dengan pelayanannya. Sementara di hotel, porter bisa mendapatkan 1-2 pounds per tas, housekeeper bisa mendapatkan 1-2 pounds, dan 5 pounds per tas untuk hotel bintang lima. Untuk supir taksi berikan tip sekadarnya, familygoers bisa membulatkan argo taksi dan supir akan mengambil kembaliannya. Tipping untuk tour perahu adalah pilihan, bukan kewajiban. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar AS, namun tentu saja pound akan lebih disukai.

 

Photo credit : Jarmoluk/Pixabay



Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Admin




Etika Memberikan Tip di Luar Negeri
Posted by: Admin

Pernahkah familygoers kebingungan saat sedang berada di restoran di luar negeri, apakah perlu memberikan tip dan berapa jumlah layaknya?  Atau ketika membayar ongkos taksi, apa perlu ongkosnya dilebihkan untuk tip ? Familygoers tidak sendirian. Banyak juga kok family travelers yang sering dilanda kebingungan.

Sebenarnya di mana pun tempatnya, memberikan tip ini sifatnya ikhlas dan sukarela, tidak ada paksaan. Kita bisa membuat orang lain bahagia dengan memberikan tip atas jasa orang lain yang sudah diberikan kepada kita. Namun anggapan seperti ini justru tidak berlaku di beberapa negara karena ada yang justru masyarakatnya menolak diberikan tip dengan alasan jasa yang diberikan itu sudah menjadi bagian dari kewajiban mereka.

Setiap negara memang punya etika dan besaran masing-masing untuk tip. Sebelum pergi ke sebuah tempat, tidak ada salahnya mengetahui kebudayaan yang berlaku di suatu negara seperti etika memberikan tip, seperti dilansir dari situs cntraveler.com.

TIMUR TENGAH 

DUBAI

Hotel dan restoran di Dubai sudah menambahkan 10% service charge dalam tagihan. Namun jika ingin memberikan tip, berikanlah dirham cash sekitar 10%. Untuk parkir vallets dan porters, biasanya mereka memperoleh tip 10 dirham. Supir taksi tidak mengharapkan tip, namun melebihkan ongkos taksi sampai 5 dirham sangat dihargai di sini.

MESIR

Di restoran, tip sudah termasuk di dalam bill. Familygoers bisa menambahkan 5-10% jika service charge tidak ada dalam tagihan. Di hotel, 1$ atau 2$ tip diberikan untuk housekeeper, 1$ per tas untuk porter. Concierges sekitar 10$-20$. Sementara supir taksi bisa diberikan 10-15%. Jika familygoers menyewa tour guide, biasanya mereka diberikan tip 20$. Familygoers bisa memberikan dollar atau mata uang lokal.

SAUDI ARABIA

Di restoran, tip tidak termasuk di dalam bill, jadi berikan 10-15 % untuk service. Jangan pernah meminta kantong untuk membungkus makanan yang tidak habis di restoran. Biasanya, makanan bersisa dibawa pulang staf dapur atau diberikan kepada pengemis atau gelandangan. Di hotel, porter biasanya diberi 1$ atau 2$ per tas dan sebaiknya tinggalkan 2$ di kamar untuk housekeeper. Concierges terkadang diberi 20$-25$. Tour guide diberikan 7$ – 10$ per orang per hari, sementara supir diberi 5$ per hari. Familygoers bisa memberitip dalam dollar atau  mata uang lokal. Jangan pernah memberikan tip secara terang-terangan. Selipkanlah tip di kantong jaket atau berikan sambil menjabat tangan dengan mengucapkan terima kasih. Familygoers juga bisa memberikannya di dalam amplop. Kebanyakan para pekerja di Saudi adalah orang asing dari India, Filippina dan banyak juga dari Indonesia.

UNITED ARAB EMIRATES

Di restoran, tip biasanya diberikan 15-20 %. Sementara di hotel, familygoers bisa memberikan 30$-35 untuk concierge, 2$ per tas untuk porter, 3$ per hari untuk housekeeper. Tip tour guide diberi 10$-20$ per hari, dan supir diberi 5$ per hari. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar atau mata uang lokal. Jangan pernah memberikan tip kepada penjaga toilet publik, kecuali disediakan kotak koin.

KANADA

Di restoran, familygoers bisa memberikan tip 15$-20%, tergantung kepuasan pelayanan. Di hotel, concierge bisa diberi 10$-20$, porter bisa diberi 1$ atau 2$ per tas, housekeeper diberi 5$ per hari. Ada baiknya memberi tip kepada housekeeper setiap hari karena orang yang membersihkan kamar hotel familygoers sering berbeda-beda. Supir taksi biasanya mendapatkan 10-15% tip, sementara tour guide 10$-15$ per orang per hari. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar atau mata uang lokal.

AUSTRALIA & NEW ZEALAND

Di restoran, familygoers bisa memberikan 10-15% untuk pelayan. Di hotel, porter biasanya mendapatkan 1$ per tas, concierge mendapatkan 10$-20$, housekeeper mendapatkan 1$-5$ per hari. Supir taksi mendapatkan 5$, tour guide 20$-50$, bus tour guide 5$-10$. Jika menyewa supir pribadi, berikanlah 25$-50$ per hari. Tip diberikan dalam mata uang lokal (dollar Australia atau dollar NZ tergantung di mana familygoers berada). Ada kalanya tip yang diberikan akan ditolak, terutama di New Zealand.

KAMBOJA

Di restoran, berikanlah 1$ untuk pelayan. Sementara di hotel, familygoers bisa memberikan 1$-2$ per tas untuk porter. Untuk supir taksi biasanya mendapatkan 1$ tip, 5$ per hari untuk supir pribadi, 10$-20$ per orang per hari untuk tour guide. Jangan kaget jika orang Kamboja akan sangat berterima kasih berlebihan ketika menerima tip. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar atau mata uang lokal.

CHINA

Di restoran yang banyak didatangi lokal, familygoers tidak perlu memberikan tip. Begitu pula di hotel yang banyak didatangi orang lokal, tip tidak begitu diharapkan. Tapi  jika familygoers menginap di hotel mewah yang memiliki lebih banyak tamu asing, biasanya porter diberi 5-10 yuan per tas. Hotel mewah dan restoran biasanya sudah menambahkan 10-15 % service charge, jadi sebenarnya familygoers tidak perlu lagi memberian tip. Jika ingin memberikan tip, sebaiknya dilakukan sembunyi-sembunyi dan tidak di depan karyawan yang lain. Di tempat pijat pun familygoers tidak perlu memberikan tip.

INDIA

Di restoran, 10% diberikan untuk pelayan, sementara di hotel 50 rupees atau sekitar 1$ per tas diberikan kepada porter. 250 rupess per malam untuk housekeeper. supir taksi diberi 400-500 rupees. Taksi atau semacam bajaj di sini tidak biasa diberi tip, namun familygoers bisa membulatkan ongkos dan meminta mereka menyimpan kembalian. Beberapa hotel sekarang sudah menyediakan tipping box dan meminta familygoers memberikan tip saat akan check out daripada memberikan untuk individu. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar, namun mata uang lokal lebih disukai.

JEPANG

Meskipun di Jepang tidak mengenal tip, namun ada beberapa provider pariwisata sangat mengapresiasi pemberian tip dalam yen. Banyak juga yang akan menolak tip, seperti concierges, porter dan pelayan. Sebaiknya hindari memberikan tip di Jepang. Untuk tour guide 2.500 – 5.000 yen diberi di dalam amplop. Untuk supir taksi, ongkos taksi bisa dibulatkan dan memberikan kembalian untuk supir. Sementara jika familygoers menyewa supir pribadi, mereka biasanya mengharap dibelikan makan siang sekitar 2.000 – 2.5000 yen. Di hotel, petugas kebersihan hotel biasanya mendapatkan tip 5.000 yen untuk satu atau dua malam yang diberikan dalam sebuah amplop.

MALAYSIA

Di restoran, 10% biasanya sudah termasuk service charge dalam bill. Jika ingin memberikan tip, familygoers bisa membulatkan jumlah tagihan dan meninggalkan kembalian di meja. Sementara di hotel, porter dan bellboy biasanya mendapatkan 1$ per tas, cleaning staff mendapatkan 1$ per hari. Familygoers tidak perlu memberikan tip kepada pegawai hotel lainnya, seperti concierge. Supir biasanya mendapatkan 5$-10$ per hari. Familygoers bisa memberikan tip dalam dolar, namun mata uang lokal lebih mudah untuk orang lokal.

FILIPINA 

Di restoran biasanya 10% sudah termasuk service charge di dalam bill, familygoers bisa menambahkan 1$-2$ sebagai tip. Jika belum ada service charge, familygoers bisa memberikan 10%. Di hotel, 10% service charge juga biasanya sudah termasuk dalam tagihan. Namun tidak ada salahnya memberi porter 1$ per tas. Berikan tip untuk cleaning staff ketika familygoers kebetulan bertemu dengan mereka atau berikan dalam amplop. Jika concierge membantu familygoers melakukan reservasi hotel atau tempat wisata, tidak ada salahnya memberikan tip 4-5 $. Untuk tour guide, familygoers bisa memberikan 20-50$, sementara supir taksi bisa diberikan 10% dari ongkos taksi. Jika menyewa supir pribadi, familygoers bisa memberi 4$ – 5$. Dolar AS diterima di sini, namun tentu saja mata uang lokal lebih disukai.

SINGAPURA

Seperti halnya di Malaysia, 10 % service charge sudah termasuk di dalam bill. Familygoers bisa memberikan tambahan tip, namun ini tidak begitu diharapkan. Di hotel, concierge bisa diberi 10$ jika familygoers memiliki permintaan khusus. Bellboy atau porter bisa diberi 1$ per tas. Cleaning staff  bisa diberi  1$, namun tip ini tidak terlalu diharapkan. Tour guide biasanya mendapatkan 15$ sampai 20$ per orang, sementara untuk supir taksi, familygoers bisa membulatkan tagihan dan meninggalkan kembalian. Familygoers bisa memberikan tip dengan dolar, namun mata uang lokal dolar Singapura akan lebih disukai.

KOREA SELATAN

Sebenarnya Korea Selatan tidak mengenal budaya tip. Namun setelah banyak turis  Amerikan berdatangan dan sering memberikan tip, layanan di sini pun mulai mengharapkan tip, namun tetap saja sifatnya tidak dipaksakan. Tour guide diberi  20$ per orang per hari berdua dengan supir yang mengantar. Porter hotel biasanya mendapatkan 1$ per tas. Untuk supir taksi, familygoers bisa membulatkan argo nya dan meminta supir menyimpan kembaliannya.

TAIWAN

Di restoran, setengah restoran biasanya sudah menyertakan 10% service fee dalam bill nya. Jika tidak, familygoers bisa memberikan 10-15 % tip  setelah membayar bill. Di hotel, familygoers bisa memberikan 20$ untuk concierge jika familygoers meminta layanan khusus, seperti reservasi tempat wisata atau booking restoran. Cleaning staff bisa diberikan 2$ per hari, sementara porter 3$-5$ per tas, dan doormen bisa diberikan 1$-2$ jika mereka membantu memanggilkan taksi. Tour guide dan supir diberikan tip 10% dari fee mereka. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar di Taipei, namun berikanlah tip dengan mata uang lokal di luar kota besar.

THAILAND

Di restoran, familygoers bisa memberikan 1$ dengan meninggalkan tip di meja. Di hotel, sekitar 1$-2$ per tas untuk porter, sementara housekeeper dan concierge tidak perlu lagi diberikan. Supir taksi diberikan 1$ dan 2$ untuk supir pribadi. Tip untuk tour guide biasanya diberi 10-20$ per hari. Jika familygoers memanfaatkan jasa pemijatan, bisa memberi tip 3$ untuk terapis. Tip bisa diberikan dalam dolar, biasanya 2 US$, atau berikan saja dalam mata uang lokal Thai Baht. Di sini biasanya familygoers lumrah menemukan penjaga toilet publik,  mereka bisa diberikan 50 cent atau sekitar 20 baht.

VIETNAM

Untuk memberikan tip di restoran, perhatikan bill terlebih dahulu, biasanya di situ sudah tertera 10% service charge. Jika tidak, tinggalkan tip 10% dalam bentuk cash. Familygoers juga bisa memberikan tip dengan kartu kredit sekalian membayar tagihan. Di hotel, concierge diberi  15$ jika familygoers memiliki permintaan khusus, 2$ untuk porter dan cleaning staff cukup diberikan 2$ ketika familygoers meninggalkan hotel. 2$ merupakan mata uang yang jarang dijumpai karena itu mata uang ini sering dianggap sebuah keberuntungan.  Letakkan saja tip di tempat yang terlihat. Untuk tour guide biasanya diberi  15$ per orang. Familygoers tidak perlu memberikan tip pada supir taksi, namun bisa membulatkan argo taksi dan meminta supir menyimpan kembaliannya. Tawar menawar dengan angkutan umum lainnya selain taksi dan bus biasa dilakukan di sini. Familygoers bisa memberikan tip dengan dolar. Untuk terapis di fancy spa bisa diberikan 5$-10$, sementara di tempat spa lainnya berlaku ketentuan pemberian tip di masing-masing tempat.

EROPA

PRANCIS

Di restoran biasanya service charge sudah termasuk di dalam bill. Namun biasanya orang meninggalkan 10% untuk tip. Di hotel, porter diberikan 2EUR per tas, 1 atau 2 EUR untuk housekeeper, dan 10-15 EUR untuk concierge jika familygoers meminta tolong melakukan reservasi hotel. Supir dan tour guide diberikan 25 EUR per hari per guide. Sementara untuk supir taksi biasanya diberikan 10-15% tip .

JERMAN

Di restoran, familygoers bisa memberikan 10-15% tip dan meminta menambahkan dalam bill atau cukup tinggalkan uang cash sebagai tip.Di Hotel, 1-3 EUR per tas untuk porter, 5 EUR per malam untuk house keeper dan 20 EUR untuk concierge jika familygoers meminta permintaan khusus. Mata uang dolar AS juga diterima di sini, namun tentu saja lebih baik berikan dalam euro.

ICELAND

Di restoran, 15% tip sudah tercantum dalam service charge di bill. Familygoers tidak perlu memberikan apa-apa lagi. Tidak ada budaya tipping di sini, begitu pun di hotel. Tentu saja dolar AS diterima di sini selain euro.

ITALIA

Familygoers bisa memberikan 10% tip, tidak lebih. Di hotel, porter diberikan 5EUR, housekeeper diberikan 1-2 EUR per malam. Memberikan tip untuk untuk pengayuh gondoala dan perahu di venice tidak umum dilakukan. Familygoers bisa memberikan tip berupa dolar AS atau euro di sini.

RUSSIA

Di restoran, familygoers bisa memberikan 10% tip langsung ke pelayan. Tinggalkan di meja begitu akan meninggalkan restoran. Di hotel, porter bisa diberi 3-5$, sementara housekeeper bisa diberi 2-3$ per malam, concierges bisa diberi 10$-20$ untuk pelayanan yang baik. Jangan ragu menawar taksi untuk mendapatkan argo fix, kemudian tambahan 10% untuk tip. Mata uang lokal lebih terima di sini daripada dolar AS. Personal touch sangat dihargai di sini. Meninggalkan catatan terima kasih beserta uang tip akan membuat penerimanya sangat senang.

SCANDINAVIA

Tipping di sini sebenarnya tidak terlalu diharapkan karena service charge sudah termasuk di dalam bill. Supir taksi pun biasanya tidak berharap tip. Begitu juga di hotel, familygoers tidak perlu lagi memberikan tip.  Scandinavia termasuk negara-negara termahal di dunia, tipping tidak terlalu membudaya di sini.

SPANYOL

Di restoran, jika service memuaskan, familygoers bisa membulatkan bill sampai 7-13% dan berikan dalam cash. Jika familygoers tidak suka dengan pelayanan, familygoers tidak perlu meninggalkan apapun. Di hotel, familygoers bisa memberikan tip 1 eur per tas, sementara untuk cleaning staff sekitar 5 eur per hari. Jika familygoers ada permintaan khusus pada concierge, familygoers bisa memberikan 5-10 eur. Sementara untuk tour guide tarifnya 30 eur per orang per hari. Tip untuk supir taksi bisa diberikan dengan membulatkan argo taksi dan meminta supir menyimpan kembalian. Berikan tip dalam eur bukan dollar AS.

SWISS

Umumnya, tip diberikan 5-10%, namun hal ini tidak begitu diharapkan. Di hotel, service charge sudah termasuk di dalam bill, jadi familygoers tidak perlu memberikan tip apapun. Jika familygoers kebetulan bertemu dengan cleaning lady yang membersihkan kamar hotel, familygoers bisa langsung memberikan kepadanya 5-10 $. Sementara supir taksi bisa diberikan tip 5-10% atau pembulatan argo taksi. Berikan tip hanya dalam swiss franc.

TURKI

Familygoers bisa memberikan tip sebersar 10% cash di restoran. Sementara di hotel biasanya service charge tidak termasuk dalam tagihan. Familygoers bisa memberikan 1-2$ untuk porter di hotel. Untuk taksi biasanya tidak diberikan tip namun penumpang membulatkan argo taksi dan supir taksi akan berinisiatif menyimpan kembalian tanpa diminta. Untuk tour guide biasanya diberikan 10-15$ per hari per orang. Jika familygoers menyewa perahu, berikan tip untuk crew 5 % dari harga penyewaan. Familygoers bisa memberikan tip dalam dolar dan euro. Jika familygoers tidak suka dengan pelayanan di sebuah restoran, tidak perlu memberikan tip.

UNITED KINGDOM

Biasanya di restoran, service charge sudah termasuk dalam tagihan. Jika tidak, familygoers bisa memberikan 10-15%. Terkadang, di bill tertera “optional” charge untuk service charge. Pastikan familygoers memberikan tip di sini sesuai dengan keikhlasan, dan tidak perlu sungkan memberikan tip sangat rendah atau bahkan tidak sama sekali jika memang tidak suka dengan pelayanannya. Sementara di hotel, porter bisa mendapatkan 1-2 pounds per tas, housekeeper bisa mendapatkan 1-2 pounds, dan 5 pounds per tas untuk hotel bintang lima. Untuk supir taksi berikan tip sekadarnya, familygoers bisa membulatkan argo taksi dan supir akan mengambil kembaliannya. Tipping untuk tour perahu adalah pilihan, bukan kewajiban. Familygoers bisa memberikan tip dalam dollar AS, namun tentu saja pound akan lebih disukai.

 

Photo credit : Jarmoluk/Pixabay



Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Admin