Bangkok with Kids

Menjadi salah satu destinasi negara yang paling banyak disukai wisatawan di Asia, Bangkok menyimpan pesona yang siap membuat familygoers jatuh cinta. Negara ini juga menjadi tempat tujuan wisata favorit yang banyak dikunjungi warga Indonesia selain negara lain yang dekat dengan kita seperti Singapura dan Malaysia. Hanya butuh direct flight singkat selama kurang lebih 3-4 jam dari Jakarta, untuk dapat menikmati kecantikan Bangkok.

Ibu kota dari negara Thailand ini terkenal dengan budaya nya yang masih kental dan memiliki umat Buddha terbesar di dunia, juga banyak tempat wisata bersejarah yang indah. Jalanan ramai tempat menikmati kehidupan malam di Bangkok juga dapat menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan sambil menikmati warna-warni lampu kota dan pasar malam.

Berpusat di kawasan sungai Chao Praya, jajaran tempat wisata yang berdekatan akan memudahkan penjelajahan familygoers dan keluarga untuk menikmati banyaknya tempat yag ada. Puas melihat candi ramai dimana turis mengagumi bangunan-bangun bercorak emas atau keramik yang semarak sementara banyak warga Bangkok berdoa, ajak si kecil bermain. Bangkok memiliki banyak pilihan area playground canggih yang memanfatkan tekonologi dan dibuat sedemikian rupa untuk menyenangkan anak-anak. Biaya hidup yang cukup murah bahkan hingga 30 persen lebih murah dari pada biaya hidup di Jakarta juga menjadikan negara dengan simbol gajah putih ini sebagai negara yang cocok untuk liburan dengan budget friendly yang hemat.

Bangkok – Adventure/Theme Park

Temukan berbagai pilihan area bermain anak yang cocok sesuai keinginan mereka. Menikmati tempat bermain canggih dengan teknologi terbaru untuk permainan tidak biasa seperti perang laser atau menerbangkan pesawat dengan simulasi yang menghadirkan pengalaman seperti dalam kehidupan yang sebenarnya, semuanya ada di Bangkok. Banyak pilihan taman bermain air yang lengkap juga dapat menjadi pilihan tempat menghabiskan waktu menyenangkan saat cuaca sedang panas. Anak-anak hingga orang dewasa akan merasakan keseruan bermain tanpa mengenal usia untuk kenangan tak terlupakan dari liburan yang indah di Bangkok.

Safari World
Pororo Water Park
Amped Trampoline Park
Laser Game (Lazgam)
Fantasia Lagoon
Dinosaurus Planet
Sea Life Bangkok
Dream World
KidZania Bangkok
Siam Park City
Snow Town
Zanook Wake Park
Flight Experience Bangkok
Funarium



Bangkok – Arts & Culture/Museum

Jangan lewatkan untuk melihat langsung kemegahan bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi kebanggan kota Bangkok. Kuil-kuil yang ada dan menjadi pusat keramaian wisatawan menyimpan banyak cerita menarik untuk diketahui. Bangkok juga memiliki beberapa museum bertema unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. Beberapa museum bahkan dibuat untuk ditujukan kepada anak-anak, lengkap dengan area bermain dan hal-hal menarik untuk menambah pengetahuan si kecil. Anak-anak akan senang mengeksplorasi museum dengan cara fun dan interaktif.

National Science Museum Chamchuri Square
Science Museum
The Natural History Museum
The Information Technology Museum
Bangkok Art & Culture Center
Children’s Discovery Museum
Wat Traimit
Batcat Toy Museum
Wat Pho
Grand Palace
Madame Tussauds Bangkok
Wat Arun
Wat Phra Kaew
Jim Thompson House and Museum
Vimanmek Teak Mansion
Bangkok Forensic Museum (Siriraj Medical Museum)



Bangkok – Nature

Menikmati waktu melakukan kegiatan outdoor di area hijau yang indah bersama keluarga selalu dapat menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan. Bangkok memiliki taman kota yang sejuk dengan banyak fasilitas seru untuk berolah raga atau hanya berjalan-jalan menikmati udara kota Bangkok yang menyegarkan. Banyak taman dibuat ramah untuk bersepeda dengan nyaman lengkap dengan penyewaan sepeda yang memiliki tarif murah. Anak-anak akan senang dapat bergerak bebas dan bermain di alam terbuka.

Lumpini Park
Benjakitti Park
King Rama IX Park
Bang Krachao
Benjasiri Park
Chatuchak Park
Queen Sirikit Park
Romaneenart Park
Rot Fai Gardens
Sanam Luang Park (The Royal Field)
Santichaiprakarn Park
Santiphap Park
Saranrom Park
Grandpa Urban Farm
Phuttha Monthon



Bangkok – Food

Menikmati street food lezat Bangkok dengan banyak menu unik yang membuat penasaran menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur. Bangkok juga menjaid kota di mana banyak ditemukan hewan-hewan ekstrim yang diolah menjadi makanan lezat seperti kecebong, ulat, telur semut, belalang, hingga telur bebek yang msudah menjai embrio dan memperlihatkan sebagian kelapa serta kakinya saat dibuka. Restoran dan cafe tematik akan menjadi tempat menyenakan bagi si anak mengisi perut mereka dengan dekorasi cantik penuh boneka atau interior yang membuat familygoers serasa menikmati makanan di pedesaan eropa.

Asiatique the Riverfront
True Love Cafe @Neverland
Slappy Cakes Bangkok
Mr Jones’ Orphanage
Hajime Robot Restaurant
Kra-Ton Flying Unicycle Chicken
Chocolate Ville



Bangkok – Shop

Saat ini Bangkok menjadi destinasi wisata belanja favorit banyak orang di Indonesia. Selain menyediakan banyak barang-barang murah yang bagus, fashion dan pakaian di Bangkok menjadi salah satu yang paling mengikuti tren dan perkembangan jaman saat ini. Dari pakaian orang dewasa, anak-anak hingga pakaian bayi bisa didapatkan dengan harga lebih murah dari Jakarta. Tidak heran jika Bangkok disebut sebagai surga belanja.  Misalnya di Chatuchak Weekend Market, familygoers sudah dapat menemukan semua barang yang diinginkan di lebih dari 15.000 outlet yang berjejer dan menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara. Tentunya banyak pilihan pusat perbelanjaan lain di Bangkok yang memberikan pengalaman berbelanja menyenangkan bersama keluarga.

Chatuchak Weekend Market
Rod Fai Market
Chinatown (Yaowarat Road)
The Emporium
Pickadaily English Town
Central World
Siam Paragon
Khao San Road
Asiatique the Riverfront



Bangkok – Transportasi

Bangkok memiliki banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk menjelajah kota dan tempat-tempat wisata yang ada. Mulai dari kereta dengan lintasan melayang, kereta bawah tanah, hingga express boat dengan jalur disepanjang sungai Chao Phraya, semua menghadirkan pengalaman menarik. Kenali jalur dan pilihan transportasi yang ada agar tepat sesuai kenginan dan kebutuhan yang familygoers perlukan.

  • Skytrain (BTS)

Bangkok Transitt System (BTS) atau dikenal juga dengan Skytrain merupakan transportasi kebanggaan Bangkok yang bebas macet dan menawarkan kemudahan, keamanan kenyamanan untuk berkeliling kota.  Kereta yang seluruh jalur lintasannya melayang ini memiliki 2 jalur yaitu Silom Line dan Sukhumvit Line yang merupakan salah satu kawasan bisnis utama di Bangkok. Stasiun paling ramai dari BTS ini berada di Siam Stasiun yang selalu padat orang karena menjadi stasiun pertemuan dari dua jalur yang ada.

Untuk dapat menggunakan transportasi ini, familygoers dapat membeli tiket dari vending machine tanpa layar yang hanya menerima pembayaran dengan uang koin atau bisa juga membeli dari loket petugas. Di samping vending machine penjualan tiket, familygoers dapat membaca jalur yang ada dari papan disebelah kanan mesin dengan angka-angka di setiap titik stasiun untuk mengetahui harga yang harus dibayar untuk tujuan yang diinginkan. Familygoers akan mendapatkan tiket dari mesin untuk ditempelkan saat masuk dan keluar stasiun.

Untuk memudahkan perjalanan, familygoers dapat mengambil peta jalur BTS di banyak tempat umum seperti bandara dan loket tugas. Tarif BTS ini berkisar antara 15 THB (sekitar 6.400 IDR) hingga 55 THB (sekitar 24.000 IDR) bergantung jarak yang ditempuh. Tiket BTS juga tersedia untuk 1 hari (one day pass unlimited) dengan tarif sekitar 16 THB (sekitar 6.900 IDR) sampai 42 THB (sekitar 18.000 IDR) atau 120 THB (sekitar 51.000 IDR).

  • Subway (MRT)

Mass Rapid Transit atau biasa disebut MRT merupakan kereta bawah tanah yang ada di Bangkok. Transportasi ini adalah salah satu yang dapat dipilih untuk mengunjungi banyak tempat wisata dengan mudah. Terdapat 18 pemberhentian yang tersebar hampir diseluruh sudut kota dari Bangsue Station hingga Hua Lumphong Station. Kereta bawah tanah ini juga tersambung dengan skytrain di beberapa pemberhentian yaitu Silom (Sala Daeng BTS), Sukhumvit (Asok BTS), dan Chatuchak Park (Mochit BTS) untuk memudahkan perpindahan transportasi. Adanya ramp/elevator dan eskalator untuk menghubungkan jalan dengan stasiun bawah tanah dapat memudahkan familygoers mengakses MRT. Untuk dapat menggunakan transportasi ini, familygoers dapat membeli tiket dari vending machine dengan memilih stasiun tujuan yang akan mengeluarkan koin berbentuk bundar untuk dibayar kan saat turun dan keluar menuju exit gate.

  • Airport Rail Link (ARL)

Airport Rail Link adalah transportasi yang menghubungkan bandara Internasional Suvarnabhumi dengan pusat kota Bangkok dengan waktu singkat kurang dari 30 menit saja. Kereta bandara ini dapat menjadi pilihan menempuh jarak 28.6 km yang bebeas macet dan mudah. Terdapat 2 jalur yang beroprasi yaitu Express Line yang ditandai dengan jalur berwarna merah dan kuning juga City Line yang berwarna biru. Express Line dapat menjadi pilihan untuk familygoers yang ingin melakukan perjalanan langsung dari bandara menuju Makkasan atau Phaya Thai tanpa adanya pemberhentian, berbeda dengan City Line yang memiliki transit di setiap stasiun yang dilalui.

  • Taxi

Taxi selalu menjadi pilihan paling mudah dan nyaman berkeliling kota terlebih bila bersama dengan anak-anak yang masih kecil. Familygoers dapat memilih menggunakan taxi apabila jalanan sedang tidak terlalu macet atau untuk berkunjung ke tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh angkutan umum lainya. Transportasi ini dapat dengan mudah ditemukan hampir diseluruh sudut kota atau di jalan-jalan yang ditandai dengan lampu merah dibagian atas taxi untuk menunjukan taxi kosong dan dapat dipanggil. Tarif yang di gunakan di Bangkok menggunakan argo dengan tarif minimal 35 THB (atau sekitar 15.000 IDR).

Selain taksi, uber juga bisa digunakan di sini dengan tarif yang tidak berbeda jauh.

  • Express Boat

Menjadi salah satu transportasi unik yang patut dicoba, Express Boat akan menghadirkan pengalaman menyenangkan untuk anak-anak menyusuri sungai dengan perahu. Perahu Chao Phraya Express beroprasi di sungai Chao Phraya  dan menghubungkan pusat kota Bangkok dengan Nonthaburi. Sistem transportasi air ini juga memiliki perjalanan wisata untuk turis yang berlangsung di akhir pekan dimana familygoers dapat berkeliling menikmati keindahan sungai Chao Phraya yang bersih dan minim sampah. Familygoers dapat melakuakn pembayaran perjalanan di loket dermaga yang dijaga petugas berbahasa Inggris dengan tarif bergantung dari jarak tujuan.

  • Bus

Bus dapat menjadi pilihan transportasi untuk menuju tempat-tempat wisata yang belum dapat dicapai menggunakan MRT atau BTS. Dengan ratusan jalur yang mencapai hampir seluruh area Bangkok, bus yang ada hadir dengan berbagai jenis mulai dari bus modern hingga bus tua terawat yang dapat dinaiki dari halte bus. Meskipun menjadi transportasi yang paling murah di kota, angkutan umum ini akan cukup sulit digunakan oleh familygoers karena jalur yang rumit dan rute yang biasanya tertulis hanya dengan tulisan Thailand tanpa bahasa Inggris sehingga cukup membingungkan. Banyaknya penumpang yang berdesakan di dalam bus juga terkadang dapat cukup menganggu bagi anak-anak. Untuk dapat mencoba transportasi ini, familygoers tidak perlu membeli tiket karena seluruh pembayaran dilakukan didalam bus oleh petugas kondektur dengan tarif berdasarkan jarak yang dituju.

  • Tuk Tuk

Tidak jauh berbeda denga bajaj yang ada di Jakarta, Tuk Tuk adalah pilihan transportasi tradisional dan salah satu ikon tersendiri bagi Bangkok. Berlibur di Bangkok juga belum lengkap apabila tidak mencoba Tuk Tuk untuk berkeliling kota. Tuk Tuk dapat memuat hingga 3 orang dewasa didalamnya. Tarif menaiki transortasi ini berasarkan hasil tawar menawar yang telah disepakati bersama supir.

  • Sewa Mobil

Sewa mobil di Bangkok dapat menjadi pilihan paling mudah untuk familygoers yang ingin mencapai banyak tempat yang tidak tercapai dengan transportasi umum. Dengan menyewa mobil familygoers juga dapat leluasa membawa banyak barang kebutuhan anak-anak dan dapat dengan nyamn mengunjungi banyak tempat sekaligus. Tarif menyewa mobil berkisar antara 2.500 THB atau sekitar 1.100.000 IDR untuk sewa mobil sekelas Toyota Innova+supir  selema 12 jam dan tarif tambahan sebesar 300 THB atau sekitar IDR 130.000 untuk setiap jam selanjutnya. Sewa mobil untuk grup kecil ini dapat memuat maksimal 2-7 orang tanpa koper atau 4 orang dengan koper.




Bangkok – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Bangkok ?

Masih berada di kawasan Asia Tenggara dengan musim yang sama seperti Indonesia yaitu panas dan hujan, Bangkok sangat baik bila dikunjungi saat cuaca sedang cerah dan tidak hujan. Banyaknya tempat wisata di luar ruangan seperti kuil-kuil bersejarah hingga jejeran jalanan tempat berbelanja dapat dinikmati dengan leluasa saat musim panas. Di akhir bulan November adalah waktu terbaik cuaca yang ada di Bangkok. Puncak musim hujan di kota ini berlangsung di bulan Oktober hingga November sehingga familygoers dapat menghindari bulan-bulan tersebut jika tidak ingin terjebak hujan yang mengganggu waktu bersenang-senang.

Jika familygoers berkunjung pada saat musim panas, pastikan familygoers membawa payung, topi, sunblock dan water spray karena di musim panas Bangkok akan sangat terik. Sebaiknya hindari tempat wisata outdoor apabila membawa bayi dan batita.

Visa

Warga Indonesia tidak membutuhkan visa ke Bangkok. Cukup membawa passpor dan menuliskan keterangan tempat menginap di imigrasi Bangkok nanti. Izin berkunjung tanpa visa ini diberikan maksimal 30 hari.

Sim card Bangkok

Dalam hal berkomunikasi atau mengakses internet, Bangkok menawarkan banyak kemudahan. Sim Card dapat dengan mudah familygoers temukan di supermarket atau kios-kios seperti 7-Eleven. Familygoers juga dapat membeli langsung di outlet dari 3 perushaan sim card terbesar yang ada di Thailand yaitu AIS, DTAC, dan True Move yang berada di bandara. Semua sim card yang ada dapat dipilih dari 3 ukuran yaitu normal, micro, dan nano sim. Pendaftaran kartu yang ada juga hanya membutuhkan ID atau passport yang familygoers miliki.

Untuk paket internet, ada banyak penawaran yang dapat dipilih. Data sebesar 1 GB dapat familygoers dapatkan seharga kurang lebih 35 THB (atau sekitar 15.000 IDR) untuk masa aktif 1 hari, 65 THB (atau sekitar 28.000 IDR) untuk 3 hari, 90 THB (atau sekitar 39.000 IDR) untuk 5 hari, dan 99 THB (atau sekitar 42.500 IDR) untuk 7 hari. Pastikan untuk memilih paket data yang sesui waktu dan kebutuhan yang familygoers gunakan.

Nilai tukar mata uang Bangkok

Mata uang yang digunakan di Bangkok, Thailand adalah Thai Baht (฿ atau THB)

1 USD = sekitar 32.6419 THB

1 THB = sekitar IDR 415




Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Bangkok with Kids

Menjadi salah satu destinasi negara yang paling banyak disukai wisatawan di Asia, Bangkok menyimpan pesona yang siap membuat familygoers jatuh cinta. Negara ini juga menjadi tempat tujuan wisata favorit yang banyak dikunjungi warga Indonesia selain negara lain yang dekat dengan kita seperti Singapura dan Malaysia. Hanya butuh direct flight singkat selama kurang lebih 3-4 jam dari Jakarta, untuk dapat menikmati kecantikan Bangkok.

Ibu kota dari negara Thailand ini terkenal dengan budaya nya yang masih kental dan memiliki umat Buddha terbesar di dunia, juga banyak tempat wisata bersejarah yang indah. Jalanan ramai tempat menikmati kehidupan malam di Bangkok juga dapat menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan sambil menikmati warna-warni lampu kota dan pasar malam.

Berpusat di kawasan sungai Chao Praya, jajaran tempat wisata yang berdekatan akan memudahkan penjelajahan familygoers dan keluarga untuk menikmati banyaknya tempat yag ada. Puas melihat candi ramai dimana turis mengagumi bangunan-bangun bercorak emas atau keramik yang semarak sementara banyak warga Bangkok berdoa, ajak si kecil bermain. Bangkok memiliki banyak pilihan area playground canggih yang memanfatkan tekonologi dan dibuat sedemikian rupa untuk menyenangkan anak-anak. Biaya hidup yang cukup murah bahkan hingga 30 persen lebih murah dari pada biaya hidup di Jakarta juga menjadikan negara dengan simbol gajah putih ini sebagai negara yang cocok untuk liburan dengan budget friendly yang hemat.

Bangkok – Adventure/Theme Park

Temukan berbagai pilihan area bermain anak yang cocok sesuai keinginan mereka. Menikmati tempat bermain canggih dengan teknologi terbaru untuk permainan tidak biasa seperti perang laser atau menerbangkan pesawat dengan simulasi yang menghadirkan pengalaman seperti dalam kehidupan yang sebenarnya, semuanya ada di Bangkok. Banyak pilihan taman bermain air yang lengkap juga dapat menjadi pilihan tempat menghabiskan waktu menyenangkan saat cuaca sedang panas. Anak-anak hingga orang dewasa akan merasakan keseruan bermain tanpa mengenal usia untuk kenangan tak terlupakan dari liburan yang indah di Bangkok.

Safari World
Pororo Water Park
Amped Trampoline Park
Laser Game (Lazgam)
Fantasia Lagoon
Dinosaurus Planet
Sea Life Bangkok
Dream World
KidZania Bangkok
Siam Park City
Snow Town
Zanook Wake Park
Flight Experience Bangkok
Funarium

Bangkok – Arts & Culture/Museum

Jangan lewatkan untuk melihat langsung kemegahan bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi kebanggan kota Bangkok. Kuil-kuil yang ada dan menjadi pusat keramaian wisatawan menyimpan banyak cerita menarik untuk diketahui. Bangkok juga memiliki beberapa museum bertema unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. Beberapa museum bahkan dibuat untuk ditujukan kepada anak-anak, lengkap dengan area bermain dan hal-hal menarik untuk menambah pengetahuan si kecil. Anak-anak akan senang mengeksplorasi museum dengan cara fun dan interaktif.

National Science Museum Chamchuri Square
Science Museum
The Natural History Museum
The Information Technology Museum
Bangkok Art & Culture Center
Children’s Discovery Museum
Wat Traimit
Batcat Toy Museum
Wat Pho
Grand Palace
Madame Tussauds Bangkok
Wat Arun
Wat Phra Kaew
Jim Thompson House and Museum
Vimanmek Teak Mansion
Bangkok Forensic Museum (Siriraj Medical Museum)

Bangkok – Nature

Menikmati waktu melakukan kegiatan outdoor di area hijau yang indah bersama keluarga selalu dapat menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan. Bangkok memiliki taman kota yang sejuk dengan banyak fasilitas seru untuk berolah raga atau hanya berjalan-jalan menikmati udara kota Bangkok yang menyegarkan. Banyak taman dibuat ramah untuk bersepeda dengan nyaman lengkap dengan penyewaan sepeda yang memiliki tarif murah. Anak-anak akan senang dapat bergerak bebas dan bermain di alam terbuka.

Lumpini Park
Benjakitti Park
King Rama IX Park
Bang Krachao
Benjasiri Park
Chatuchak Park
Queen Sirikit Park
Romaneenart Park
Rot Fai Gardens
Sanam Luang Park (The Royal Field)
Santichaiprakarn Park
Santiphap Park
Saranrom Park
Grandpa Urban Farm
Phuttha Monthon

Bangkok – Food

Menikmati street food lezat Bangkok dengan banyak menu unik yang membuat penasaran menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur. Bangkok juga menjaid kota di mana banyak ditemukan hewan-hewan ekstrim yang diolah menjadi makanan lezat seperti kecebong, ulat, telur semut, belalang, hingga telur bebek yang msudah menjai embrio dan memperlihatkan sebagian kelapa serta kakinya saat dibuka. Restoran dan cafe tematik akan menjadi tempat menyenakan bagi si anak mengisi perut mereka dengan dekorasi cantik penuh boneka atau interior yang membuat familygoers serasa menikmati makanan di pedesaan eropa.

Asiatique the Riverfront
True Love Cafe @Neverland
Slappy Cakes Bangkok
Mr Jones’ Orphanage
Hajime Robot Restaurant
Kra-Ton Flying Unicycle Chicken
Chocolate Ville

Bangkok – Shop

Saat ini Bangkok menjadi destinasi wisata belanja favorit banyak orang di Indonesia. Selain menyediakan banyak barang-barang murah yang bagus, fashion dan pakaian di Bangkok menjadi salah satu yang paling mengikuti tren dan perkembangan jaman saat ini. Dari pakaian orang dewasa, anak-anak hingga pakaian bayi bisa didapatkan dengan harga lebih murah dari Jakarta. Tidak heran jika Bangkok disebut sebagai surga belanja.  Misalnya di Chatuchak Weekend Market, familygoers sudah dapat menemukan semua barang yang diinginkan di lebih dari 15.000 outlet yang berjejer dan menjadi pasar terbesar di Asia Tenggara. Tentunya banyak pilihan pusat perbelanjaan lain di Bangkok yang memberikan pengalaman berbelanja menyenangkan bersama keluarga.

Chatuchak Weekend Market
Rod Fai Market
Chinatown (Yaowarat Road)
The Emporium
Pickadaily English Town
Central World
Siam Paragon
Khao San Road
Asiatique the Riverfront

Bangkok – Transportasi

Bangkok memiliki banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk menjelajah kota dan tempat-tempat wisata yang ada. Mulai dari kereta dengan lintasan melayang, kereta bawah tanah, hingga express boat dengan jalur disepanjang sungai Chao Phraya, semua menghadirkan pengalaman menarik. Kenali jalur dan pilihan transportasi yang ada agar tepat sesuai kenginan dan kebutuhan yang familygoers perlukan.

  • Skytrain (BTS)

Bangkok Transitt System (BTS) atau dikenal juga dengan Skytrain merupakan transportasi kebanggaan Bangkok yang bebas macet dan menawarkan kemudahan, keamanan kenyamanan untuk berkeliling kota.  Kereta yang seluruh jalur lintasannya melayang ini memiliki 2 jalur yaitu Silom Line dan Sukhumvit Line yang merupakan salah satu kawasan bisnis utama di Bangkok. Stasiun paling ramai dari BTS ini berada di Siam Stasiun yang selalu padat orang karena menjadi stasiun pertemuan dari dua jalur yang ada.

Untuk dapat menggunakan transportasi ini, familygoers dapat membeli tiket dari vending machine tanpa layar yang hanya menerima pembayaran dengan uang koin atau bisa juga membeli dari loket petugas. Di samping vending machine penjualan tiket, familygoers dapat membaca jalur yang ada dari papan disebelah kanan mesin dengan angka-angka di setiap titik stasiun untuk mengetahui harga yang harus dibayar untuk tujuan yang diinginkan. Familygoers akan mendapatkan tiket dari mesin untuk ditempelkan saat masuk dan keluar stasiun.

Untuk memudahkan perjalanan, familygoers dapat mengambil peta jalur BTS di banyak tempat umum seperti bandara dan loket tugas. Tarif BTS ini berkisar antara 15 THB (sekitar 6.400 IDR) hingga 55 THB (sekitar 24.000 IDR) bergantung jarak yang ditempuh. Tiket BTS juga tersedia untuk 1 hari (one day pass unlimited) dengan tarif sekitar 16 THB (sekitar 6.900 IDR) sampai 42 THB (sekitar 18.000 IDR) atau 120 THB (sekitar 51.000 IDR).

  • Subway (MRT)

Mass Rapid Transit atau biasa disebut MRT merupakan kereta bawah tanah yang ada di Bangkok. Transportasi ini adalah salah satu yang dapat dipilih untuk mengunjungi banyak tempat wisata dengan mudah. Terdapat 18 pemberhentian yang tersebar hampir diseluruh sudut kota dari Bangsue Station hingga Hua Lumphong Station. Kereta bawah tanah ini juga tersambung dengan skytrain di beberapa pemberhentian yaitu Silom (Sala Daeng BTS), Sukhumvit (Asok BTS), dan Chatuchak Park (Mochit BTS) untuk memudahkan perpindahan transportasi. Adanya ramp/elevator dan eskalator untuk menghubungkan jalan dengan stasiun bawah tanah dapat memudahkan familygoers mengakses MRT. Untuk dapat menggunakan transportasi ini, familygoers dapat membeli tiket dari vending machine dengan memilih stasiun tujuan yang akan mengeluarkan koin berbentuk bundar untuk dibayar kan saat turun dan keluar menuju exit gate.

  • Airport Rail Link (ARL)

Airport Rail Link adalah transportasi yang menghubungkan bandara Internasional Suvarnabhumi dengan pusat kota Bangkok dengan waktu singkat kurang dari 30 menit saja. Kereta bandara ini dapat menjadi pilihan menempuh jarak 28.6 km yang bebeas macet dan mudah. Terdapat 2 jalur yang beroprasi yaitu Express Line yang ditandai dengan jalur berwarna merah dan kuning juga City Line yang berwarna biru. Express Line dapat menjadi pilihan untuk familygoers yang ingin melakukan perjalanan langsung dari bandara menuju Makkasan atau Phaya Thai tanpa adanya pemberhentian, berbeda dengan City Line yang memiliki transit di setiap stasiun yang dilalui.

  • Taxi

Taxi selalu menjadi pilihan paling mudah dan nyaman berkeliling kota terlebih bila bersama dengan anak-anak yang masih kecil. Familygoers dapat memilih menggunakan taxi apabila jalanan sedang tidak terlalu macet atau untuk berkunjung ke tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh angkutan umum lainya. Transportasi ini dapat dengan mudah ditemukan hampir diseluruh sudut kota atau di jalan-jalan yang ditandai dengan lampu merah dibagian atas taxi untuk menunjukan taxi kosong dan dapat dipanggil. Tarif yang di gunakan di Bangkok menggunakan argo dengan tarif minimal 35 THB (atau sekitar 15.000 IDR).

Selain taksi, uber juga bisa digunakan di sini dengan tarif yang tidak berbeda jauh.

  • Express Boat

Menjadi salah satu transportasi unik yang patut dicoba, Express Boat akan menghadirkan pengalaman menyenangkan untuk anak-anak menyusuri sungai dengan perahu. Perahu Chao Phraya Express beroprasi di sungai Chao Phraya  dan menghubungkan pusat kota Bangkok dengan Nonthaburi. Sistem transportasi air ini juga memiliki perjalanan wisata untuk turis yang berlangsung di akhir pekan dimana familygoers dapat berkeliling menikmati keindahan sungai Chao Phraya yang bersih dan minim sampah. Familygoers dapat melakuakn pembayaran perjalanan di loket dermaga yang dijaga petugas berbahasa Inggris dengan tarif bergantung dari jarak tujuan.

  • Bus

Bus dapat menjadi pilihan transportasi untuk menuju tempat-tempat wisata yang belum dapat dicapai menggunakan MRT atau BTS. Dengan ratusan jalur yang mencapai hampir seluruh area Bangkok, bus yang ada hadir dengan berbagai jenis mulai dari bus modern hingga bus tua terawat yang dapat dinaiki dari halte bus. Meskipun menjadi transportasi yang paling murah di kota, angkutan umum ini akan cukup sulit digunakan oleh familygoers karena jalur yang rumit dan rute yang biasanya tertulis hanya dengan tulisan Thailand tanpa bahasa Inggris sehingga cukup membingungkan. Banyaknya penumpang yang berdesakan di dalam bus juga terkadang dapat cukup menganggu bagi anak-anak. Untuk dapat mencoba transportasi ini, familygoers tidak perlu membeli tiket karena seluruh pembayaran dilakukan didalam bus oleh petugas kondektur dengan tarif berdasarkan jarak yang dituju.

  • Tuk Tuk

Tidak jauh berbeda denga bajaj yang ada di Jakarta, Tuk Tuk adalah pilihan transportasi tradisional dan salah satu ikon tersendiri bagi Bangkok. Berlibur di Bangkok juga belum lengkap apabila tidak mencoba Tuk Tuk untuk berkeliling kota. Tuk Tuk dapat memuat hingga 3 orang dewasa didalamnya. Tarif menaiki transortasi ini berasarkan hasil tawar menawar yang telah disepakati bersama supir.

  • Sewa Mobil

Sewa mobil di Bangkok dapat menjadi pilihan paling mudah untuk familygoers yang ingin mencapai banyak tempat yang tidak tercapai dengan transportasi umum. Dengan menyewa mobil familygoers juga dapat leluasa membawa banyak barang kebutuhan anak-anak dan dapat dengan nyamn mengunjungi banyak tempat sekaligus. Tarif menyewa mobil berkisar antara 2.500 THB atau sekitar 1.100.000 IDR untuk sewa mobil sekelas Toyota Innova+supir  selema 12 jam dan tarif tambahan sebesar 300 THB atau sekitar IDR 130.000 untuk setiap jam selanjutnya. Sewa mobil untuk grup kecil ini dapat memuat maksimal 2-7 orang tanpa koper atau 4 orang dengan koper.


Bangkok – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Bangkok ?

Masih berada di kawasan Asia Tenggara dengan musim yang sama seperti Indonesia yaitu panas dan hujan, Bangkok sangat baik bila dikunjungi saat cuaca sedang cerah dan tidak hujan. Banyaknya tempat wisata di luar ruangan seperti kuil-kuil bersejarah hingga jejeran jalanan tempat berbelanja dapat dinikmati dengan leluasa saat musim panas. Di akhir bulan November adalah waktu terbaik cuaca yang ada di Bangkok. Puncak musim hujan di kota ini berlangsung di bulan Oktober hingga November sehingga familygoers dapat menghindari bulan-bulan tersebut jika tidak ingin terjebak hujan yang mengganggu waktu bersenang-senang.

Jika familygoers berkunjung pada saat musim panas, pastikan familygoers membawa payung, topi, sunblock dan water spray karena di musim panas Bangkok akan sangat terik. Sebaiknya hindari tempat wisata outdoor apabila membawa bayi dan batita.

Visa

Warga Indonesia tidak membutuhkan visa ke Bangkok. Cukup membawa passpor dan menuliskan keterangan tempat menginap di imigrasi Bangkok nanti. Izin berkunjung tanpa visa ini diberikan maksimal 30 hari.

Sim card Bangkok

Dalam hal berkomunikasi atau mengakses internet, Bangkok menawarkan banyak kemudahan. Sim Card dapat dengan mudah familygoers temukan di supermarket atau kios-kios seperti 7-Eleven. Familygoers juga dapat membeli langsung di outlet dari 3 perushaan sim card terbesar yang ada di Thailand yaitu AIS, DTAC, dan True Move yang berada di bandara. Semua sim card yang ada dapat dipilih dari 3 ukuran yaitu normal, micro, dan nano sim. Pendaftaran kartu yang ada juga hanya membutuhkan ID atau passport yang familygoers miliki.

Untuk paket internet, ada banyak penawaran yang dapat dipilih. Data sebesar 1 GB dapat familygoers dapatkan seharga kurang lebih 35 THB (atau sekitar 15.000 IDR) untuk masa aktif 1 hari, 65 THB (atau sekitar 28.000 IDR) untuk 3 hari, 90 THB (atau sekitar 39.000 IDR) untuk 5 hari, dan 99 THB (atau sekitar 42.500 IDR) untuk 7 hari. Pastikan untuk memilih paket data yang sesui waktu dan kebutuhan yang familygoers gunakan.

Nilai tukar mata uang Bangkok

Mata uang yang digunakan di Bangkok, Thailand adalah Thai Baht (฿ atau THB)

1 USD = sekitar 32.6419 THB

1 THB = sekitar IDR 415


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *