Amsterdam With Kids

Terkenal sejak abad ke-17 saat menjadi Ibukota Belanda, banyak yang bisa ditemukan di Amsterdam. Suasanya yang berpadu antara klasik dan modern membuat kota ini unik untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak masalah anak-anak familygoers masih bayi, balita atau remaja, Amsterdam bisa menjadi tujuan traveling bagi familygoers.

Amsterdam adalah kota yang dikemas penuh kesenangan, atraksi seru, dan menarik untuk seluruh keluarga. Lalu hal apa saja yang dapat dilakukan dengan anak-anak di Amsterdam ? Bermain di taman-taman dan berkunjung ke museum favorit keluarga, selain itu familygoers dapat mengarungi kanal, mengunjungi sebuah kincir angin yang masih berfungsi dan keluar dari dalam penjara dalam satu hari. Familygoers bahkan dapat menemukan babysitter khusus untuk wisatawan di sini. Destinasi idaman untuk berlibur dan pastinya akan sangat berkesan.  

 

Amsterdam – Adventure / Theme Park

Berpetualang di Amsterdam bukan hanya seru untuk orang dewasa. Anak-anak pun akan dapat menikmati petualangan dengan versi mereka di kota ini. Mulai dari main ayunan di ketinggian sampai berkunjung ke peternakan, semuanya akan menjadi petualangan yang menyenangkan. Saat cuaca tak menentu pun familygoers tak perlu khawatir mencari tempat hiburan untuk anak-anak. Banyak tempat hiburan keluarga menarik yang berada di dalam ruangan.

Living Horse Museum – De Hollandse Manege
De Amsterdamse Manege
ARTIS Amsterdam Royal Zoo
Geitenboerderij Ridammerhoeve (Goat farm)
Tunfun
Ballorig
Ontdekhoek
A’DAM Lookout (360° Amsterdam)



Amsterdam – Arts & Culture / Museum

Sejak dini akan sangat baik untuk mengenalkan seni & budaya kepada anak-anak. Amsterdam punya banyak tempat yang menarik untuk anak-anak belajar hal sejarah dan hal baru, mulai dari museum sampai teater. Semua hal tersebut dikemas dengan menarik sehingga tidak “terlalu serius” untuk anak-anak. Konsep museum yang interaktif membuat belajar menjadi menyenangkan termasuk untuk orang dewasa. Familygoers tinggal mencari tema kegemaran anak-anak dan pergi bersama mereka ke salah satu museum di Amsterdam.

Electric Museum Tram Line Amsterdam
Nemo Science Museum
Madame Tussauds Amsterdam
Anne Frank House
Amsterdam Marionette Theatre
Pathe Tuschinski
Amsterdam Dungeon
Ripley’s Believe It Or Not



Amsterdam – Nature

Amsterdam memiliki cukup banyak wilayah hijau dan ruang publik terbuka ramah anak. Taman hijau dengan pohon-pohon rindang, kolam, dan bunga warna-warni di sekitar ditambah kesunyian yang berbeda dengan suasana hiruk pikuk kota. Kota Amsterdam memiliki lebih dari 30 ribu taman, termasuk taman Vondelpark yang sudah sangat populer bagi penduduk lokal. Di taman, familygoers bisa mengajak anak-anak bersepeda, berlarian sambil piknik dengan membawa snack dan minuman yang dibeli di toko. Bahkan ada beberapa taman yang mengizinkan pengunjung untuk barbecue. Setiap tahunnya, di taman-taman tertentu diadakan event, dari musik hingga teater, dari yang gratis hingga berbayar. Untuk jadwal event bisa dicek di : jadwal event Amsterdam.

Amsterdamse Bos
Hortus Botanicus, Amsterdam Botanical Garden
Amstelpark
Vondelpark
Beatrixpark



Amsterdam – Food

Familygoers tak perlu khawatir tentang makanan saat pergi ke Amsterdam. Di sini makanan populer dari segala penjuru dunia mudah ditemukan, termasuk makanan Indonesia semisal nasi goreng. Untuk anak-anak pun ada banyak sekali pilihan makanan yang sesuai, termasuk anak-anak dengan diet khusus. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Belanda yang pasti digemari anak-anak yaitu pancake. Anak-anak juga bisa merasakan sensasi menyiapkan dan memasak makanan sendiri di kafe khusus anak-anak.

Boerderij Meerzicht
Kinderkookkafe
De Carrousel Pannenkoeken



Amsterdam – Shop

Ada banyak toko unik yang bisa ditemui di Amsterdam. Tapi pastinya toko yang paling diminati anak-anak adalah toko mainan. Familygoers harus bersiap untuk menghabiskan waktu lama saat berkunjung ke toko-toko mainan di Amsterdam karena pastinya seru dan mainnya juga bagus-bagus. Selain itu anak-anak juga pasti akan tertarik untuk melihat pasar ala Belanda, di sana familygoers dapat mencari suvenir, baju, sepeda, koper atau hanya sekedar nongkrong sambil menikmati jajanan lokal.

Albert Cuyp Markt
De winkel van nintje
Goochem Speelgoed



Amsterdam – Transportasi

Ada banyak cara berkeliling kota Amsterdam saat familygoers berkunjung ke sana. Tak perlu khawatir karena Amsterdam memiliki sarana transportasi yang terintegrasi dengan baik. Transportasi umum adalah pilihan yang terbaik, selain berjalan kaki dan naik sepeda. Sementara untuk mobil tidak disarankan karena biasanya akan kesulitan mencari tempat parkir yang dekat dengan spot-spot wisata, selain juga tarif parkir yang tinggi.

  • Bus, Tram, Metro

Ada beberapa pilihan kartu transportasi untuk bisa menggunakan bus, tram dan metro. Amsterdam memiliki beberapa perusahaan penyedia transportasi publik, diantaranya GVB, Connexxion, EBS Dan ES. Perusahaan layanan transportasi ini ada yang melayani hanya wilayah Amsterdam saja, ada juga yang sampai luar Amsterdam. Saat ini, pembelian tiket tidak menerima uang cash, hanya kartu debet dan kredit. Pastikan kartu kredit dan debet familygoers bisa digunakan di Amsterdam. Familygoers bisa menanyakan langsung ke bank penerbit kartu. Untuk tiket, tersedia beberapa pilihan :

Single use ticket

Tiket ini bisa dibeli di atas bus atau tram dan di mesin-mesin stasiun kereta. Harga tiket sekali trip ini cukup mahal dibandingkan jika familygoers membeli tiket unlimited. Harganya berkisar EUR 2.9 atau sekitar IDR 47.000. Jika dalam satu hari, familygoers menggunaan transportasi publik lebih dari 5 kali, tentunya single use ticket ini bukan pilihan tepat. Familygoers bisa memilih unlimited ticket.

Unlimited ticket

Tiket yang paling nyaman digunakan adalah ov-chipkaart (public transport chip card). Familygoers bisa membelinya per jam ataupun per hari, dari satu hari hingga tujuh hari tergantung berapa lama familygoers singgah di Amsterdam dan menggunakan public transport. Tiket 24 jam bisa dibeli langsung dari kondektur bus atau tram seharga EUR 7,5 atau sekitar IDR 123.000. Sementara untuk tiket per hari bisa dibeli di mesin penjualan GBS ticket, loket dan information center GBS, dan newsstand dan supermarket. Tiket bisa digunakan baik untuk bus, tram ataupun metro di dalam kota Amsterdam.

Ada dua jenis kartu ov-chipkaart, personalised dan non-personalised. Familygoers dapat memilih non-personalised cards yang bisa di-recharge sewaktu-waktu. Yang terpenting adalah familygoers tidak boleh lupa untuk melakukan check-in dan check out dengan ov-chipkaart setiap kali menggunakan public transport jika tidak ingin terkena penalti.

I Amsterdam City Card

Kartu ini dapat digunakan untuk bus, tram dan metro secara unlimited (sesuai dengan jangka waktu pemakaian 24-96 jam). Selain penggunaan unlimited untuk sarana transportasi publik, pengguna kartu ini juga sekaligus mendapatkan:

  • Free entry ke museum dan atraksi terbaik di Amsterdam semisal NEMO Science Museum dan ARTIS Royal Zoo
  • Free canal cruise, cara seru untuk menjelajah pusat kota yang historis dengan kapal
  • Great discounts and special offers
  • A free, detailed city map
  • Free giveaways & discounts untuk konser, teater, rental, restoran, dll

Dengan fasilitas yang bisa didapatkan, kartu ini memang lebih mahal dari ov-chipkaart. Jika familygoers berencana mengunjungi atraksi-atraksi wisata yang terdapat dalam fasilitas diskon atau free entry kartu ini, maka membeli kartu ini bisa lebih hemat. Namun sebaliknya, jika tidak terlalu banyak atraksi wisata yang dikunjungi, familygoers bisa membeli ov-chipkaart saja. Perhatikan atraksi wisata mana saja yang mendapatkan diskon dari kartu ini karena tidak semua atraksi menerima fasilitas diskon ini.

Info lebih lanjut: I Amsterdam City Card

  • Hop on hop off bus tour

Bus Hop on Hop Off adalah salah satu alternatif menarik untuk keliling kota Amsterdam tanpa perlu repot karena bus ini akan berhenti di spot-spot wisata kota ini. Keuntungan lainnya adalah tak perlu khawatir saat cuaca yang tidak menentu tetap bisa melihat-lihat kota Amsterdam, anak-anak juga dapat dengan nyaman berisitirahat dalam bus jika dibutuhkan.

Info lebih lanjut: Amsterdam Hop On Hop Off

  • Sepeda

Amsterdam adalah kota kecil yang compact, sangat mudah dijangkau dengan bersepeda. Kota ini juga dikenal dengan kota yang ramah sepeda. Selain menaiki public transport, familygoers juga bisa menggunakan sepeda berkeliling kota Amsterdam. Banyak sekali penyewaan sepeda di kota ini. Tempat penyewaan sepeda biasanya menyediakan beragam ukuran sepeda, untuk dewasa hingga anak-anak. Ada juga sepeda tandem. Selain itu, biasanya mereka menyediakan juga baby/child seat untuk sepeda. Jadi familygoers bisa membawa serta si kecil bersepeda. Familygoers bisa menyewa sepeda mulai dari harga EUR 5 atau sekitar IDR 82.000 per jam, bisa juga menyewa per hari dengan harga mulai dari EUR 9,75 atau sekitar IDR 158.000.

Informasi tempat rental sepeda bisa dilihat di Bike Hire in Amsterdam




Amsterdam – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Amsterdam ?

Seperti kota lainnya di Eropa, Amsterdam memiliki empat musim; jadi selalu ada sensasi yang berbeda saat berkunjung di setiap musim tersebut. Namun untuk familgoers yang tidak tahan dingin paling cocok untuk berkunjung di bulan April – September. Saat itu, Amsterdam mengalami musim semi dan musim panas. Sementara musim gugur dan musim dingin terjadi pada bulan Oktober hingga Maret.

Saat musim semi bunga-bunga bermekaran dan udara terasa sejuk, lalu musim panas dan musim gugur yang juga tak kalah indahnya. Sementara untuk yang penasaran dengan salju bisa datang saat musim dingin. Perlu dicatat bahwa Amsterdam bukanlah kota yang terlalu bersalju. Hujan lebih sering terjadi saat musim dingin. Selalu cek weather forecast saat akan traveling untuk menyiapkan pakaian yang tepat agar tidak kepanasan apalagi kedinginan. Hati-hati dengan angin karena kebanyakan kota-kota di Belanda angin terasa menusuk tulang.

Penting untuk diingat jam buka standar tempat wisata dan toko-toko di Amsterdam adalah jam 9:00 atau 10:00 dan biasanya tutup jam 18:00 atau 19:00

Visa

Cara mengurus visa untuk pergi ke Belanda dengan cara booking tiket terlebih dahulu, menyiapkan invitation / guarantee letter (jika punya kelurga di Belanda), bank garansi (tabungan dan rekening koran selama 3 bulan), itinerary singkat tujuan perjalanan di Eropa atau Belanda – lalu membuat janji via embassy web melalui agency yang ada di Kuningan City.  Paling lambat mengurus visa 1 bulan sebelum rencana keberangkatan, pastikan seluruh dokumen lengkap agar bisa cepat di proses. Untuk informasi lebih lengkap dan aplikasi visa online bisa dicek di vfs global.

Maskapai

Terbang ke Amsterdam akan memakan waktu yang cukup panjang, sebaiknya jika memungkinkan familygoers menggunakan direct flight non-stop saat terbang bersama bayi & balita. Maskapai  seperti Garuda Indonesia, Emirates dan KLM direkomendasikan saat terbang bersama anak-anak. Terutama Garuda Indonesia karena tentunya seringkali familygoers lebih merasa nyaman terbang dengan maskapai ini karena kemudahan berkomunikasi dengan awak pesawat yang paham budaya orang Indonesia. Sementara Emirates dan KLM juga sangat bagus untuk anak-anak dengan awak pesawat yang sabar, helpful dan pengertian terhadap penumpang yang membawa anak-anak.

Baby Sitter

Pernah terpikir untuk menitipkan anak-anak sebentar dan menikmati makan malam romantis berdua pasangan saat liburan? Di Amsterdam ada layanan baby sitter untuk wisatawan, para pengasuh dapat dipilih dan menyesuaikan penggunaan bahasa dari berbagai negara. Sayangnya belum ada yang berbahasa Indonesia, namun tak ada salahnya untuk mencoba kalau anak anda juga mengerti bahasa asing, semisal Inggris atau Perancis.

Info lebih lanjut: Holiday Sitters

Nilai tukar mata uang Belanda

Mata uang yang digunakan di Amsterdam, Belanda adalah mata uang Eropean Union yaitu EURO (€ atau EUR)

USD 1 = sekitar EUR 0.84

EUR 1 = sekitar IDR 15800

 




Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Amsterdam With Kids

Terkenal sejak abad ke-17 saat menjadi Ibukota Belanda, banyak yang bisa ditemukan di Amsterdam. Suasanya yang berpadu antara klasik dan modern membuat kota ini unik untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak masalah anak-anak familygoers masih bayi, balita atau remaja, Amsterdam bisa menjadi tujuan traveling bagi familygoers.

Amsterdam adalah kota yang dikemas penuh kesenangan, atraksi seru, dan menarik untuk seluruh keluarga. Lalu hal apa saja yang dapat dilakukan dengan anak-anak di Amsterdam ? Bermain di taman-taman dan berkunjung ke museum favorit keluarga, selain itu familygoers dapat mengarungi kanal, mengunjungi sebuah kincir angin yang masih berfungsi dan keluar dari dalam penjara dalam satu hari. Familygoers bahkan dapat menemukan babysitter khusus untuk wisatawan di sini. Destinasi idaman untuk berlibur dan pastinya akan sangat berkesan.  

 

Amsterdam – Adventure / Theme Park

Berpetualang di Amsterdam bukan hanya seru untuk orang dewasa. Anak-anak pun akan dapat menikmati petualangan dengan versi mereka di kota ini. Mulai dari main ayunan di ketinggian sampai berkunjung ke peternakan, semuanya akan menjadi petualangan yang menyenangkan. Saat cuaca tak menentu pun familygoers tak perlu khawatir mencari tempat hiburan untuk anak-anak. Banyak tempat hiburan keluarga menarik yang berada di dalam ruangan.

Living Horse Museum – De Hollandse Manege
De Amsterdamse Manege
ARTIS Amsterdam Royal Zoo
Geitenboerderij Ridammerhoeve (Goat farm)
Tunfun
Ballorig
Ontdekhoek
A’DAM Lookout (360° Amsterdam)

Amsterdam – Arts & Culture / Museum

Sejak dini akan sangat baik untuk mengenalkan seni & budaya kepada anak-anak. Amsterdam punya banyak tempat yang menarik untuk anak-anak belajar hal sejarah dan hal baru, mulai dari museum sampai teater. Semua hal tersebut dikemas dengan menarik sehingga tidak “terlalu serius” untuk anak-anak. Konsep museum yang interaktif membuat belajar menjadi menyenangkan termasuk untuk orang dewasa. Familygoers tinggal mencari tema kegemaran anak-anak dan pergi bersama mereka ke salah satu museum di Amsterdam.

Electric Museum Tram Line Amsterdam
Nemo Science Museum
Madame Tussauds Amsterdam
Anne Frank House
Amsterdam Marionette Theatre
Pathe Tuschinski
Amsterdam Dungeon
Ripley’s Believe It Or Not

Amsterdam – Nature

Amsterdam memiliki cukup banyak wilayah hijau dan ruang publik terbuka ramah anak. Taman hijau dengan pohon-pohon rindang, kolam, dan bunga warna-warni di sekitar ditambah kesunyian yang berbeda dengan suasana hiruk pikuk kota. Kota Amsterdam memiliki lebih dari 30 ribu taman, termasuk taman Vondelpark yang sudah sangat populer bagi penduduk lokal. Di taman, familygoers bisa mengajak anak-anak bersepeda, berlarian sambil piknik dengan membawa snack dan minuman yang dibeli di toko. Bahkan ada beberapa taman yang mengizinkan pengunjung untuk barbecue. Setiap tahunnya, di taman-taman tertentu diadakan event, dari musik hingga teater, dari yang gratis hingga berbayar. Untuk jadwal event bisa dicek di : jadwal event Amsterdam.

Amsterdamse Bos
Hortus Botanicus, Amsterdam Botanical Garden
Amstelpark
Vondelpark
Beatrixpark

Amsterdam – Food

Familygoers tak perlu khawatir tentang makanan saat pergi ke Amsterdam. Di sini makanan populer dari segala penjuru dunia mudah ditemukan, termasuk makanan Indonesia semisal nasi goreng. Untuk anak-anak pun ada banyak sekali pilihan makanan yang sesuai, termasuk anak-anak dengan diet khusus. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Belanda yang pasti digemari anak-anak yaitu pancake. Anak-anak juga bisa merasakan sensasi menyiapkan dan memasak makanan sendiri di kafe khusus anak-anak.

Boerderij Meerzicht
Kinderkookkafe
De Carrousel Pannenkoeken

Amsterdam – Shop

Ada banyak toko unik yang bisa ditemui di Amsterdam. Tapi pastinya toko yang paling diminati anak-anak adalah toko mainan. Familygoers harus bersiap untuk menghabiskan waktu lama saat berkunjung ke toko-toko mainan di Amsterdam karena pastinya seru dan mainnya juga bagus-bagus. Selain itu anak-anak juga pasti akan tertarik untuk melihat pasar ala Belanda, di sana familygoers dapat mencari suvenir, baju, sepeda, koper atau hanya sekedar nongkrong sambil menikmati jajanan lokal.

Albert Cuyp Markt
De winkel van nintje
Goochem Speelgoed

Amsterdam – Transportasi

Ada banyak cara berkeliling kota Amsterdam saat familygoers berkunjung ke sana. Tak perlu khawatir karena Amsterdam memiliki sarana transportasi yang terintegrasi dengan baik. Transportasi umum adalah pilihan yang terbaik, selain berjalan kaki dan naik sepeda. Sementara untuk mobil tidak disarankan karena biasanya akan kesulitan mencari tempat parkir yang dekat dengan spot-spot wisata, selain juga tarif parkir yang tinggi.

  • Bus, Tram, Metro

Ada beberapa pilihan kartu transportasi untuk bisa menggunakan bus, tram dan metro. Amsterdam memiliki beberapa perusahaan penyedia transportasi publik, diantaranya GVB, Connexxion, EBS Dan ES. Perusahaan layanan transportasi ini ada yang melayani hanya wilayah Amsterdam saja, ada juga yang sampai luar Amsterdam. Saat ini, pembelian tiket tidak menerima uang cash, hanya kartu debet dan kredit. Pastikan kartu kredit dan debet familygoers bisa digunakan di Amsterdam. Familygoers bisa menanyakan langsung ke bank penerbit kartu. Untuk tiket, tersedia beberapa pilihan :

Single use ticket

Tiket ini bisa dibeli di atas bus atau tram dan di mesin-mesin stasiun kereta. Harga tiket sekali trip ini cukup mahal dibandingkan jika familygoers membeli tiket unlimited. Harganya berkisar EUR 2.9 atau sekitar IDR 47.000. Jika dalam satu hari, familygoers menggunaan transportasi publik lebih dari 5 kali, tentunya single use ticket ini bukan pilihan tepat. Familygoers bisa memilih unlimited ticket.

Unlimited ticket

Tiket yang paling nyaman digunakan adalah ov-chipkaart (public transport chip card). Familygoers bisa membelinya per jam ataupun per hari, dari satu hari hingga tujuh hari tergantung berapa lama familygoers singgah di Amsterdam dan menggunakan public transport. Tiket 24 jam bisa dibeli langsung dari kondektur bus atau tram seharga EUR 7,5 atau sekitar IDR 123.000. Sementara untuk tiket per hari bisa dibeli di mesin penjualan GBS ticket, loket dan information center GBS, dan newsstand dan supermarket. Tiket bisa digunakan baik untuk bus, tram ataupun metro di dalam kota Amsterdam.

Ada dua jenis kartu ov-chipkaart, personalised dan non-personalised. Familygoers dapat memilih non-personalised cards yang bisa di-recharge sewaktu-waktu. Yang terpenting adalah familygoers tidak boleh lupa untuk melakukan check-in dan check out dengan ov-chipkaart setiap kali menggunakan public transport jika tidak ingin terkena penalti.

I Amsterdam City Card

Kartu ini dapat digunakan untuk bus, tram dan metro secara unlimited (sesuai dengan jangka waktu pemakaian 24-96 jam). Selain penggunaan unlimited untuk sarana transportasi publik, pengguna kartu ini juga sekaligus mendapatkan:

  • Free entry ke museum dan atraksi terbaik di Amsterdam semisal NEMO Science Museum dan ARTIS Royal Zoo
  • Free canal cruise, cara seru untuk menjelajah pusat kota yang historis dengan kapal
  • Great discounts and special offers
  • A free, detailed city map
  • Free giveaways & discounts untuk konser, teater, rental, restoran, dll

Dengan fasilitas yang bisa didapatkan, kartu ini memang lebih mahal dari ov-chipkaart. Jika familygoers berencana mengunjungi atraksi-atraksi wisata yang terdapat dalam fasilitas diskon atau free entry kartu ini, maka membeli kartu ini bisa lebih hemat. Namun sebaliknya, jika tidak terlalu banyak atraksi wisata yang dikunjungi, familygoers bisa membeli ov-chipkaart saja. Perhatikan atraksi wisata mana saja yang mendapatkan diskon dari kartu ini karena tidak semua atraksi menerima fasilitas diskon ini.

Info lebih lanjut: I Amsterdam City Card

  • Hop on hop off bus tour

Bus Hop on Hop Off adalah salah satu alternatif menarik untuk keliling kota Amsterdam tanpa perlu repot karena bus ini akan berhenti di spot-spot wisata kota ini. Keuntungan lainnya adalah tak perlu khawatir saat cuaca yang tidak menentu tetap bisa melihat-lihat kota Amsterdam, anak-anak juga dapat dengan nyaman berisitirahat dalam bus jika dibutuhkan.

Info lebih lanjut: Amsterdam Hop On Hop Off

  • Sepeda

Amsterdam adalah kota kecil yang compact, sangat mudah dijangkau dengan bersepeda. Kota ini juga dikenal dengan kota yang ramah sepeda. Selain menaiki public transport, familygoers juga bisa menggunakan sepeda berkeliling kota Amsterdam. Banyak sekali penyewaan sepeda di kota ini. Tempat penyewaan sepeda biasanya menyediakan beragam ukuran sepeda, untuk dewasa hingga anak-anak. Ada juga sepeda tandem. Selain itu, biasanya mereka menyediakan juga baby/child seat untuk sepeda. Jadi familygoers bisa membawa serta si kecil bersepeda. Familygoers bisa menyewa sepeda mulai dari harga EUR 5 atau sekitar IDR 82.000 per jam, bisa juga menyewa per hari dengan harga mulai dari EUR 9,75 atau sekitar IDR 158.000.

Informasi tempat rental sepeda bisa dilihat di Bike Hire in Amsterdam


Amsterdam – Info Praktis

Kapan saat tepat ke Amsterdam ?

Seperti kota lainnya di Eropa, Amsterdam memiliki empat musim; jadi selalu ada sensasi yang berbeda saat berkunjung di setiap musim tersebut. Namun untuk familgoers yang tidak tahan dingin paling cocok untuk berkunjung di bulan April – September. Saat itu, Amsterdam mengalami musim semi dan musim panas. Sementara musim gugur dan musim dingin terjadi pada bulan Oktober hingga Maret.

Saat musim semi bunga-bunga bermekaran dan udara terasa sejuk, lalu musim panas dan musim gugur yang juga tak kalah indahnya. Sementara untuk yang penasaran dengan salju bisa datang saat musim dingin. Perlu dicatat bahwa Amsterdam bukanlah kota yang terlalu bersalju. Hujan lebih sering terjadi saat musim dingin. Selalu cek weather forecast saat akan traveling untuk menyiapkan pakaian yang tepat agar tidak kepanasan apalagi kedinginan. Hati-hati dengan angin karena kebanyakan kota-kota di Belanda angin terasa menusuk tulang.

Penting untuk diingat jam buka standar tempat wisata dan toko-toko di Amsterdam adalah jam 9:00 atau 10:00 dan biasanya tutup jam 18:00 atau 19:00

Visa

Cara mengurus visa untuk pergi ke Belanda dengan cara booking tiket terlebih dahulu, menyiapkan invitation / guarantee letter (jika punya kelurga di Belanda), bank garansi (tabungan dan rekening koran selama 3 bulan), itinerary singkat tujuan perjalanan di Eropa atau Belanda – lalu membuat janji via embassy web melalui agency yang ada di Kuningan City.  Paling lambat mengurus visa 1 bulan sebelum rencana keberangkatan, pastikan seluruh dokumen lengkap agar bisa cepat di proses. Untuk informasi lebih lengkap dan aplikasi visa online bisa dicek di vfs global.

Maskapai

Terbang ke Amsterdam akan memakan waktu yang cukup panjang, sebaiknya jika memungkinkan familygoers menggunakan direct flight non-stop saat terbang bersama bayi & balita. Maskapai  seperti Garuda Indonesia, Emirates dan KLM direkomendasikan saat terbang bersama anak-anak. Terutama Garuda Indonesia karena tentunya seringkali familygoers lebih merasa nyaman terbang dengan maskapai ini karena kemudahan berkomunikasi dengan awak pesawat yang paham budaya orang Indonesia. Sementara Emirates dan KLM juga sangat bagus untuk anak-anak dengan awak pesawat yang sabar, helpful dan pengertian terhadap penumpang yang membawa anak-anak.

Baby Sitter

Pernah terpikir untuk menitipkan anak-anak sebentar dan menikmati makan malam romantis berdua pasangan saat liburan? Di Amsterdam ada layanan baby sitter untuk wisatawan, para pengasuh dapat dipilih dan menyesuaikan penggunaan bahasa dari berbagai negara. Sayangnya belum ada yang berbahasa Indonesia, namun tak ada salahnya untuk mencoba kalau anak anda juga mengerti bahasa asing, semisal Inggris atau Perancis.

Info lebih lanjut: Holiday Sitters

Nilai tukar mata uang Belanda

Mata uang yang digunakan di Amsterdam, Belanda adalah mata uang Eropean Union yaitu EURO (€ atau EUR)

USD 1 = sekitar EUR 0.84

EUR 1 = sekitar IDR 15800

 


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *