Search:
Search:
17 Taman Nasional Paling Terkenal di Indonesia
Posted by: Akhlaqul Karimah

Taman Nasional merupakan tempat menikmati kekayaan alam Indonesia. Di tempat ini familygoers bisa menikmati hutan, danau, gunung,  pantai  hingga menyaksikan hewan dan tanaman langka. Dari 54 taman nasional yang ada di Indonesia, ini 17 di antaranya yang paling terkenal.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon (sumber foto : @wow_java / Instagram)

Taman Nasional Ujung Kulon termasuk salah satu taman nasional tertua di Indonesia dan menjadi bagian dari situs warisan dunia oleh UNESCO.  Tempat ini terkenal sebagai rumah bagi Badak Jawa atau dikenal juga dengan badak bercula satu yang terancam punah. Didalamnya termasuk berbagai destinasi wisata alam dengan pantai-pantai berpasir putih yang cantik seperti Pulau Peucang, Pulau Handeleum, Pulau Panaitan, hingga tempat bagi aneka hewan yang bebas berkeliaran di Padang Cidaon, Padang Cigenter, Gunung Honje, dan Semenanjung Ujung Kulon.

Harga : Rp7.500-15.000 (tergantung masing-masing spot wisata)

2. Taman Nasional Cibodas/Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (sumber foto : @mich.okt / Instagram)

Tempatnya berada di tiga wilayah,  yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Selain  untuk trekking ke puncak gunung Gede dan Gunung Pangrango, tempat ini juga memiliki  taman yang luas dengan aneka jenis pohon besar dan tanaman. Tak jauh dari tempat ini ada juga air terjun atau yang biasa dikenal dengan curug. Familygoers bisa leluasa bermain di bawah udara sejuk pegunungan. Terdapat juga bumi perkemahan.

Harga : Tiket masuk Rp8.000,00

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran (sumber foto : @bhismagst / Instagram)

Taman Nasional Baluran dikenal juga sebagai ‘Little Africa’nya Indonesia. Di dalamnya terdapat  aneka flora dan fauna langka di atas lahan seluas 25.000 hektar yang menjadikan taman ini sebagai sabana terluas di pulau Jawa. Di area kawasan lindung, kidgoers bisa belajar mengenal beragam spesies hewan dan tumbuhan yang semuanya hidup bebas di habitat aslinya. Ada monyet-monyet yang bergelantungan di pohon, banteng, kerbau, sekumpulan rusa yang berlarian, hingga burung merak cantik yang bulunya berwarna-warni.

Harga : Senin-Jumat Rp 15.000, Minggu dan Libur Nasional Rp 17.500

4. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo (sumber foto : @ronnyvalstad / Instagram)

Taman Nasional Komodo adalah salah satu taman nasional  yang sudah  mendunia. Selain menjadi habitat asli bagi hewan langka komodo, ada sekitar 25 spesies satwa langka  yang dilindungi seperti rusa timor, monyet ekor panjang, dan kerbau liar. Di dalamnya termasuk 3 pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan pulau-pulau kecil lain disekitarnya. Punya keindahan bawah laut kelas dunia, familygoers bisa snorkeling bersama menikmati keindahan terumbu karang dan lebih dari 1.000 spesies ikan atau sekadar bermain di pantai berpasir putih, bahkan pink.

Harga : Tiket masuk Rp5.000,00 ; tracking dan hiking Rp5.000,00 ; snorkelling Rp15.000 ; naik kapal motor Rp100.000,00

5. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo (sumber foto : @ragi;_kr / Instagram)

Di area  43.000 ha, familygoers bisa mengajak anak mengenal  lebih dekat keanekaragaman hayati dan mengeksplorasi berbagai macam ekosistem dengan lebih dari 700 jenis tumbuhan dan aneka makhluk hidup.  Ada 6 ekosistem di Alas Purwo, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, hutan dataran rendah, hutan bambu, hutan tanaman, dan savana. Obyek wisata yang ada di  Taman Nasional Alas Purwo di antaranya Pantai Cungur yang terkenal sebagai spot cantik untuk melihat aneka jenis burung yang sedang bermigrasi, Pantai Ngagelan yang menjadi tempat penetasan telur-telur penyu, Pantai Plengkung dengan ombak yang baik untuk surfing, dan Pantai Pancur yang terkenal dengan air mancur. Ada juga Sadengan yang menjadi tempat pengamatan banteng  dari menara pandang, goa, dan situs peninggalan Majapahit bernama Kawitan, yang diyakini sebagai tempat suci umat Hindu.

Harga : Tiket masuk Rp 15.000/orang

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (sumber foto : @asaumu / Instagram)

Menjadi spot favorit menikmati keindahan matahari terbit. Di sana terdapat  Gunung bromo yang menjadi daya tarik utama dengan kawah dan lautan pasirnya, Gunung Semeru yang merukapan gunung tertinggi di Jawa, Bukit Mentigen, dan Bukit Teletubbies. Ini adalah salah satu taman nasional paling terkenal yang ramai dikunjungi wisatawan.

Harga : Senin-Jumat Rp19.000,00 ; Sabtu-Minggu Rp24.000,00

7. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (sumber foto : @widhastomo / Instagram)

Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu tempat wisata kebanggaan Lampung yang sudah diakui oleh dunia dengan diperolehnya gelar ASEAN Heritage Park. Terkenal sebagai surganya hewan langka yang ada di Indonesia seperti gajah sumatra dan badak bercula, tempat ini  terkenal sebagai Pusat Pusat Latihan Gajah Lampung. Di tanah seluas 125.621,30 hektar ini  familygoers bisa memberi makan gajah,  menunggang gajah dan kereta gajah, berkemah dan menikmati alam bebas, hingga melihat pertunjukan gajah pintar yang sudah terlatih dengan baik.

Harga : Tiket masuk IDR 7.000,00

8. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken (sumber foto : @arularifin / Instagram)

Taman Nasional Bunaken banyak dijadikan destinasi wisata snorkeling atau diving favorit wisatawan. Di sini familygoers bisa melihat sekitar 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies biota laut. Didominasi area perairan, Taman Nasional Bunaken adalah salah satu tempat yang sudah terkenal sampai tingkat dunia.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00 ; sewa alat snorkeling sekitar Rp150.000,00

9. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting (sumber foto : @rudy.a.s / Instagram)

Berada di Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting adalah kawasan konservasi orang utan terbesar di dunia yang menjadi rumah bagi lebih dari 30.000 orang utan. Di sini  familygoers bisa melihat kegiatan orang utan dan hewan lain di hutan liar, naik perahu klotok atau naik sampan keliling Sungai Sekonyer.

Harga : Tiket masuk Rp20.000,00

10. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat (sumber foto : @evastanly / Instagram

Taman Nasional Bali Barat adalah area hutan dan sabana luas yang punya menjadi tempat bagi aneka jenis flora dan fauna yang dilindungi. Ini adalah satu-satunya tempat familygoers bisa melihat langsung jalak Bali dan burung endemik Bali yang sudah terancam punah.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00

11. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi (sumber foto : @kintananabali / Instagram)

Didominasi oleh wilayah perairan, Taman Nasional Wakatobi adalah tempat bagi bergabai jenis terumbu karang dan biota laut. Selain termasuk dalam Taman Nasional, Wakatobi juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, cagar biosfer dunia, dan bagian dari segitiga terumbu karang dunia. Tempat ini bayak didatangi sebagai tempat tujuan snorkeling dan diving. Areanya luas dengan pantai dan pulau-pulau karang cantik yang mengelilingi area Taman Nasional Wakatabi sepanjang 600 km.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00

12. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (sumber foto : @gunarto_song / Instagram)

Taman Nasional ini menjadi habitat dari mamalia langka khas Indonesia seperti gajah Sumatra, badak Sumatra, dan harimau Sumatra. Ada juga flora khas Indonesia yang turut dilestaikan seperti bunga bangkai. Selain menikmati kawasan hutan,  familygoers juga bisa menemukan air terjun dan Danau Menjukut yang banyak dijadikan tempat wisata. Bunga Bangkai Jakung. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ditetapkan sebagai World Heritage Cluster Mountainous Area oleh UNESCO bersama dengan Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Harga : Gratis

13. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz (sumber foto : @wahyuwening / Instagram)

Taman Nasional terbesar yang ada di Asia Tenggara Dan situs warisan dunia UNESCO.  Di sini  familygoers bisa menikmati keanekaragaman satwa langka dan menyaksikan keunikan salah satu gletser yang hanya ada di tiga wilayah tropis di dunia. Ada juga air terjun tiga tingkat dan Danau Habema atau dikenal juga dengan danau di atas awan karena berada di atas ketinggian 3.225 mdpl.

Harga : Gratis

14. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih (sumber foto : @siti.nurbayabakar / Instagram)

Taman nasional perairan laut paling luas yang ada di Indonesia. Kaya akan keanekaragaman hayati, Taman Nasional Teluk Cendrawasih punya 500 spesies karang, 950 jenis ikan, dan habitat dari ikan hiu paus yang langka. Karena keindahan bawah lautnya, tempat ini menjadi wisata favorit bagi wisatawan di Papua selain Raja Ampat.

Harga : Tiket masuk Rp20.000,00

15. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (sumber foto : @dianteddy / Instagram)

Taman nasional penting yang ada di Indonesia yang menjadi bagian juga dari situs warisan dunia UNESCO, cagar biosfer dunia, dan Asean Heritage Parks. Di dalamnya terdiri dari hutan, pantai, dan pegunungan tinggi yang punya kekayaan flora dan fauna langka yang dilindungi seperti orang utan Sumatra, rajah  Sumatra, badak Sumatra, harimau Sumatra, bunga Raflesia atjehensis, dan Raflesia lanwangensis.

Harga : Tiket masuk Rp25.000,00

16. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa (sumber foto : @rofiun / Instagram)

Taman Nasional Karimunjawa punya keindahan alam yang menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata populer. Di sini terdapat hutan hujan tropis, hutan persisir, hutan bakau, padang lamun, padang rumput, dan kekayaan alam bawah laut. Adanya terumbu karang cantik menjadikan tempat ini sebagai spot menarik untuk snorkeling dan diving. Ada juga penakaran hiu yang membolehkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dan berenang bersama anak-anak hiu.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00

17. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri (sumber foto : @titi_prasasti / Instgaram)

Berada di  lahan seluas lebih dari 50.000 hektare,  Taman Nasional Meru Betiri, di Jember, Jawa Timur,  menyimpan  pesona yang menakjubkan. Familygoers bisa menyaksikan  469 jenis flora dengan banyak tumbuhan langka seperti Rafflesia Zollingeriana dan aneka jenis tanaman obat. Hutan ini juga dihuni hewan liar  seperti banteng, kucing hutan, merak, rusa, monyet ekor panjang, penyu, macan tutul, dan  hewan lainnya dapat ditemukan dengan mudah.

Areanya  dibagi menjadi beberapa bagian,  yaitu hutan hujan, hutan rawa, mangrove, kebun karet, tebing-tebing curam, dan pantai. Pantai Sukamade, Pantai Rajegwesi, Sumbersari, dan Teluk Hijau adalah beberapa tempat wisata yang banyak dikenal orang. Cocok untuk familygoers yang suka petualangan!

Harga : Senin-Jumat Rp 5.000m,00 ; Sabtu-Minggu Rp 7.500,00

Related Links


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Akhlaqul Karimah



Search:
Search:

17 Taman Nasional Paling Terkenal di Indonesia
Posted by: Akhlaqul Karimah

Taman Nasional merupakan tempat menikmati kekayaan alam Indonesia. Di tempat ini familygoers bisa menikmati hutan, danau, gunung,  pantai  hingga menyaksikan hewan dan tanaman langka. Dari 54 taman nasional yang ada di Indonesia, ini 17 di antaranya yang paling terkenal.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon (sumber foto : @wow_java / Instagram)

Taman Nasional Ujung Kulon termasuk salah satu taman nasional tertua di Indonesia dan menjadi bagian dari situs warisan dunia oleh UNESCO.  Tempat ini terkenal sebagai rumah bagi Badak Jawa atau dikenal juga dengan badak bercula satu yang terancam punah. Didalamnya termasuk berbagai destinasi wisata alam dengan pantai-pantai berpasir putih yang cantik seperti Pulau Peucang, Pulau Handeleum, Pulau Panaitan, hingga tempat bagi aneka hewan yang bebas berkeliaran di Padang Cidaon, Padang Cigenter, Gunung Honje, dan Semenanjung Ujung Kulon.

Harga : Rp7.500-15.000 (tergantung masing-masing spot wisata)

2. Taman Nasional Cibodas/Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (sumber foto : @mich.okt / Instagram)

Tempatnya berada di tiga wilayah,  yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi. Selain  untuk trekking ke puncak gunung Gede dan Gunung Pangrango, tempat ini juga memiliki  taman yang luas dengan aneka jenis pohon besar dan tanaman. Tak jauh dari tempat ini ada juga air terjun atau yang biasa dikenal dengan curug. Familygoers bisa leluasa bermain di bawah udara sejuk pegunungan. Terdapat juga bumi perkemahan.

Harga : Tiket masuk Rp8.000,00

3. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran (sumber foto : @bhismagst / Instagram)

Taman Nasional Baluran dikenal juga sebagai ‘Little Africa’nya Indonesia. Di dalamnya terdapat  aneka flora dan fauna langka di atas lahan seluas 25.000 hektar yang menjadikan taman ini sebagai sabana terluas di pulau Jawa. Di area kawasan lindung, kidgoers bisa belajar mengenal beragam spesies hewan dan tumbuhan yang semuanya hidup bebas di habitat aslinya. Ada monyet-monyet yang bergelantungan di pohon, banteng, kerbau, sekumpulan rusa yang berlarian, hingga burung merak cantik yang bulunya berwarna-warni.

Harga : Senin-Jumat Rp 15.000, Minggu dan Libur Nasional Rp 17.500

4. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo (sumber foto : @ronnyvalstad / Instagram)

Taman Nasional Komodo adalah salah satu taman nasional  yang sudah  mendunia. Selain menjadi habitat asli bagi hewan langka komodo, ada sekitar 25 spesies satwa langka  yang dilindungi seperti rusa timor, monyet ekor panjang, dan kerbau liar. Di dalamnya termasuk 3 pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, dan pulau-pulau kecil lain disekitarnya. Punya keindahan bawah laut kelas dunia, familygoers bisa snorkeling bersama menikmati keindahan terumbu karang dan lebih dari 1.000 spesies ikan atau sekadar bermain di pantai berpasir putih, bahkan pink.

Harga : Tiket masuk Rp5.000,00 ; tracking dan hiking Rp5.000,00 ; snorkelling Rp15.000 ; naik kapal motor Rp100.000,00

5. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo (sumber foto : @ragi;_kr / Instagram)

Di area  43.000 ha, familygoers bisa mengajak anak mengenal  lebih dekat keanekaragaman hayati dan mengeksplorasi berbagai macam ekosistem dengan lebih dari 700 jenis tumbuhan dan aneka makhluk hidup.  Ada 6 ekosistem di Alas Purwo, yaitu hutan pantai, hutan mangrove, hutan dataran rendah, hutan bambu, hutan tanaman, dan savana. Obyek wisata yang ada di  Taman Nasional Alas Purwo di antaranya Pantai Cungur yang terkenal sebagai spot cantik untuk melihat aneka jenis burung yang sedang bermigrasi, Pantai Ngagelan yang menjadi tempat penetasan telur-telur penyu, Pantai Plengkung dengan ombak yang baik untuk surfing, dan Pantai Pancur yang terkenal dengan air mancur. Ada juga Sadengan yang menjadi tempat pengamatan banteng  dari menara pandang, goa, dan situs peninggalan Majapahit bernama Kawitan, yang diyakini sebagai tempat suci umat Hindu.

Harga : Tiket masuk Rp 15.000/orang

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (sumber foto : @asaumu / Instagram)

Menjadi spot favorit menikmati keindahan matahari terbit. Di sana terdapat  Gunung bromo yang menjadi daya tarik utama dengan kawah dan lautan pasirnya, Gunung Semeru yang merukapan gunung tertinggi di Jawa, Bukit Mentigen, dan Bukit Teletubbies. Ini adalah salah satu taman nasional paling terkenal yang ramai dikunjungi wisatawan.

Harga : Senin-Jumat Rp19.000,00 ; Sabtu-Minggu Rp24.000,00

7. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (sumber foto : @widhastomo / Instagram)

Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu tempat wisata kebanggaan Lampung yang sudah diakui oleh dunia dengan diperolehnya gelar ASEAN Heritage Park. Terkenal sebagai surganya hewan langka yang ada di Indonesia seperti gajah sumatra dan badak bercula, tempat ini  terkenal sebagai Pusat Pusat Latihan Gajah Lampung. Di tanah seluas 125.621,30 hektar ini  familygoers bisa memberi makan gajah,  menunggang gajah dan kereta gajah, berkemah dan menikmati alam bebas, hingga melihat pertunjukan gajah pintar yang sudah terlatih dengan baik.

Harga : Tiket masuk IDR 7.000,00

8. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken (sumber foto : @arularifin / Instagram)

Taman Nasional Bunaken banyak dijadikan destinasi wisata snorkeling atau diving favorit wisatawan. Di sini familygoers bisa melihat sekitar 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies biota laut. Didominasi area perairan, Taman Nasional Bunaken adalah salah satu tempat yang sudah terkenal sampai tingkat dunia.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00 ; sewa alat snorkeling sekitar Rp150.000,00

9. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting (sumber foto : @rudy.a.s / Instagram)

Berada di Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting adalah kawasan konservasi orang utan terbesar di dunia yang menjadi rumah bagi lebih dari 30.000 orang utan. Di sini  familygoers bisa melihat kegiatan orang utan dan hewan lain di hutan liar, naik perahu klotok atau naik sampan keliling Sungai Sekonyer.

Harga : Tiket masuk Rp20.000,00

10. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat (sumber foto : @evastanly / Instagram

Taman Nasional Bali Barat adalah area hutan dan sabana luas yang punya menjadi tempat bagi aneka jenis flora dan fauna yang dilindungi. Ini adalah satu-satunya tempat familygoers bisa melihat langsung jalak Bali dan burung endemik Bali yang sudah terancam punah.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00

11. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi (sumber foto : @kintananabali / Instagram)

Didominasi oleh wilayah perairan, Taman Nasional Wakatobi adalah tempat bagi bergabai jenis terumbu karang dan biota laut. Selain termasuk dalam Taman Nasional, Wakatobi juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, cagar biosfer dunia, dan bagian dari segitiga terumbu karang dunia. Tempat ini bayak didatangi sebagai tempat tujuan snorkeling dan diving. Areanya luas dengan pantai dan pulau-pulau karang cantik yang mengelilingi area Taman Nasional Wakatabi sepanjang 600 km.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00

12. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (sumber foto : @gunarto_song / Instagram)

Taman Nasional ini menjadi habitat dari mamalia langka khas Indonesia seperti gajah Sumatra, badak Sumatra, dan harimau Sumatra. Ada juga flora khas Indonesia yang turut dilestaikan seperti bunga bangkai. Selain menikmati kawasan hutan,  familygoers juga bisa menemukan air terjun dan Danau Menjukut yang banyak dijadikan tempat wisata. Bunga Bangkai Jakung. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ditetapkan sebagai World Heritage Cluster Mountainous Area oleh UNESCO bersama dengan Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Harga : Gratis

13. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz (sumber foto : @wahyuwening / Instagram)

Taman Nasional terbesar yang ada di Asia Tenggara Dan situs warisan dunia UNESCO.  Di sini  familygoers bisa menikmati keanekaragaman satwa langka dan menyaksikan keunikan salah satu gletser yang hanya ada di tiga wilayah tropis di dunia. Ada juga air terjun tiga tingkat dan Danau Habema atau dikenal juga dengan danau di atas awan karena berada di atas ketinggian 3.225 mdpl.

Harga : Gratis

14. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih (sumber foto : @siti.nurbayabakar / Instagram)

Taman nasional perairan laut paling luas yang ada di Indonesia. Kaya akan keanekaragaman hayati, Taman Nasional Teluk Cendrawasih punya 500 spesies karang, 950 jenis ikan, dan habitat dari ikan hiu paus yang langka. Karena keindahan bawah lautnya, tempat ini menjadi wisata favorit bagi wisatawan di Papua selain Raja Ampat.

Harga : Tiket masuk Rp20.000,00

15. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (sumber foto : @dianteddy / Instagram)

Taman nasional penting yang ada di Indonesia yang menjadi bagian juga dari situs warisan dunia UNESCO, cagar biosfer dunia, dan Asean Heritage Parks. Di dalamnya terdiri dari hutan, pantai, dan pegunungan tinggi yang punya kekayaan flora dan fauna langka yang dilindungi seperti orang utan Sumatra, rajah  Sumatra, badak Sumatra, harimau Sumatra, bunga Raflesia atjehensis, dan Raflesia lanwangensis.

Harga : Tiket masuk Rp25.000,00

16. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa (sumber foto : @rofiun / Instagram)

Taman Nasional Karimunjawa punya keindahan alam yang menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata populer. Di sini terdapat hutan hujan tropis, hutan persisir, hutan bakau, padang lamun, padang rumput, dan kekayaan alam bawah laut. Adanya terumbu karang cantik menjadikan tempat ini sebagai spot menarik untuk snorkeling dan diving. Ada juga penakaran hiu yang membolehkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dan berenang bersama anak-anak hiu.

Harga : Tiket masuk Rp10.000,00

17. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri (sumber foto : @titi_prasasti / Instgaram)

Berada di  lahan seluas lebih dari 50.000 hektare,  Taman Nasional Meru Betiri, di Jember, Jawa Timur,  menyimpan  pesona yang menakjubkan. Familygoers bisa menyaksikan  469 jenis flora dengan banyak tumbuhan langka seperti Rafflesia Zollingeriana dan aneka jenis tanaman obat. Hutan ini juga dihuni hewan liar  seperti banteng, kucing hutan, merak, rusa, monyet ekor panjang, penyu, macan tutul, dan  hewan lainnya dapat ditemukan dengan mudah.

Areanya  dibagi menjadi beberapa bagian,  yaitu hutan hujan, hutan rawa, mangrove, kebun karet, tebing-tebing curam, dan pantai. Pantai Sukamade, Pantai Rajegwesi, Sumbersari, dan Teluk Hijau adalah beberapa tempat wisata yang banyak dikenal orang. Cocok untuk familygoers yang suka petualangan!

Harga : Senin-Jumat Rp 5.000m,00 ; Sabtu-Minggu Rp 7.500,00

Related Links


Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Akhlaqul Karimah