Search:
Search:
14 masjid unik di Indonesia, dari mirip Taj Mahal hingga masjid warna-warni
Posted by: Akhlaqul Karimah

Empat belas  masjid  ini memiliki bangunan unik yang nyaman untuk beribadah dan indah dipandang mata. Jadi, mampirlah saat traveling ke kota-kota ini.

  • Masjid Raya An-Nur

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya An-Nur (sumber foto : @rahman_masykur / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya An-Nur (sumber foto : @bintangprayoga_ / Instagram)

Taj Mahal versi Indonesia ada di Pekan Baru, Riau. Bangunan megah dengan halaman luas dan kolam di depannya, persis seperti yang ada di India, ini menggabungkan campuran arsitektur India, Turki, Arab, dan Melayu.

Lokasi : Jl. Hang Tuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28156

  • Masjid Kapal Semarang

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kapal Semarang (sumber foto : @alvin.effendy / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kapal Semarang (sumber foto : @yocadanica / Instagram)

Dikenal dengan sebutan masjid kapal Bahtera Nabi Nuh, masjid yang punya nama asli Masjid Safinatun Najah ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Semarang sejak tahun tahun 2015. Masjid Safinatun Najah terkenal karena bentuknya yang unik. Sekeliling bangunan masjid memiliki kolam air yang membuat bangunan berbentuk kapal seolah mengambang diatas air. Rumah ibadah ini terdiri dari 4 lantai, lantai 1 seringkali dijadikan sebagai ruang pertemuan, lantai 2 dan 3 untuk tempat ibadah, dan lantai 4 dijadikan sebagai area wisata untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

Lokasi : Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50214

  • Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Jawa Tengah (sumber foto : @__uqii / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Jawa Tengah (sumber foto : @regitaprm / Instagram)

Berdiri di atas tanah seluas 10 hektar, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu bangunan megah yang menjadi ikon wisata religi di Semarang. Area masjid dapat menampung sekitar 6.000 orang dan tambahan 10.000 orang jika ditambah dengan bagian serambi masjid. Serambi masjid memiliki 6 payung raksasa berdiameter 14 meter dan tinggi 20 meter yang dapat membuka dan menutup secara otomatis, mirip seperti yang ada di Masjid Nabawi. Bangunan masjid memiliki 4 menara setinggi 62 meter dan 1 menara terpisah setinggi 99 meter yang termasuk salah satu menara tertinggi di Semarang. Dijadikan objek wisata religi, masjid ini punya fasilitas seperti penginapan, museum, kafe muslim, hingga menara teropong yang dapat dimanfaatkan untuk melihat pemandangan kota.

Lokasi : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166

  • Masjid Tiban

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Tiban (sumber foto : @ibeth_ibath / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Tiban (sumber foto : @ibeth_ibath / Instagram)

Masjid dengan arsitektur unik yang dikenal juga dengan sebutan Masjid Ajaib atau Masjid Jin karena cerita yang beredar di masyarakat bahwa bangunan masjid dibangun dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Masjid Tiban dirancang langsung oleh KH Achmad Bahru Mafdloludin dengan mengandalkan mata batin dan shalat Istikharah tanpa ilmu arsitektur dan menggabungkan gaya Arab, China, India, dan Modern. Ini adalah area pondok pesantren dengan bangunan masjid setinggi 10 lantai.

Selain tempat ibadah, masjid ini juga sekaligus tempat wisata. Di lantai 9 dan 10 familygoers bisa menemukan toko oleh-oleh, pakaian, dan aneka pernak pernik.

Lokasi : Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur 65175

  • Masjid An-Nurumi

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid An-Nurumi (sumber foto : @hungerlusttravel / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid An-Nurumi (sumber foto : @idawayansuarjaya / Instagram)

Masjid ini terkenal karena memiliki kubah yang menyerupai ikon Kota Moscow. Kubah berwarna-warni dengan arsitektur bergaya Rusia ini terdapat di Yogyakarta. Meskipun area masjid tidak terlalu besar, Masjid An-Nurumi ramai dikunjungi sebagai tempat peristirahatan atau persinggahan wisatawan yang melakukan perjalanan dari atau menuju Kota Solo dan Yogyakarta.

Lokasi : JL. Raya Yogya – Solo‎, Bendan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

  • Masjid Al Irsyad

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Al Irsyad (sumber foto : @iwank_macromax / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Al Irsyad (sumber foto : @fotograferkere_ / Instagram)

Masjid Al-Irsyad masuk dalam bangunan paling indah di dunia dalam kategori religious architecture dan terpilih sebagai 5 besar Building of The Year 2010 oleh National Frame Building Association. Bertempat di Bandung dan diresmikan tahun 2010, masjid ini memiliki bangunan berbentuk kubus yang unik hasil karya Ridwan Kamil sebagai arsitek dalam pembangunan. Bentuknya menyerupai Ka’bah dengan warna dasar abu-abu dan kaligrafi 3 dimensi bertuliskan 2 kalimat syahadat pada dinding bagian luar masjid. Masjid ini juga mempunyai nilai filosofis tinggi yang digambarkan dari bentuk garis-garis melingkar yang mengelilingi masjid dengan interpretasi kegiatan tawaf mengelilingi Ka’bah.

Lokasi : Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553

  • Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho (sumber foto : @hobi_foto_foto / Instagram)

Masjid Cheng Ho (sumber foto : @yuyungabdi / Instagram)

Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho atau biasa disebut Sam Poo Kong asal China yang beragama muslim dan ikut menjadi tokoh penyebar Islam di Indonesia. Masjid Cheng Ho memiliki gaya dan bentuk bangunan yang menyerupai klenteng lengkap dengan pintu masuk mirip pagoda berhias ukiran naga dan dominasi warna merah di seluruh area bangunan. Perpaduan arsitektur dari kebudayaan Arab dan Tiongkok menjadi daya tarik unik untuk wisatawan.

Lokasi : Jl. Gading No.2, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272

  • Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya Sumatera Barat (sumber foto : @harisharzpro / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya Sumatera Barat (sumber foto : @allamaherz / Instagram)

Berlokasi di pusat kota Padang yang menjadi jantung ibu kota, ini adalah masjid terbesar di Sumatra Barat yang dapat menampung hingga 20.000 jamah. Selain bangunannya yang luas, masjid ini memiliki keunikan tahan gempa hingga 10 SR dan menyediakan shelter untuk evakuasi jika terjadi bencana tsunami. Berbeda dari masjid lain, kubah Masjid Raya Sumatera Barat berbentuk bentangan kain yang menyerupai rumah adat Minangkabau.

Lokasi : Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25173

  • Masjid Terapung Makassar

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Terapung Makassar (sumber foto : @purwedi.kurniawan / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Terapung Makassar (sumber foto : @taufiqrahman92 / Instagram)

Masjid Terapung Makassar menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di kawasan wisata Pantai Losari. Masjid ini bernama asli Masjid Amirul Mukminin dan tercatat sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Area masjid terdiri dari bangunan 3 lantai di mana area teras yang berada di bawah kubah banyak dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi seperti melihat sunset dengan pemandangan Pantai Losari.

Lokasi : Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112

  • Masjid Kubah Emas

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kubah Emas (sumber foto : @ivansheva_ / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kubah Emas (sumber foto : @indrasutantoo / Instagram)

Dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas, nama sesungguhnya adalah Masjid Dian Al-Mahri. Bukan hanya kubah dengan warna emas, di masjid ini familygoers bisa melihat langsung 5 kubah masjid yang terbuat dari emas asli. Tiang masjid dan beberapa hiasan realif dan ornamen hiasan masjid juga terbuat dari emas. Bangunan megah yang luas ini menjadi salah satu ikon wisata di Depok.

Lokasi : Jl. Masjid Kubah Emas, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16515

  • Masjid Agung Sumenep

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Sumenep (sumber foto : @ublik.id / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Sumenep (sumber foto : @yusufrizalh / Instagram)

Masjid ini berlokasi di depan alun-alun Sumenep, Madura, dengan bangunan yang didominasi warna putih dan kuning. Dibangun pada tahun 1779-1787, Masjid Agung Sumenep saat ini menjadi salah satu ikon wisata Madura karena keunikan arsitekturnya gabungan gaya Persia, Arab, Cina, India, Jawa dan Madura. Gerbang pintu masuk bernuansa Tiongkok dan menyimpan banyak filosofi dan cerita sejarah.

Lokasi : Utara masjid agung, Dalem Anyar, Bangselok, Kotasumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416
  • Masjid Menara Kudus

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Menara Kudus (sumber foto : @risky_ardiyant / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Menara Kudus (sumber foto : @enengggggg / Instagram)

Dengan keunikan bentuk menara yang menyerupai candi, Masjid Menara Kudus mencampurkan budaya hindu dan budha yang dapat dilihat dari bentuk bangunan masjid. Bangunan masjid terdiri dari sebuah menara setinggi 18 meter, sepasangan gapura di area serambi masjid, dan kolam di dalam masjid yang dijadikan tempat berwudhu. Ini adalah masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus sejak tahun 1549 Masehi dan menjadi salah satu bangunan bersejarah di Kudus.

Lokasi : Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315
  • Masjid Perut Bumi

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Perut Bumi (sumber foto : @delonixvanesta / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Perut Bumi (sumber foto : @bendottetepsemangat / Instagram)

Seperti namanya, masjid dengan nama lengkap Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi punya lokasi yang unik yaitu bertempat di bawah tanah atau di dalam perut bumi. Sebelum dijadikan bangunan masjid yang cantik seperti saat ini, dulunya tempat ini adalah kawasan tempat pembuangan sampah. Hiasan ornamen arab yang bercampur dengan aksara jawa kuno dapat ditemukan di atap bebatuan dan dinding masjid yang masih alami.

Lokasi : Wire, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381

  • Masjid Perahu

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Perahu (sumber foto : @hapizreza / Instagram)

Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Perahu ini dapat familygoers temukan di daerah Casablanca, Jakarta Selatan. Disebut Masjid Perahu karena bangunan tempat wudhu dan toilet yang dibuat menyerupai bentuk perahu. Bangunan perahu tersebut punya 10 keran air untuk berwudhu dan 6 toilet. Ketika familygoers memasuki area masjid, ada banyak benda-benda unik yang bisa ditemukan, di antaranya al-Quran kuno berukuran besar dengan cover kayu jati, koleksi batu giok dan batu alam yang dipajang di dalam lemari kaca.

Lokasi : Jl. Casablanca, RT.3/RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870



Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Akhlaqul Karimah



Search:
Search:

14 masjid unik di Indonesia, dari mirip Taj Mahal hingga masjid warna-warni
Posted by: Akhlaqul Karimah

Empat belas  masjid  ini memiliki bangunan unik yang nyaman untuk beribadah dan indah dipandang mata. Jadi, mampirlah saat traveling ke kota-kota ini.

  • Masjid Raya An-Nur

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya An-Nur (sumber foto : @rahman_masykur / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya An-Nur (sumber foto : @bintangprayoga_ / Instagram)

Taj Mahal versi Indonesia ada di Pekan Baru, Riau. Bangunan megah dengan halaman luas dan kolam di depannya, persis seperti yang ada di India, ini menggabungkan campuran arsitektur India, Turki, Arab, dan Melayu.

Lokasi : Jl. Hang Tuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau 28156

  • Masjid Kapal Semarang

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kapal Semarang (sumber foto : @alvin.effendy / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kapal Semarang (sumber foto : @yocadanica / Instagram)

Dikenal dengan sebutan masjid kapal Bahtera Nabi Nuh, masjid yang punya nama asli Masjid Safinatun Najah ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Semarang sejak tahun tahun 2015. Masjid Safinatun Najah terkenal karena bentuknya yang unik. Sekeliling bangunan masjid memiliki kolam air yang membuat bangunan berbentuk kapal seolah mengambang diatas air. Rumah ibadah ini terdiri dari 4 lantai, lantai 1 seringkali dijadikan sebagai ruang pertemuan, lantai 2 dan 3 untuk tempat ibadah, dan lantai 4 dijadikan sebagai area wisata untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

Lokasi : Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50214

  • Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Jawa Tengah (sumber foto : @__uqii / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Jawa Tengah (sumber foto : @regitaprm / Instagram)

Berdiri di atas tanah seluas 10 hektar, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu bangunan megah yang menjadi ikon wisata religi di Semarang. Area masjid dapat menampung sekitar 6.000 orang dan tambahan 10.000 orang jika ditambah dengan bagian serambi masjid. Serambi masjid memiliki 6 payung raksasa berdiameter 14 meter dan tinggi 20 meter yang dapat membuka dan menutup secara otomatis, mirip seperti yang ada di Masjid Nabawi. Bangunan masjid memiliki 4 menara setinggi 62 meter dan 1 menara terpisah setinggi 99 meter yang termasuk salah satu menara tertinggi di Semarang. Dijadikan objek wisata religi, masjid ini punya fasilitas seperti penginapan, museum, kafe muslim, hingga menara teropong yang dapat dimanfaatkan untuk melihat pemandangan kota.

Lokasi : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166

  • Masjid Tiban

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Tiban (sumber foto : @ibeth_ibath / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Tiban (sumber foto : @ibeth_ibath / Instagram)

Masjid dengan arsitektur unik yang dikenal juga dengan sebutan Masjid Ajaib atau Masjid Jin karena cerita yang beredar di masyarakat bahwa bangunan masjid dibangun dengan sendirinya tanpa bantuan manusia. Masjid Tiban dirancang langsung oleh KH Achmad Bahru Mafdloludin dengan mengandalkan mata batin dan shalat Istikharah tanpa ilmu arsitektur dan menggabungkan gaya Arab, China, India, dan Modern. Ini adalah area pondok pesantren dengan bangunan masjid setinggi 10 lantai.

Selain tempat ibadah, masjid ini juga sekaligus tempat wisata. Di lantai 9 dan 10 familygoers bisa menemukan toko oleh-oleh, pakaian, dan aneka pernak pernik.

Lokasi : Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur 65175

  • Masjid An-Nurumi

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid An-Nurumi (sumber foto : @hungerlusttravel / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid An-Nurumi (sumber foto : @idawayansuarjaya / Instagram)

Masjid ini terkenal karena memiliki kubah yang menyerupai ikon Kota Moscow. Kubah berwarna-warni dengan arsitektur bergaya Rusia ini terdapat di Yogyakarta. Meskipun area masjid tidak terlalu besar, Masjid An-Nurumi ramai dikunjungi sebagai tempat peristirahatan atau persinggahan wisatawan yang melakukan perjalanan dari atau menuju Kota Solo dan Yogyakarta.

Lokasi : JL. Raya Yogya – Solo‎, Bendan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

  • Masjid Al Irsyad

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Al Irsyad (sumber foto : @iwank_macromax / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Al Irsyad (sumber foto : @fotograferkere_ / Instagram)

Masjid Al-Irsyad masuk dalam bangunan paling indah di dunia dalam kategori religious architecture dan terpilih sebagai 5 besar Building of The Year 2010 oleh National Frame Building Association. Bertempat di Bandung dan diresmikan tahun 2010, masjid ini memiliki bangunan berbentuk kubus yang unik hasil karya Ridwan Kamil sebagai arsitek dalam pembangunan. Bentuknya menyerupai Ka’bah dengan warna dasar abu-abu dan kaligrafi 3 dimensi bertuliskan 2 kalimat syahadat pada dinding bagian luar masjid. Masjid ini juga mempunyai nilai filosofis tinggi yang digambarkan dari bentuk garis-garis melingkar yang mengelilingi masjid dengan interpretasi kegiatan tawaf mengelilingi Ka’bah.

Lokasi : Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553

  • Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho (sumber foto : @hobi_foto_foto / Instagram)

Masjid Cheng Ho (sumber foto : @yuyungabdi / Instagram)

Masjid ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho atau biasa disebut Sam Poo Kong asal China yang beragama muslim dan ikut menjadi tokoh penyebar Islam di Indonesia. Masjid Cheng Ho memiliki gaya dan bentuk bangunan yang menyerupai klenteng lengkap dengan pintu masuk mirip pagoda berhias ukiran naga dan dominasi warna merah di seluruh area bangunan. Perpaduan arsitektur dari kebudayaan Arab dan Tiongkok menjadi daya tarik unik untuk wisatawan.

Lokasi : Jl. Gading No.2, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272

  • Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya Sumatera Barat (sumber foto : @harisharzpro / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Raya Sumatera Barat (sumber foto : @allamaherz / Instagram)

Berlokasi di pusat kota Padang yang menjadi jantung ibu kota, ini adalah masjid terbesar di Sumatra Barat yang dapat menampung hingga 20.000 jamah. Selain bangunannya yang luas, masjid ini memiliki keunikan tahan gempa hingga 10 SR dan menyediakan shelter untuk evakuasi jika terjadi bencana tsunami. Berbeda dari masjid lain, kubah Masjid Raya Sumatera Barat berbentuk bentangan kain yang menyerupai rumah adat Minangkabau.

Lokasi : Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25173

  • Masjid Terapung Makassar

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Terapung Makassar (sumber foto : @purwedi.kurniawan / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Terapung Makassar (sumber foto : @taufiqrahman92 / Instagram)

Masjid Terapung Makassar menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di kawasan wisata Pantai Losari. Masjid ini bernama asli Masjid Amirul Mukminin dan tercatat sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Area masjid terdiri dari bangunan 3 lantai di mana area teras yang berada di bawah kubah banyak dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi seperti melihat sunset dengan pemandangan Pantai Losari.

Lokasi : Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112

  • Masjid Kubah Emas

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kubah Emas (sumber foto : @ivansheva_ / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Kubah Emas (sumber foto : @indrasutantoo / Instagram)

Dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas, nama sesungguhnya adalah Masjid Dian Al-Mahri. Bukan hanya kubah dengan warna emas, di masjid ini familygoers bisa melihat langsung 5 kubah masjid yang terbuat dari emas asli. Tiang masjid dan beberapa hiasan realif dan ornamen hiasan masjid juga terbuat dari emas. Bangunan megah yang luas ini menjadi salah satu ikon wisata di Depok.

Lokasi : Jl. Masjid Kubah Emas, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16515

  • Masjid Agung Sumenep

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Sumenep (sumber foto : @ublik.id / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Agung Sumenep (sumber foto : @yusufrizalh / Instagram)

Masjid ini berlokasi di depan alun-alun Sumenep, Madura, dengan bangunan yang didominasi warna putih dan kuning. Dibangun pada tahun 1779-1787, Masjid Agung Sumenep saat ini menjadi salah satu ikon wisata Madura karena keunikan arsitekturnya gabungan gaya Persia, Arab, Cina, India, Jawa dan Madura. Gerbang pintu masuk bernuansa Tiongkok dan menyimpan banyak filosofi dan cerita sejarah.

Lokasi : Utara masjid agung, Dalem Anyar, Bangselok, Kotasumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416
  • Masjid Menara Kudus

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Menara Kudus (sumber foto : @risky_ardiyant / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Menara Kudus (sumber foto : @enengggggg / Instagram)

Dengan keunikan bentuk menara yang menyerupai candi, Masjid Menara Kudus mencampurkan budaya hindu dan budha yang dapat dilihat dari bentuk bangunan masjid. Bangunan masjid terdiri dari sebuah menara setinggi 18 meter, sepasangan gapura di area serambi masjid, dan kolam di dalam masjid yang dijadikan tempat berwudhu. Ini adalah masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus sejak tahun 1549 Masehi dan menjadi salah satu bangunan bersejarah di Kudus.

Lokasi : Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315
  • Masjid Perut Bumi

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Perut Bumi (sumber foto : @delonixvanesta / Instagram)

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Perut Bumi (sumber foto : @bendottetepsemangat / Instagram)

Seperti namanya, masjid dengan nama lengkap Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi punya lokasi yang unik yaitu bertempat di bawah tanah atau di dalam perut bumi. Sebelum dijadikan bangunan masjid yang cantik seperti saat ini, dulunya tempat ini adalah kawasan tempat pembuangan sampah. Hiasan ornamen arab yang bercampur dengan aksara jawa kuno dapat ditemukan di atap bebatuan dan dinding masjid yang masih alami.

Lokasi : Wire, Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62381

  • Masjid Perahu

Masjid Paling Unik di Indonesia

Masjid Perahu (sumber foto : @hapizreza / Instagram)

Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Perahu ini dapat familygoers temukan di daerah Casablanca, Jakarta Selatan. Disebut Masjid Perahu karena bangunan tempat wudhu dan toilet yang dibuat menyerupai bentuk perahu. Bangunan perahu tersebut punya 10 keran air untuk berwudhu dan 6 toilet. Ketika familygoers memasuki area masjid, ada banyak benda-benda unik yang bisa ditemukan, di antaranya al-Quran kuno berukuran besar dengan cover kayu jati, koleksi batu giok dan batu alam yang dipajang di dalam lemari kaca.

Lokasi : Jl. Casablanca, RT.3/RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870



Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Akhlaqul Karimah