Search:
Search:
13 Tempat Wisata Bayi dan Balita di Yogyakarta
Posted by: Akhlaqul Karimah

Traveling bersama anak usia bayi dan balita sebenarnya cukup mudah karena mereka bisa diajak ke mana saja. Semua tempat adalah dunia baru untuk mereka. Bayi dan balita asyik saja ikut ke mana pun orangtua nya pergi. Mereka belum memiliki kesukaan terdapat sebuah tempat.

Meskipun begitu, sebaiknya tempat-tempat yang dipilih adalah tempat yang ramah anak dan edukatif untuk memberikan rangsangan pada otak dan syarafnya yang sedang berkembang. Redaksi familygoers.com memilihkan 13 tempat wisata bayi dan balita di Yogyakarta. Selain anak bisa bermain, mereka juga bisa melatih gerak motorik dan melihat lebih banyak.

  • Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka (sumber foto : @exsan85_zazg / Instagram)

Setiap anak pasti suka diajak ke kebun binatang Gembira Loka. Dengan membayar tiket masuk Rp 30.000 untuk weekdays dan Rp 35.000 untuk weekend, familygoers sudah bisa melihat lebih dari 100 spesies satwa di Kebun Binatang Gembira Loka. Di sini anak dapat belajar dan memupuk rasa sayang anak terhadap hewan-hewan. Koleksinya lengkap seperti macan, buaya, aneka burung, ikan, dan lain lain. Selain melihat satwa, familygoers bisa memanfaatkan aktivitas bersama hewan di sini, seperti menunggang unta atau merasakan langsung gelinya terapi ikan di kaki. Ada juga taman-taman rindang untuk piknik.

Lokasi : Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

  • Kids Fun

Kids Fun

Kids Fun (sumber foto : @kids_fun_yogyakarta / Instagram)

Kids Fun

Kids Fun (sumber foto : @kids_fun_yogyakarta / Instagram)

Surga untuk anak-anak, Kids Fun punya wahana lengkap yang cocok untuk semua usia. Waterboom nya dapat dinikmati anak hingga dewasa. Untuk bayi dan balita, ada wahana permainan kolam mandi bola, planet car, bom bom car, wall climbing, komedi putar. dan kereta mini. Setiap hari minggu, familygoers dapat menyaksikan operet bajak laut. Selain itu, Kids Fun juga memiliki cooking class membuat pizza dan orange juice. Tiket masuk bisa dibeli di kidsfun.co.id.

Lokasi : 10, Jl. Wonosari No.KM, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

  • Taman Pintar

Taman Pintar (sumber foto : @karlinaysf / Instagram)

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar, destinasi ini memang cocok disebut sebagai taman bermain dan belajar. Pemerintah kota Yogyakarta sengaja membangun wahana ini sebagai sarana belajar sains untuk anak-anak, dari mulai pra sekolah hingga sekolah menengah. Di sini anak-anak mendapatkan pengalaman langsung tentang sains yang diajarkan di sekolah. Ini adalah tempat yang baik untuk bayi dan balita dimana mereka bisa mengasah kreativitas nya sambil bermain dan menambah pengetahun sains mereka melalui fasilitas yang disediakan.

Harga tiket bisa dilihat di tamanpintar.co.id.

Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

  • Jogja Bay Water Park

Jogja Bay Water Park (sumber foto : http://www.jogjabay.com/)

Anak-anak pasti senang diajak main air di Jogja Bay Water Park. Jogja Bay Water Park adalah wahana air terluas, tercanggih, dan terlengkap di Yogya. Mengusung tema bajak laut, ajak anak mencoba 18 wahana permainan air untuk anak segala usia. Bayi dan balita bisa menikmati kolam khusus bayi dan balita. Tempat ini bisa menjadi tempat mengenalkan anak pada dunia air yang seru.

Tiketnya bisa dibeli di jogjabay.com.

Lokasi : Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

  • Taman Pelangi

Taman Pelangi (sumber foto : Rima / Instagram)

Taman Pelangi (sumber foto : Rima / Instagram)

Taman Pelangi atau biasa disebut Taman Lampion adalah salah satu tempat wisata malam yang cocok didatangi bersama keluarga. Taman yang berada satu area dengan Monumen Jogja Kembali ini menghadirkan keindahan gemerlap lampion berwarna-warni dengan berbagai bentuk yang sangat menarik untuk dilihat. Bayi dan balita pun bisa suka melihat lampu-lampu cantik ini.

Lampu lampion ini memiliki berbagai bentuk, seperti flora dan fauna, mantan presiden Indonesia, tokoh kartun populer, serta lebih dari 20 jenis permainan seperti trampolin, bom-bom car, ATV, becak air, perahu dayung dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk Senin – Kami Rp 10.000 dan Jumat – Minggu 15.000. Jam buka mulai sore pukul 16.30 sampai pukul 22.00 WIB di hari Senin – Kamis, sementara hari Jumat – Minggu buka pukul 17.00 – 23.00 WIB. Tiket bisa dibeli langsung di tempat.

Lokasi : Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

  • Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (sumber foto : @maulana_is_mail / Instagram)

Sindu Kusuma Edupark (sumber foto : @ulfahyuni25 / Instagram)

Sindu Kusuma Edupark merupakan wahana wisata keluarga di atas lahan seluas 7 hektar. Area area bermain ini dapat dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada lebih dari belasan wahana seperti cakra manggilingan atau bianglala, montor tumbur atau bumper car, sepeda terbang, komidi putar hingga railway tour yang dapat mengantarkan familygoers berkeliling Sindu Kusuma Edupark. Dino park dan cinema 8D juga tak kalah menariknya untuk dicoba.

Harga tiket dan jam buka bisa dilihat di kusuma-edupark.com.

Lokasi : Jl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

  • Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (sumber foto : @ratihandryani / Instagram)

Bayi dan balita pasti punya rasa penasaran dan jiwa petualang yang tinggi. Familygoers bisa mengajaknya ke Hutan Pinus Mangunan. Suasana nya sejuk dan cocok untuk bersantai. Area hijau yang luas dapat menjadi tempat menyenangkan untuk bayi yang baru belajar berjalan dan para balita untuk mengeksplorasi alam. Selain menyegarkan pikiran, mengajak anak menikmati pepohonan hijau juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan mata. Setelahnya bisa bawa bekal makanan dari rumah dan alas duduk untuk acara piknik ditemani suasana baru yang indah.

Harga tiket masuk hanya Rp 3.000 dengan jam buka dari pukul 8.30 – 17.30 WIB.

Lokasi : Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783

  • Grand Puri Water Park

Grand Puri Waterpark (sumber foto : Facebook Grand Puri Waterpark)

Jika cuaca cerah, paling enak mengajak anak main air. Grand Puri Waterpark memiliki 4 area kolam, di sini bayi dan balita bisa bermain air dengan aman di kolam khusus anak. Wahana lainnya, ada waterslide, racingslide, dan kolam arus.

Harga tiket untuk anak Rp 25.000 (Senin – Jumat) dan Rp 30.000 (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional), sementara harga tiket dewasa Rp 30.000 (Senin – Jumat) dan Rp 35.000 (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional)

Lokasi : Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Sewon, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186

  • Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga (sumber foto : @cathelyaputri / Instagram)

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga (sumber foto : @nias_u / Instagram)

Jika familygoers kangen dengan mainan tradisional dan ingin mengenalkannya kepada anak-anak, maka Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga adalah museum mainan anak pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bisa dikunjungi. Museum ini didirikan oleh Rudi Corens, seorang seniman berkebangsaan Belgia yang sudah lama tinggal di Yogyakarta. Terdapat hampir 17.000 buah objek yang terdiri dari mainan, permainan, buku cerita lama, poster, gambar dan lain-lain dari Indonesia dan dunia. Bagus untuk mengenalkannya pada balita.

Harga tiket masuk museum anak kolong tangga sebesar Rp 4.000 dan jam buka dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Lokasi : Jl. Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

  • Kebun Buah Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (sumber foto : @sayadennykartika / Instagram)

Hutan Pinus Mangunan (sumber foto : @cenz_winda / Instagram)

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata dengan pesona alam berudara segar dan pemandangan indah yang memuaskan mata. Tempatnya 1500 meter diatas permukaan air laut, dengan udara sejuk khas dataran tinggi dan area pegunungan hijau yang luas dimana anak dapat bermain sepuasnya. Di sini dilengkapi dengan area playground dengan kandang rusa, area outbound lengkap dengan flying fox, kolam renang anak, hingga kesempatan belajar tentang pembibitan tanaman dan pupuk yang dapat diikuti oleh balita. Familygoers pun bisa mengajak bayi ke atas sini. Namun tetap berhati-hati dan jangan melepaskan bayi dan balita berjalan tanpa dipegangi karena lokasi nya yang cukup tinggi dan terdiri dari tangga-tangga.

Harga tiket Rp 5.000 / orang dengan jam buka dari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Lokasi : Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

  • Pantai Kuwaru Yogyakarta

Pantai Kuwaru Yogyakarta (sumber foto : @hennyhidayati / Instagram)

Pantai Kuwaru Yogyakarta memiliki banyak fasilitas dan wahana bermain anak yang menyenangkan. Bukan pohon kelapa yang ada di pantai ini, melainkan pohon cemara yang tersebar di pinggir pantai. Tidak hanya bisa bermain-main dengan pasir pantai di pinggir pantai, di sini bayi dan balita bisa bermain air di kolam renang khusus anak, mandi bola, berkeliling naik kereta mini, main bianglala atau komidi putar. Bayi dan balita pasti betah di sini.

Lokasi : Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762

  • Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis (sumber foto : @sudadisastrowieredjo / Instagram)

Pilihan antai ramah anak lain yang bisa dikunjungi di Yogya adalah pantai parangtritis. Selain bisa melatih gerak motoriknya dan berkenalan dengan tekstur pasir  dengan bermain di pinggir pantai, familygoers juga bisa mengajak naik delman menyusuri pantai. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah saat sunset. Jika membawa anak yang lebih besar, mereka bisa bermain ATV.

Lokasi : Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188

  • Kampung Dolanan Pandes

Kampung Dolanan Pandes (sumber foto : http://kampoengdolanan.com/)

Permainan tradisional kini sudah semakin ditinggalkan dan dilupakan. Namun Kampung Dolanan Pandes berusaha untuk tetap menghidupkannya dengan mengemasnya menjadi kegiatan wisata. Tempat ini dulunya merupakan daerah yang dikenal sebagai penghasil mainan anak-anak yang dibuat dari bahan bambu dan kertas secara turun menurun. Para lansia di kampung inilah yang memproduksi mainan tradisional yang kebanyakan dari bambu ini.

Jika familygoers masuk kawasan kampung dolanan pandes ini, familygoers bisa mengajak anak menyaksikan pembuatan mainan anak bahkan ikut terlibat membuatnya. Mainan-mainan yang dibuat di Kampung Dolanan Pandes ini melibatkan kecerdasan majemuk atau multiple intelligence yang terdiri dari kecerdasan irama, kinestetis dan rasa. Tidak hanya mainan yang ada di sini, melainkan wayang kertas, kitiran, manukan dan permainan tradisional seperti geprekan, gamelan, juga tari-tarian.

Lokasi : Pandes, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188



Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Akhlaqul Karimah



Search:
Search:

13 Tempat Wisata Bayi dan Balita di Yogyakarta
Posted by: Akhlaqul Karimah

Traveling bersama anak usia bayi dan balita sebenarnya cukup mudah karena mereka bisa diajak ke mana saja. Semua tempat adalah dunia baru untuk mereka. Bayi dan balita asyik saja ikut ke mana pun orangtua nya pergi. Mereka belum memiliki kesukaan terdapat sebuah tempat.

Meskipun begitu, sebaiknya tempat-tempat yang dipilih adalah tempat yang ramah anak dan edukatif untuk memberikan rangsangan pada otak dan syarafnya yang sedang berkembang. Redaksi familygoers.com memilihkan 13 tempat wisata bayi dan balita di Yogyakarta. Selain anak bisa bermain, mereka juga bisa melatih gerak motorik dan melihat lebih banyak.

  • Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka (sumber foto : @exsan85_zazg / Instagram)

Setiap anak pasti suka diajak ke kebun binatang Gembira Loka. Dengan membayar tiket masuk Rp 30.000 untuk weekdays dan Rp 35.000 untuk weekend, familygoers sudah bisa melihat lebih dari 100 spesies satwa di Kebun Binatang Gembira Loka. Di sini anak dapat belajar dan memupuk rasa sayang anak terhadap hewan-hewan. Koleksinya lengkap seperti macan, buaya, aneka burung, ikan, dan lain lain. Selain melihat satwa, familygoers bisa memanfaatkan aktivitas bersama hewan di sini, seperti menunggang unta atau merasakan langsung gelinya terapi ikan di kaki. Ada juga taman-taman rindang untuk piknik.

Lokasi : Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

  • Kids Fun

Kids Fun

Kids Fun (sumber foto : @kids_fun_yogyakarta / Instagram)

Kids Fun

Kids Fun (sumber foto : @kids_fun_yogyakarta / Instagram)

Surga untuk anak-anak, Kids Fun punya wahana lengkap yang cocok untuk semua usia. Waterboom nya dapat dinikmati anak hingga dewasa. Untuk bayi dan balita, ada wahana permainan kolam mandi bola, planet car, bom bom car, wall climbing, komedi putar. dan kereta mini. Setiap hari minggu, familygoers dapat menyaksikan operet bajak laut. Selain itu, Kids Fun juga memiliki cooking class membuat pizza dan orange juice. Tiket masuk bisa dibeli di kidsfun.co.id.

Lokasi : 10, Jl. Wonosari No.KM, Asem Ngecis, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

  • Taman Pintar

Taman Pintar (sumber foto : @karlinaysf / Instagram)

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar, destinasi ini memang cocok disebut sebagai taman bermain dan belajar. Pemerintah kota Yogyakarta sengaja membangun wahana ini sebagai sarana belajar sains untuk anak-anak, dari mulai pra sekolah hingga sekolah menengah. Di sini anak-anak mendapatkan pengalaman langsung tentang sains yang diajarkan di sekolah. Ini adalah tempat yang baik untuk bayi dan balita dimana mereka bisa mengasah kreativitas nya sambil bermain dan menambah pengetahun sains mereka melalui fasilitas yang disediakan.

Harga tiket bisa dilihat di tamanpintar.co.id.

Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

  • Jogja Bay Water Park

Jogja Bay Water Park (sumber foto : http://www.jogjabay.com/)

Anak-anak pasti senang diajak main air di Jogja Bay Water Park. Jogja Bay Water Park adalah wahana air terluas, tercanggih, dan terlengkap di Yogya. Mengusung tema bajak laut, ajak anak mencoba 18 wahana permainan air untuk anak segala usia. Bayi dan balita bisa menikmati kolam khusus bayi dan balita. Tempat ini bisa menjadi tempat mengenalkan anak pada dunia air yang seru.

Tiketnya bisa dibeli di jogjabay.com.

Lokasi : Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

  • Taman Pelangi

Taman Pelangi (sumber foto : Rima / Instagram)

Taman Pelangi (sumber foto : Rima / Instagram)

Taman Pelangi atau biasa disebut Taman Lampion adalah salah satu tempat wisata malam yang cocok didatangi bersama keluarga. Taman yang berada satu area dengan Monumen Jogja Kembali ini menghadirkan keindahan gemerlap lampion berwarna-warni dengan berbagai bentuk yang sangat menarik untuk dilihat. Bayi dan balita pun bisa suka melihat lampu-lampu cantik ini.

Lampu lampion ini memiliki berbagai bentuk, seperti flora dan fauna, mantan presiden Indonesia, tokoh kartun populer, serta lebih dari 20 jenis permainan seperti trampolin, bom-bom car, ATV, becak air, perahu dayung dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk Senin – Kami Rp 10.000 dan Jumat – Minggu 15.000. Jam buka mulai sore pukul 16.30 sampai pukul 22.00 WIB di hari Senin – Kamis, sementara hari Jumat – Minggu buka pukul 17.00 – 23.00 WIB. Tiket bisa dibeli langsung di tempat.

Lokasi : Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

  • Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (sumber foto : @maulana_is_mail / Instagram)

Sindu Kusuma Edupark (sumber foto : @ulfahyuni25 / Instagram)

Sindu Kusuma Edupark merupakan wahana wisata keluarga di atas lahan seluas 7 hektar. Area area bermain ini dapat dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada lebih dari belasan wahana seperti cakra manggilingan atau bianglala, montor tumbur atau bumper car, sepeda terbang, komidi putar hingga railway tour yang dapat mengantarkan familygoers berkeliling Sindu Kusuma Edupark. Dino park dan cinema 8D juga tak kalah menariknya untuk dicoba.

Harga tiket dan jam buka bisa dilihat di kusuma-edupark.com.

Lokasi : Jl. Jambon Jl. Kragilan, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284

  • Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (sumber foto : @ratihandryani / Instagram)

Bayi dan balita pasti punya rasa penasaran dan jiwa petualang yang tinggi. Familygoers bisa mengajaknya ke Hutan Pinus Mangunan. Suasana nya sejuk dan cocok untuk bersantai. Area hijau yang luas dapat menjadi tempat menyenangkan untuk bayi yang baru belajar berjalan dan para balita untuk mengeksplorasi alam. Selain menyegarkan pikiran, mengajak anak menikmati pepohonan hijau juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan mata. Setelahnya bisa bawa bekal makanan dari rumah dan alas duduk untuk acara piknik ditemani suasana baru yang indah.

Harga tiket masuk hanya Rp 3.000 dengan jam buka dari pukul 8.30 – 17.30 WIB.

Lokasi : Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783

  • Grand Puri Water Park

Grand Puri Waterpark (sumber foto : Facebook Grand Puri Waterpark)

Jika cuaca cerah, paling enak mengajak anak main air. Grand Puri Waterpark memiliki 4 area kolam, di sini bayi dan balita bisa bermain air dengan aman di kolam khusus anak. Wahana lainnya, ada waterslide, racingslide, dan kolam arus.

Harga tiket untuk anak Rp 25.000 (Senin – Jumat) dan Rp 30.000 (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional), sementara harga tiket dewasa Rp 30.000 (Senin – Jumat) dan Rp 35.000 (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional)

Lokasi : Jl. Parangtritis KM. 9,5, Gabusan, Sewon, Balong, Timbulharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186

  • Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga (sumber foto : @cathelyaputri / Instagram)

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga (sumber foto : @nias_u / Instagram)

Jika familygoers kangen dengan mainan tradisional dan ingin mengenalkannya kepada anak-anak, maka Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga adalah museum mainan anak pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bisa dikunjungi. Museum ini didirikan oleh Rudi Corens, seorang seniman berkebangsaan Belgia yang sudah lama tinggal di Yogyakarta. Terdapat hampir 17.000 buah objek yang terdiri dari mainan, permainan, buku cerita lama, poster, gambar dan lain-lain dari Indonesia dan dunia. Bagus untuk mengenalkannya pada balita.

Harga tiket masuk museum anak kolong tangga sebesar Rp 4.000 dan jam buka dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Lokasi : Jl. Tirtodipuran No.26, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

  • Kebun Buah Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (sumber foto : @sayadennykartika / Instagram)

Hutan Pinus Mangunan (sumber foto : @cenz_winda / Instagram)

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata dengan pesona alam berudara segar dan pemandangan indah yang memuaskan mata. Tempatnya 1500 meter diatas permukaan air laut, dengan udara sejuk khas dataran tinggi dan area pegunungan hijau yang luas dimana anak dapat bermain sepuasnya. Di sini dilengkapi dengan area playground dengan kandang rusa, area outbound lengkap dengan flying fox, kolam renang anak, hingga kesempatan belajar tentang pembibitan tanaman dan pupuk yang dapat diikuti oleh balita. Familygoers pun bisa mengajak bayi ke atas sini. Namun tetap berhati-hati dan jangan melepaskan bayi dan balita berjalan tanpa dipegangi karena lokasi nya yang cukup tinggi dan terdiri dari tangga-tangga.

Harga tiket Rp 5.000 / orang dengan jam buka dari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Lokasi : Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

  • Pantai Kuwaru Yogyakarta

Pantai Kuwaru Yogyakarta (sumber foto : @hennyhidayati / Instagram)

Pantai Kuwaru Yogyakarta memiliki banyak fasilitas dan wahana bermain anak yang menyenangkan. Bukan pohon kelapa yang ada di pantai ini, melainkan pohon cemara yang tersebar di pinggir pantai. Tidak hanya bisa bermain-main dengan pasir pantai di pinggir pantai, di sini bayi dan balita bisa bermain air di kolam renang khusus anak, mandi bola, berkeliling naik kereta mini, main bianglala atau komidi putar. Bayi dan balita pasti betah di sini.

Lokasi : Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762

  • Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis (sumber foto : @sudadisastrowieredjo / Instagram)

Pilihan antai ramah anak lain yang bisa dikunjungi di Yogya adalah pantai parangtritis. Selain bisa melatih gerak motoriknya dan berkenalan dengan tekstur pasir  dengan bermain di pinggir pantai, familygoers juga bisa mengajak naik delman menyusuri pantai. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah saat sunset. Jika membawa anak yang lebih besar, mereka bisa bermain ATV.

Lokasi : Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188

  • Kampung Dolanan Pandes

Kampung Dolanan Pandes (sumber foto : http://kampoengdolanan.com/)

Permainan tradisional kini sudah semakin ditinggalkan dan dilupakan. Namun Kampung Dolanan Pandes berusaha untuk tetap menghidupkannya dengan mengemasnya menjadi kegiatan wisata. Tempat ini dulunya merupakan daerah yang dikenal sebagai penghasil mainan anak-anak yang dibuat dari bahan bambu dan kertas secara turun menurun. Para lansia di kampung inilah yang memproduksi mainan tradisional yang kebanyakan dari bambu ini.

Jika familygoers masuk kawasan kampung dolanan pandes ini, familygoers bisa mengajak anak menyaksikan pembuatan mainan anak bahkan ikut terlibat membuatnya. Mainan-mainan yang dibuat di Kampung Dolanan Pandes ini melibatkan kecerdasan majemuk atau multiple intelligence yang terdiri dari kecerdasan irama, kinestetis dan rasa. Tidak hanya mainan yang ada di sini, melainkan wayang kertas, kitiran, manukan dan permainan tradisional seperti geprekan, gamelan, juga tari-tarian.

Lokasi : Pandes, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188



Share This | | |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Akhlaqul Karimah